Petrus " manusia payah" di tangan Allah yang dahsyat

Syaloom all,

Tadi siang saya dengar kotbah dari pdt saya, kayaknya topik ini menarik bagi saya. 

kisah tentang Rasul Petrus .. manusia yang payah, bodoh, pembohong, penakut tapi di tangan Allah yang luar biasa Ia menjadi the mighty instrument in the hand of God..

Saya ceritakan dikit kronologisnya...

Petrus memiliki nama asli yaitu Simon... dan tentang pribadinya ia adalah orang yang memiliki seribu sifat (bhs kiasannya saja). Sifat kasar dan perilakunya yang extrem atau pun ucapan ucapannya yang radikal akhirnya membawa kita pada satu kesimpulan... ' orang ini plin plan dan penuh kontradiksi. Jadi tiba2 bisa 'meroket tinggi' juga bisa 'terjun bebas' dalam hal kerohanian. kalau kita baca kitab injil ntar keliatan jelas siapa sih si Petrus ini... 

kalau menurut yang saya tahu.. Petrus ini adalah Paus pertama dalam sejarah Katolik Roma.. cuman bedanya Petrus menikah dengan istrinya Konkordia..dan ia memiliki kasih karunia yang luar biasa karena bisa'hidup' serumah dengan mertuanya hehehe

masalah Paus menikah atau tdk itu urusan aturan gereja.. saya cuman mau bahas tentang kemanusiaan dari si Rasul Petrus satu ini.

 

Petrus dipanggil oleh Tuhan pada saat mereka bersama Yohanes Pembaptis guru mereka 

Joh 1:40  Salah seorang dari keduanya yang mendengar perkataan Yohanes lalu mengikut Yesus adalah Andreas, saudara Simon Petrus.
Joh 1:41  Andreas mula-mula bertemu dengan Simon, saudaranya, dan ia berkata kepadanya: "Kami telah menemukan Mesias (artinya: Kristus)."
Joh 1:42  Ia membawanya kepada Yesus. Yesus memandang dia dan berkata: "Engkau Simon, anak Yohanes, engkau akan dinamakan Kefas (artinya: Petrus)." 

Nama Simon diubah Tuhan menjadi Kefas yang diterjemahkan artinya sebagai Petrus (bhs Yunani Petra.. artinya batu karang).

kali kedua Yesus sendirilah yang memanggilnya untuk menjadi muridNya.Luk 5:1-11

1 Pada suatu kali Yesus berdiri di pantai danau Genesaret, sedang orang banyak mengerumuni Dia hendak mendengarkan firman Allah. 2  Ia melihat dua perahu di tepi pantai. Nelayan-nelayannya telah turun dan sedang membasuh jalanya. 3  Ia naik ke dalam salah satu perahu itu, yaitu perahu Simon, dan menyuruh dia supaya menolakkan perahunya sedikit jauh dari pantai. Lalu Ia duduk dan mengajar orang banyak dari atas perahu.
4  Setelah selesai berbicara, Ia berkata kepada Simon: "Bertolaklah ke tempat yang dalam dan tebarkanlah jalamu untuk menangkap ikan." 5  Simon menjawab: "Guru, telah sepanjang malam kami bekerja keras dan kami tidak menangkap apa-apa, tetapi karena Engkau menyuruhnya, aku akan menebarkan jala juga." 6  Dan setelah mereka melakukannya, mereka menangkap sejumlah besar ikan, sehingga jala mereka mulai koyak. 7  Lalu mereka memberi isyarat kepada teman-temannya di perahu yang lain supaya mereka datang membantunya. Dan mereka itu datang, lalu mereka bersama-sama mengisi kedua perahu itu dengan ikan hingga hampir tenggelam. 8  Ketika Simon Petrus melihat hal itu iapun tersungkur di depan Yesus dan berkata: "Tuhan, pergilah dari padaku, karena aku ini seorang berdosa." 9  Sebab ia dan semua orang yang bersama-sama dengan dia takjub oleh karena banyaknya ikan yang mereka tangkap; 10  demikian juga Yakobus dan Yohanes, anak-anak Zebedeus, yang menjadi teman Simon. Kata Yesus kepada Simon: "Jangan takut, mulai dari sekarang engkau akan menjala manusia."  11  Dan sesudah mereka menghela perahu-perahunya ke darat, merekapun meninggalkan segala sesuatu, lalu mengikut Yesus.

ini menurut analisa saya :

1. Ia kan nelayan masakan nangkap ikan saja tidak becus.. sampe nda dapat semalaman... Smile, terus datang Tuhan Yesus anaknya tukang kayu suruh tebarkan jala.. (bayangkan tukang nangkap ikan diajari sama tukang kayu) ini si Petrus masih 'payah' juga... karena itu akibatnya jalanya mulai koyak... waktu jala mulai koyak itu akibat ulah si Petrus gara gara nda nurut  total sama Tuhan Yesus bukan karena ulah Tuhan Yesus...m menurut saya lho..hehe

kalau para netters baca di alkitab Indonesia, nda ketahuan maaf 'bloonnnya' si Petrus tapi kalau baca di King James Version itu keliatan sekali yang salah Petrus..

Yesus suruh tebarkan jala jalamu tapi yang dilakukan oleh Petrus ia tebarkan cuma 1 jala saja...

Luk 5:4  Now when he had left speaking, he said unto Simon, Launch out into the deep, and let down your nets for a draught. (5)  And Simon answering said unto him, Master, we have toiled all the night, and have taken nothing: nevertheless at thy word I will let down the net. (6)  And when they had this done, they inclosed a great multitude of fishes: and their net brake. 

perhatikan kata nets (jala jala :jamak) dan net (jala:tunggal)

terus pernah tahu kenapa Yesus bertanya sama Petrus Hi Simon anak Yohanes, apakah engkau mengasihi Aku.. kenapa Yesus nanya sampai 3 (tiga) kali...

karena lain yang ditanya lain yang dijawab... alkitab Indonesia tidak menjelaskannya dengan baik tapi kalau kita baca alkitab versi bhs aslinya jelas sekali...

Yoh 21:15  Sesudah sarapan Yesus berkata kepada Simon Petrus: "Simon, anak Yohanes, apakah engkau mengasihi (kasih Agape/agapao) Aku lebih dari pada mereka (mereka di sini adalah ikan2 bukan murid2) ini?" Jawab Petrus kepada-Nya: "Benar Tuhan, Engkau tahu, bahwa aku mengasihi (kasih phileō) Engkau." Kata Yesus kepadanya: "Gembalakanlah domba-domba-Ku." (16)  Kata Yesus pula kepadanya untuk kedua kalinya: "Simon, anak Yohanes, apakah engkau mengasihi (kasih Agape/agapao) Aku?" Jawab Petrus kepada-Nya: "Benar Tuhan, Engkau tahu, bahwa aku mengasihi (kasih phileō)Engkau." Kata Yesus kepadanya: "Gembalakanlah domba-domba-Ku."
(17)  Kata Yesus kepadanya untuk ketiga kalinya: "Simon, anak Yohanes, apakah engkau mengasihi ( (kasih phileō) Aku?" Maka sedih hati Petrus karena Yesus berkata untuk ketiga kalinya: "Apakah engkau mengasihi Aku?" Dan ia berkata kepada-Nya: "Tuhan, Engkau tahu segala sesuatu, Engkau tahu, bahwa aku mengasihi  (kasih phileō) Engkau." Kata Yesus kepadanya: "Gembalakanlah domba-domba-Ku. 

ketiga kali baru Petrus bisa menjawab dengan tepat..

jadi Petrus itu penuh kelemahan sama seperti kita kita juga sih... kayaknya lebih mirip ke saya soalnya sama sanguinnya .

Petrus ini sering plin plan... 

ntar 'hebat' eh ntar jadi 'lontong' .. waktu itu kan Tuhan tanya.. menurut kata orang   siapakah Aku ini.. nah jawaban mereka kan variatif banget.. ada  yang bilang nabi lah.., John the Baptist.. trus waktu Tuhan tanya mereka, si Petrus yang langsung spontan...

Mat 16:15  Lalu Yesus bertanya kepada mereka: "Tetapi apa katamu, siapakah Aku ini?" 16  Maka jawab Simon Petrus: "Engkau adalah Mesias, Anak Allah yang hidup!" 17  Kata Yesus kepadanya: "Berbahagialah engkau Simon bin Yunus sebab bukan manusia yang menyatakan itu kepadamu, melainkan Bapa-Ku yang di sorga. 18  Dan Akupun berkata kepadamu: Engkau adalah Petrus dan di atas batu karang ini Aku akan mendirikan jemaat-Ku dan alam maut tidak akan menguasainya. 19  Kepadamu akan Kuberikan kunci Kerajaan Sorga. Apa yang kauikat di dunia ini akan terikat di sorga dan apa yang kaulepaskan di dunia ini akan terlepas di sorga." 

tapi kalau kita baca selanjutnya di ayat 23 gara gara nyelonong kasih komentar diamrahin sama Tuhan Yesus itu Petrus..

Mat 16:22  Tetapi Petrus menarik Yesus ke samping dan menegor Dia, katanya: "Tuhan, kiranya Allah menjauhkan hal itu! Hal itu sekali-kali takkan menimpa Engkau." Mat 16:23  Maka Yesus berpaling dan berkata kepada Petrus: "Enyahlah Iblis. Engkau suatu batu sandungan bagi-Ku, sebab engkau bukan memikirkan apa yang dipikirkan Allah, melainkan apa yang dipikirkan manusia."

Petrus itu sangat manusiawi sekali...

ia pernah ketakutan dan jalan di atas air.. murid2 lain tidak ada yang berani tapi si Petrus ini tampil duluan.. 

Mat 14:25  Kira-kira jam tiga malam datanglah Yesus kepada mereka berjalan di atas air 26  Ketika murid-murid-Nya melihat Dia berjalan di atas air, mereka terkejut dan berseru: "Itu hantu!", lalu berteriak-teriak karena takut. :27  Tetapi segera Yesus berkata kepada mereka: "Tenanglah! Aku ini, jangan takut!" 28  Lalu Petrus berseru dan menjawab Dia: "Tuhan, apabila Engkau itu, suruhlah aku datang kepada-Mu berjalan di atas air." 29  Kata Yesus: "Datanglah!" Maka Petrus turun dari perahu dan berjalan di atas air mendapatkan Yesus. 30  Tetapi ketika dirasanya tiupan angin, takutlah ia dan mulai tenggelam lalu berteriak: "Tuhan, tolonglah aku!" 31  Segera Yesus mengulurkan tangan-Nya, memegang dia dan berkata: "Hai orang yang kurang percaya, mengapa engkau bimbang?" 

kita lihat di sini...

trus lagi daftar kebodohan si Petrus...

Joh 13:5  kemudian Ia menuangkan air ke dalam sebuah basi, dan mulai membasuh kaki murid-murid-Nya lalu menyekanya dengan kain yang terikat pada pinggang-Nya itu. 6  Maka sampailah Ia kepada Simon Petrus. Kata Petrus kepada-Nya: "Tuhan, Engkau hendak membasuh kakiku?" 7  Jawab Yesus kepadanya: "Apa yang Kuperbuat, engkau tidak tahu sekarang, tetapi engkau akan mengertinya kelak." 8  Kata Petrus kepada-Nya: "Engkau tidak akan membasuh kakiku sampai selama-lamanya." Jawab Yesus: "Jikalau Aku tidak membasuh engkau, engkau tidak mendapat bagian dalam Aku." 9  Kata Simon Petrus kepada-Nya: "Tuhan, jangan hanya kakiku saja, tetapi juga tangan dan kepalaku!

bayangkan cerita ini.. air basuhan kaki jamannya Tuhan Yesus itu kotor sekali.. ingat cerita perempuan yang membasuh kaki Yesus dengan air mata dan menyeka dengan rambutnya.. jaman dulu itu jalanannya kotor sekali, sudah tidak beraspal yang lewat juga bukan cuman manusia tapi juga 'yang berkaki empat'..trus kalau mereka lagi mesti mengalami 'pelepasan' bhs Gerika kunonya "ee.." gimana.. apa mesti minggir dulu cari toilet.. ya nda kan lags pum di sana.. orang jalan kalau nda ati2 bisa keinjak.. bayangkan debu, mungkin lumpur plus kotoran..

si petrus itu masa nda mikir.. itu berapa orang sudah dibersihkan kakinya oleh Yesus pakai air yang sama.. dari air bersih jadi kotor.. terus bilang Petrus.. tangan dan kepalaku juga dong...hehehe

trus si Malkhus itu dulu pernah kehilangan daun telinga juga gara gara di tebas sama pedang oleh Petrus...ini orang berangasan , bertindak tanpa mikir dulu

Joh 18:10  Lalu Simon Petrus, yang membawa pedang, menghunus pedang itu, menetakkannya kepada hamba Imam Besar dan memutuskan telinga kanannya. Nama hamba itu Malkhus. 11  Kata Yesus kepada Petrus: "Sarungkan pedangmu itu; bukankah Aku harus minum cawan yang diberikan Bapa kepada-Ku?" 

Di antara murid murid yang ada dia yang berani berkata.. 

Mat 26:31  Maka berkatalah Yesus kepada mereka: "Malam ini kamu semua akan tergoncang imanmu karena Aku. Sebab ada tertulis: Aku akan membunuh gembala dan kawanan domba itu akan tercerai-berai. 32  Akan tetapi sesudah Aku bangkit, Aku akan mendahului kamu ke Galilea." 33  Petrus menjawab-Nya: "Biarpun mereka semua tergoncang imannya karena Engkau, aku sekali-kali tidak." 34  Yesus berkata kepadanya: "Aku berkata kepadamu, sesungguhnya malam ini, sebelum ayam berkokok, engkau telah menyangkal Aku tiga kali." 35  Kata Petrus kepada-Nya: "Sekalipun aku harus mati bersama-sama Engkau, aku takkan menyangkal Engkau." Semua murid yang lainpun berkata demikian juga. 

kita tahu endingnya tiba tiba Petrus jadi pengecut dan pembohong di hadapan

Mat 26:69  Sementara itu Petrus duduk di luar di halaman. Maka datanglah seorang hamba perempuan kepadanya, katanya: "Engkau juga selalu bersama-sama dengan Yesus, orang Galilea itu." 70  Tetapi ia menyangkalnya di depan semua orang, katanya: "Aku tidak tahu, apa yang engkau maksud." 71  Ketika ia pergi ke pintu gerbang, seorang hamba lain melihat dia dan berkata kepada orang-orang yang ada di situ: "Orang ini bersama-sama dengan Yesus, orang Nazaret itu." 72  Dan ia menyangkalnya pula dengan bersumpah: "Aku tidak kenal orang itu."
Mat 26:73  Tidak lama kemudian orang-orang yang ada di situ datang kepada Petrus dan berkata: "Pasti engkau juga salah seorang dari mereka, itu nyata dari bahasamu." 74  Maka mulailah Petrus mengutuk dan bersumpah: "Aku tidak kenal orang itu." Dan pada saat itu berkokoklah ayam. 75  Maka teringatlah Petrus akan apa yang dikatakan Yesus kepadanya: "Sebelum ayam berkokok, engkau telah menyangkal Aku tiga kali." Lalu ia pergi ke luar dan menangis dengan sedihnya

kira kira kita bisa dapatkan gambaran si Petrus ini penuh dengan kelemahan.. tapi kita lihat kasih Yesus kepada petrus begitu kuat sekali..

Mar 16:7  Tetapi sekarang pergilah, katakanlah kepada murid-murid-Nya dan kepada Petrus: Ia mendahului kamu ke Galilea; di sana kamu akan melihat Dia, seperti yang sudah dikatakan-Nya kepada kamu."

lihat kasih Tuhan kepada Petrus....

di sini kita pelajari

Tuhan tidak pernah menghitung berapa banyak kita jatuh.. tapi Ia selalu menghitung berapa banyak kita bangkit kembali

tapi setelah Yesus terangkat dan mereka mengalami "Roh Kudus" lihatlah si Petrus.. si "manusia payah" ini..

Kis 2:1  Ketika tiba hari Pentakosta, semua orang percaya berkumpul di satu tempat. 2 Tiba-tiba turunlah dari langit suatu bunyi seperti tiupan angin keras yang memenuhi seluruh rumah, di mana mereka duduk; 3 dan tampaklah kepada mereka lidah-lidah seperti nyala api yang bertebaran dan hinggap pada mereka masing-masing. (4)  Maka penuhlah mereka dengan Roh Kudus, lalu mereka mulai berkata-kata dalam bahasa-bahasa lain, seperti yang diberikan oleh Roh itu kepada mereka untuk mengatakannya. 

trus demontrasi pertama ...Kis 2:14  Maka bangkitlah Petrus berdiri dengan kesebelas rasul itu, dan dengan suara nyaring ia berkata kepada mereka: "Hai kamu orang Yahudi dan kamu semua yang tinggal di Yerusalem, ketahuilah dan camkanlah perkataanku ini. 

akibat pertama 

Kis 2:37  Ketika mereka mendengar hal itu hati mereka sangat terharu, lalu mereka bertanya kepada Petrus dan rasul-rasul yang lain: "Apakah yang harus kami perbuat, saudara-saudara?" 38  Jawab Petrus kepada mereka: "Bertobatlah dan hendaklah kamu masing-masing memberi dirimu dibaptis dalam nama Yesus Kristus untuk pengampunan dosamu, maka kamu akan menerima karunia Roh Kudus. 39  Sebab bagi kamulah janji itu dan bagi anak-anakmu dan bagi orang yang masih jauh, yaitu sebanyak yang akan dipanggil oleh Tuhan Allah kita." 40  Dan dengan banyak perkataan lain lagi ia memberi suatu kesaksian yang sungguh-sungguh dan ia mengecam dan menasihati mereka, katanya: "Berilah dirimu diselamatkan dari angkatan yang jahat ini." 41  Orang-orang yang menerima perkataannya itu memberi diri dibaptis dan pada hari itu jumlah mereka bertambah kira-kira tiga ribu jiwa. 

lihat ketika Roh Kudus turun atas Petrus.. dampaknya...

lagi kita lihat.. 

Kis 3:1  Pada suatu hari menjelang waktu sembahyang, yaitu pukul tiga petang, naiklah Petrus dan Yohanes ke Bait Allah. 2  Di situ ada seorang laki-laki, yang lumpuh sejak lahirnya sehingga ia harus diusung. Tiap-tiap hari orang itu diletakkan dekat pintu gerbang Bait Allah, yang bernama Gerbang Indah, untuk meminta sedekah kepada orang yang masuk ke dalam Bait Allah. 3  Ketika orang itu melihat, bahwa Petrus dan Yohanes hendak masuk ke Bait Allah, ia meminta sedekah. 4  Mereka menatap dia dan Petrus berkata: "Lihatlah kepada kami." 5  Lalu orang itu menatap mereka dengan harapan akan mendapat sesuatu dari mereka. 6  Tetapi Petrus berkata: "Emas dan perak tidak ada padaku, tetapi apa yang kupunyai, kuberikan kepadamu: Demi nama Yesus Kristus, orang Nazaret itu, berjalanlah!" 7  Lalu ia memegang tangan kanan orang itu dan membantu dia berdiri. Seketika itu juga kuatlah kaki dan mata kaki orang itu. 8  Ia melonjak berdiri lalu berjalan kian ke mari dan mengikuti mereka ke dalam Bait Allah, berjalan dan melompat-lompat serta memuji Allah. 

sewaktu ia diadili di sini mulai Petrus terlihat dari seorang 'Simon" menjadi 'Petrus'

Kis  4:5  Pada keesokan harinya pemimpin-pemimpin Yahudi serta tua-tua dan ahli-ahli Taurat mengadakan sidang di Yerusalem 6  dengan Imam Besar Hanas dan Kayafas, Yohanes dan Aleksander dan semua orang lain yang termasuk keturunan Imam Besar. 7  Lalu Petrus dan Yohanes dihadapkan kepada sidang itu dan mulai diperiksa dengan pertanyaan ini: "Dengan kuasa manakah atau dalam nama siapakah kamu bertindak demikian itu?" 8  Maka jawab Petrus, penuh dengan Roh Kudus: "Hai pemimpin-pemimpin umat dan tua-tua, 9  jika kami sekarang harus diperiksa karena suatu kebajikan kepada seorang sakit dan harus menerangkan dengan kuasa manakah orang itu disembuhkan, 10  maka ketahuilah oleh kamu sekalian dan oleh seluruh umat Israel, bahwa dalam nama Yesus Kristus, orang Nazaret, yang telah kamu salibkan, tetapi yang telah dibangkitkan Allah dari antara orang mati--bahwa oleh karena Yesus itulah orang ini berdiri dengan sehat sekarang di depan kamu. 11  Yesus adalah batu yang dibuang oleh tukang-tukang bangunan--yaitu kamu sendiri--,namun ia telah menjadi batu penjuru. 12  Dan keselamatan tidak ada di dalam siapapun juga selain di dalam Dia, sebab di bawah kolong langit ini tidak ada nama lain yang diberikan kepada manusia yang olehnya kita dapat diselamatkan." 13  Ketika sidang itu melihat keberanian Petrus dan Yohanes dan mengetahui, bahwa keduanya orang biasa yang tidak terpelajar, heranlah mereka; dan mereka mengenal keduanya sebagai pengikut Yesus. 

lihat kan kalau orang dipenuhi Roh Kudus... efeknya dahsyat.. ketimbang orang yang memiliki 'pengetahuan otak' saja kaya ahli ahli 'teologila dan tololgia'hehehe apa hebatnya 'mereka' itu.. bisa nda kotbah nobatin 3000 jiwa... bisa nda buat yang dahsyat kayak Petrus dan konco koncowe...paling nda kan cuman jago kasih komentar kayak saya ini wakakakak Laughing..

maafin yahh... Smile jangan terswinggung lho...teman teman yang baik...

Kis 5:3  Tetapi Petrus berkata: "Ananias, mengapa hatimu dikuasai Iblis, sehingga engkau mendustai Roh Kudus dan menahan sebagian dari hasil penjualan tanah itu? 4  Selama tanah itu tidak dijual, bukankah itu tetap kepunyaanmu, dan setelah dijual, bukankah hasilnya itu tetap dalam kuasamu? Mengapa engkau merencanakan perbuatan itu dalam hatimu? Engkau bukan mendustai manusia, tetapi mendustai Allah." 5  Ketika mendengar perkataan itu rebahlah Ananias dan putuslah nyawanya. Maka sangatlah ketakutan semua orang yang mendengar hal itu. 

trus lagi bayangan Petrus...

Kis 5:15  bahkan mereka membawa orang-orang sakit ke luar, ke jalan raya, dan membaringkannya di atas balai-balai dan tilam, supaya, apabila Petrus lewat, setidak-tidaknya bayangannya mengenai salah seorang dari mereka. 16  Dan juga orang banyak dari kota-kota di sekitar Yerusalem datang berduyun-duyun serta membawa orang-orang yang sakit dan orang-orang yang diganggu roh jahat. Dan mereka semua disembuhkan.

berbicara tentang bayangan ' itu berbicara tentang pancaran radiasi yang keluar dari tubuh Petrus.. bhs aslinya skee'-ah' sama seperti sapu tangan Paulus.

contoh sederhana kalau saya nyemprot perfume ke badan saya , jarak beberapa meter pun orang bisa nyium aroma perfume itu, kalau saya lewat pun wanginya terasa... demikin juga radiasi roh kudus..

saya sih belum nyampe 'level' mereka tapi insyaallah bisa nyampe kalau rajin sih..hehe 

Kis  9:32  Pada waktu itu Petrus berjalan keliling, mengadakan kunjungan ke mana-mana. Dalam perjalanan itu ia singgah juga kepada orang-orang kudus yang di Lida. 33  Di situ didapatinya seorang bernama Eneas, yang telah delapan tahun terbaring di tempat tidur karena lumpuh. 34  Kata Petrus kepadanya: "Eneas, Yesus Kristus menyembuhkan engkau; bangunlah dan bereskanlah tempat tidurmu!" Seketika itu juga bangunlah orang itu. 35  Semua penduduk Lida dan Saron melihat dia, lalu mereka berbalik kepada Tuhan. 36  Di Yope ada seorang murid perempuan bernama Tabita--dalam bahasa Yunani Dorkas. Perempuan itu banyak sekali berbuat baik dan memberi sedekah. 37  Tetapi pada waktu itu ia sakit lalu meninggal. Dan setelah dimandikan, mayatnya dibaringkan di ruang atas. 38  Lida dekat dengan Yope. Ketika murid-murid mendengar, bahwa Petrus ada di Lida, mereka menyuruh dua orang kepadanya dengan permintaan: "Segeralah datang ke tempat kami." 39  Maka berkemaslah Petrus dan berangkat bersama-sama dengan mereka. Setelah sampai di sana, ia dibawa ke ruang atas dan semua janda datang berdiri dekatnya dan sambil menangis mereka menunjukkan kepadanya semua baju dan pakaian, yang dibuat Dorkas waktu ia masih hidup. 40  Tetapi Petrus menyuruh mereka semua keluar, lalu ia berlutut dan berdoa. Kemudian ia berpaling ke mayat itu dan berkata: "Tabita, bangkitlah!" Lalu Tabita membuka matanya dan ketika melihat Petrus, ia bangun lalu duduk. 41  Petrus memegang tangannya dan membantu dia berdiri. Kemudian ia memanggil orang-orang kudus beserta janda-janda, lalu menunjukkan kepada mereka, bahwa perempuan itu hidup.

dst. dst... 

dan kalau kita baca terakhir Petrus meninggalnya dahsyat sekali.. bukan karena kena encok..kanker.. serangan jantung tekanan darah tinggi , stroke... tapi Petrus meninggal disalib terbalik ketika ia sudah berusia lanjut di kota Roma..dan ia berpesan kpd istrinya yang juga mati syahid karena iman kepada Yesus, Petrus berpesan 'ingat manisku akan Yesus Tuhan kita"

inti dari kisah ini adalah.. kalau Petrus yang 'payah' saja bisa diubahkan Tuhan setelah menerima Roh Kudus, maka golongan kita yang juga sama 'payah'nya Tuhan pun juga bisa pakai dengan indah..Cool masih ada harapan teman teman..

Syalom ... Tuhan Yesus memberkati

Ang Che Chen

 

 

 

 

 

Keywords Artikel: bodoh, plin plan, ragu ragu

Comments

Badut Petrus Ala Pengkotbah

Ang Che Chen, apabila ada orang yang bertanya kepada saya, “Orang seperti apakah Petrus?” Maka saya akan suruh orang itu mencari anda. Menurut saya, sifat dan prilaku anda sama sekali dengan Petrus. Setia, jujur, cerdas, spontanitas, ceroboh, militan, emosional, penuh prasangka, blak-blakan, berkharisma namun selalu minder dan ingin menyenangkan orang. Itulah Petrus dan Itulah anda.

Ia kan nelayan masakan nangkap ikan saja tidak becus.. sampe nda dapat semalaman ...,  terus datang Tuhan Yesus anaknya tukang kayu suruh tebarkan jala.. (bayangkan tukang nangkap ikan diajari sama tukang kayu) ini si Petrus masih 'payah' juga... karena itu akibatnya jalanya mulai koyak... waktu jala mulai koyak itu akibat ulah si Petrus gara gara nda nurut  total sama Tuhan Yesus bukan karena ulah Tuhan Yesus... m menurut saya lho… he he

Ang, Petrus adalah seorang nelayan profesional, dia menggantungkan hidupnya dari menangkap ikan. Dia punya istri, mungkin pula punya anak dan hidup dengan mertuanya. Selama tiga tahun menjadi murid Yesus, dia berhenti jadi nelayan. Menurut anda, dengan apa dia menafkahi keluarganya? Kita tidak tahu, karena Alkitab tidak menceritakannya, Petrus tinggal di rumah mertuanya, atau mertuanya yang tinggal di rumahnya? Namun kita tahu, Alkitab sama sekali tidak mencatat bahwa Petrus kehilangan rasa hormat baik dari mertuanya maupun dari istrinya selama mengikut Yesus.

Petrus adalah seorang nelayan kawakan sedangkan Yesus Kristus adalah anak seorang tukang kayu, mungkin juga seorang tukang kayu. Seorang nelayan profesional mengikuti saran seorang tukang kayu untuk menebar jala setelah semalaman tidak mendapatkan ikan. Anda menyebut dia orang tidak becus? Saya menyebut dia orang yang SETIA, TAAT pada pemimpin. Silahkan baca kembali apa yang dikatakannya sebelum dia memerintahkan murid lainnya untuk kembali melaut dan menebarkan jala.

Ang Che Chen, anda pernah melaut dengan nelayan yang menangkap ikan dengan jala? Anda pernah mempelajari sejarah untuk mengetahui bagaimana para nelayan pada jaman Yesus menangkap ikan di danau Galilea? Satu perahu satu jala, itulah cara nelayan menangkap ikan dengan jala saat itu. Hanya perahu Petrus yang melaut, karena hanya Petrus yang setia dan patuh pada Yesus kristus dan ketika Petrus taat, anak buah perahunya pun TAAT.

Ang Che Chen, Jala itu koyak karena terlalu banyak ikan yang tersangkut, bukan karena Petrus tidak becus atau tidak TAAT. Anggap saja sebuah perahu Petrus punya sepupuh jala, tetap saja dia harus menebarkan jala-jalanya satu persatu.

Ang Che Chen, untuk yang ini, saya tidak akan menyalahkan anda, sebab banyak pengkotbah top di dunia pun KEBLINGER. Salah satu kelemahan orang Kristen adalah mudah percaya. Ketika mendengar kotbah, mereka jarang sekali mengujinya kembali, apalagi bila yang didengar itu nampak indah. Menurut saya tidak perlu menjadi ahli sejarah Yahudi atau ahli bahasa yunani untuk memahami apa yang SEBENARNYA terjadi. Asal kita mau membaca Alkitab dengan cara yang benar, membaca Alkitab seolah membaca Novel.

Saudara Ang, Yesus bertanya kepada Petrus, “Apakah engkau agape padaku?” Petrus menjawab, “Ya, saya philio padamu!” Yesus mengulangi pertanyaannya dan Petrus mengulangi jawabannya. Pada kali ketiga, Alkitab mencatat, “Maka sedih hati Petrus karena Yesus berkata untuk ketiga kalinya. Ang, bukankah Yesus yang seharusnya merasa sedih, karena Agapenya tidak dibalas dengan Agape? Kenapa justru Petrus yang merasa Sedih? Kenapa Petrus Sedih? KEGANJILANNYA nampak jelas sekali namun tak seorangpun PEDULI dan mempertanyakannya. Tanya, KENAPA?

Dalam bahasa Indonesia sehari-hari Eros artinya “Elu napsuin!” atau “Saya birahi, padamu!” Kalimat demikian mustahil diucapkan seorang kekasih kepada kekasihnya. Mustahil pula dia berkata, “Aku philio padamu!” Apabila demikian, dengan kalimat bagaimanakah seorang kekasih menyatakan cintanya kepada kekasihnya? Saudara Ang, anda paham sekarang kenapa Petrus merasa SEDIH ketika Yesus bertanya untuk ketiga kalinya, “Engkau Agape padaku?” Prilaku homoseksual, walaupun dikutuk Allah, namun marak sekali pada jaman Petrus.
  
Ang, anda benar-benar nekad. Apakah anda mendapat WAHYU baru sehingga tahu bahwa MEREKA dalam Yohanes 21:15 adalah IKAN-IKAN, bukan MURID-MURID? Dari mana anda mendapatkan pemahamanan demikian? Dari membaca Alkitab terjemahan bahasa Inggris, dari membaca buku, mendengar kotbah, atau anda membacanya di dalam bahasa Yunani?

Yoh 21:15  Sesudah sarapan Yesus berkata kepada Simon Petrus: "Simon, anak Yohanes, apakah engkau mengasihi (kasih Agape/agapao) Aku lebih dari pada mereka (mereka di sini adalah ikan2 bukan murid2) ini?"

So when they had dined, Jesus saith to Simon Peter, Simon, [son] of Jonas, lovest thou me more than these? He saith unto him, Yea, Lord; thou knowest that I love thee. He saith unto him, Feed my lambs. John 21:15

Siapa bilang Petrus PENGECUT? Ketika tentara datang menangkap Yesus, dia satu-satunya murid yang mempertaruhkan nyawanya untuk membela Yesus. Ketika Yesus diadili, dia menyusup hingga dapat saling menatap dengan Yesus. Apakah seorang Pengecut berprilaku demikian? Dia menyangkal ketika ditanya, apakah dia kenal Yesus. Itukah tanda-tanda kepengecutannya? Ha ha ha ha ha … Anda pikir saat itu Petrus sedang menonton sandiwara NATAL, ketika dia dituduh kenal Yesus? Dia sedang menyusup ke BENTENG musuh untuk mencari peluang menyelamatkan Yesus.

Ang Che Chen, Petrus yang ada di dalam kotbah-kotbah adalah Petrus yang telah direkayasa menjadi seorang BADUT. Untuk mengenal siapa Petrus sebenarnya, anda harus membuang semua kotbah tentang badut itu lalu membaca Alkitab dengan cara yang benar.

bahkan mereka membawa orang-orang sakit ke luar, ke jalan raya, dan membaringkannya di atas balai-balai dan tilam, supaya, apabila Petrus lewat, setidak-tidaknya bayangannya mengenai salah seorang dari mereka. Dan juga orang banyak dari kota-kota di sekitar Yerusalem datang berduyun-duyun serta membawa orang-orang yang sakit dan orang-orang yang diganggu roh jahat. Dan mereka semua disembuhkan.   Kisah Para Rasul 5:15-16

berbicara tentang bayangan ' itu berbicara tentang pancaran radiasi yang keluar dari tubuh Petrus.. bhs aslinya skee'-ah' sama seperti sapu tangan Paulus. contoh sederhana kalau saya nyemprot perfume ke badan saya, jarak beberapa meter pun orang bisa nyium aroma perfume itu, kalau saya lewat pun wanginya terasa... demikin juga radiasi roh kudus.. saya sih belum nyampe 'level' mereka tapi insyaallah bisa nyampe kalau rajin sih.. hehe

Ang Che Chen, Roh Kudus, itu Roh, tanpa WUJUD (tidak kelihatan) dan tanpa RUPA (tidak berbentuk). Parfum memiliki wujud dan bentuk. Wangi tanpa wujud namun memiliki bentuk, itu sebabnya bisa di deteksi hidung dan alat deteksi. Apa bila Roh Kudus memiliki pancaran radiasi, maka itu berarti apa yang diajarkan oleh para penangkap hantu itu benar, hantu ada pancaran radiasinya. Cerita tentang bayangan Petrus menyembuhkan orang sakit adalah isapan jempol para pengkotbah alam roh.
 

Aku berdosa, namun tidak berani berbuat jahat, mustahil menentang kehendakNya!
Kebaikan dirimu, tak berani kusembunyikan, kejahatan diriku, tak berani kuampuni!

re: Si 'badut" Petrus yg gagah perkasa

Syalom All dan juga sesepuh Iah Iah

First of all I would like to say thank you for accepting my invitation
for "ber pibu ria' in my blog by posting comment.. buat Iah Iah dan
Barudak, kam sia and xie xie very much yah

OK. Ulasan mengenai Petrus si 'payah' yg dahsyat di tgnTuhan itu bukan
kotbah murni pdt saya. dia cuman nyetusin ide dlm kotbahnya kemudian
saya pikir ini topik menarik, saya menganalisa sesuai apa yg saya
tangkap dan memberi 'window dressing' pada artikel ini.

pdt pdt digereja saya bahkan gembala saya yg master theologi pun
menurut saya sering salah nafsirin alkitab, saya juga bisa salah kok. 
dlm ksasus ini saja dia mengajar ..mengapa Yesus tanya Petrus tiga
kali... hening sejenak kmd ia berkata.. karena Petrus nyangkal Yesus
juga tiga kali.. jadi biar impas...hehehe, jemaat sih senang saja..
tapi saya tahu.. kayaknya tdk demikian..

to the point buat Iah Iah.Petrus adalah salah satu dari my hero..
saya senang sekali dgn tokoh ini krn karakternya mirip saya.. sanguin..
sering ngomong dulu baru mikir..  hehehe kalau iah iah kayaknya
melankolik and kolerik nya lebih nonjol..ini perkiraan saya..dan apa yg
saya kupas ini adalah sisi dari kemanusiaan Petrus yang 'lemah' ...

Pertanyaan iah Iah yg pertama.. Petrus 

 

Petrus adalah seorang nelayan kawakan sedangkan Yesus Kristus adalah
anak seorang tukang kayu, mungkin juga seorang tukang kayu. Seorang
nelayan profesional mengikuti saran seorang tukang kayu untuk menebar
jala setelah semalaman tidak mendapatkan ikan. Anda menyebut dia orang
tidak becus? Saya menyebut dia orang yang SETIA, TAAT pada pemimpin.
Silahkan baca kembali apa yang dikatakannya sebelum dia memerintahkan
murid lainnya untuk kembali melaut dan menebarkan jala.

Ang Che Chen, anda pernah melaut dengan nelayan yang menangkap ikan
dengan jala? Anda pernah mempelajari sejarah untuk mengetahui bagaimana
para nelayan pada jaman Yesus menangkap ikan di danau Galilea? Satu
perahu satu jala, itulah cara nelayan menangkap ikan dengan jala saat
itu. Hanya perahu Petrus yang melaut, karena hanya Petrus yang setia
dan patuh pada Yesus kristus dan ketika Petrus taat, anak buah
perahunya pun TAAT.

Menurut saya Petrus taat setengah hati karena ia ragu dan mungkin
juga supaya Yesus tdk tersinggung.. kalau dia percaya total.. maka
Petrus akan berkata 'beres boss' and And Simon answering said unto him,

Master, we have toiled all the
night, and have taken nothing: nevertheless at thy word I will let down
the nets,

tapi yang dilakukan Petrus..nevertheless at thy word I will let down the net.

What would happen if Simon let down the nets... his net would not be broken.

misalkan kapasitas karung 25 kg, dijejelin brg 25 kg, apa nda jebol..
yah jebol.. kenapa karena tidak sesuai dgn kapasitasnya.. sya suruh
anak kecil bench press 100 kg, pada hal berat badannya cuman 25 kg, apa
nda 'amsiong' itu anak..

waktu Yesus berkata 'let down your nets.. apa Yesus lagi bercanda
nih.. kan Yesus maha Tahu.. Ia kan tahu jalanya si Petrus cuman 1
saja.. only net.. 

... 

OK yang kedua... P

Siapa bilang Petrus PENGECUT? Ketika tentara datang menangkap Yesus,
dia satu-satunya murid yang mempertaruhkan nyawanya untuk membela
Yesus. Ketika Yesus diadili, dia menyusup hingga dapat saling menatap
dengan Yesus. Apakah seorang Pengecut berprilaku demikian? Dia
menyangkal ketika ditanya, apakah dia kenal Yesus. Itukah tanda-tanda
kepengecutannya? Ha ha ha ha ha … Anda pikir saat itu Petrus sedang
menonton sandiwara NATAL, ketika dia dituduh kenal Yesus? Dia sedang
menyusup ke BENTENG musuh untuk mencari peluang menyelamatkan Yesus.

Ang Che Chen, Petrus yang ada di dalam kotbah-kotbah adalah Petrus
yang telah direkayasa menjadi seorang BADUT. Untuk mengenal siapa
Petrus sebenarnya, anda harus membuang semua kotbah tentang badut itu
lalu membaca Alkitab dengan cara yang benar.

tanggapan saya..

Jadi tiba2 bisa 'meroket tinggi' juga bisa 'terjun bebas' dalam hal
kerohanian. kalau kita baca kitab injil ntar keliatan jelas siapa sih
si Petrus ini...  

Petrus itu bisa berani atau tidak , yang saya tahu di kitab Yohanes dia
tebas telingnya si Malkhus .. dan dia tebasnya waktu rame rame..hehehe
ini analisa say loh..

untuk menguji keberaniaan seseorang apakah dia memamng benar benar berani atau 'berani' itu ketika ia seorang diri.. ketika ia menjadi minoritas di tengah mayoritas... bukan kalau rame rame...

.waktu ia tebas telinganya si Malkhus.Petrus lagi 'alone' atau ada
teman2nya yang lain... kan ada yesus juga...  ada Yohanes yakobus dan
murid murid yang lain.. mdh2an say tdk
salah ngutip. mana merekapara prajurit habis rebah setelah yesus
berkata ini Aku...

tapi waktu teman temannya pada 'buyaran' apa ia masih berani.... coba lihat baik baik dan baca di alkitab...

terus lihat di kitab Galatia waktu Petrus ditegur sama si Paulus
gara2 'munafik' sehingga si Barnabas juga turut terseret dalam
'kemunafikan '  lihat.. waktu ia menjadi minoritas, ia withdrew
himself....itu tentang makan sehidangan dgn gol sunat  dan tdk sunat..
kalau Petrus berani ia kan tdk perlu ngundurin/menarik diri..

seseorang itu benar benar berani kalau ia pas lagi sendiri..ketika ia
bisa menj\unjukkan keberanian dan integritasnya ditengah mayoritas saat
ia sendiri menjadi minoritas.. begitu kira kira menurut saya

agak panjang. waktu kecil saya tinggal di kampung 'preman'... banyak
anak2 pribumi sebaya saya mengejek dan menantang saya berantem  .. eh
cina sini kamu.. tapi,mereka menantangnya pas lagi rame..rame.. tapi
kalau sendiri, berdua atau bertiga.. 'chickennya' mereka keliatan
sekali.. 

sering kalau 'lawan' saya lagi sendirian.. berdua atau bertiga..saya
hampirin mereka.. mau lanjut yang kemarin..? ?  mereka diam.. kalau
jantan jangan'keroyokan' satu lawan satu.. pilih tempat.. dan tdk ada
yg berani respon.. kalau mereka berani respon mereka bisa pulang ke
rumah tanpa "dikenalin" lagi oleh orang tua mereka..dan besok saya juga
pergi ke sekolah tanpa bisa 'dikenalin' sama teman2 saya karena digebuk
habis sama bapa ibu saya..

.....

demikian juga integritas kita diuji saat kita sendiri... bukan lagi rame rame...

mengapa Daud jatuh dalam dosa perzinahan... ?? karena ia naik ke atas
sotoh istananya sendirian... coba kalau ia naik rame rame dgn panglima
dan anak2 buah yang lain...

ini kira kira menurut saya

Daud kan nda sengaja ngeliat si Batsyeba lagi mandi... si Batsyeba nda sadar karena ia pikir semua pria lagi asyik perang..

coba pas si Daud lagi asyik 'mengintip ria' panglimanya dan anak
buah yag\ng lain pelan2 mengendap .. terus nyanyi ouw 2 kamu ketahuan
lagi ngitip si Batseba sambil nyanyi 2 ,
si Daud malu nda.. pasti daud malu dan tersipu sipu.. trus dia bilang..
maklum namanya juga cowok...hehehe. trus anak buahnya bilang boss ne
delo wong ayu mandi ojo dewean, kita kita diajak juga dong.. gimana sih
boss...bagi bagi dong pemandangannya.. kalau skenario ini jadi Daud tdk
jatuh dalam dosa.. 

Integritas kita diuji saat sendirian, bdk dgn Yusuf... Daniel
Sadrakh Mesakh Abednego... however si Daud orang yng berkenana di hati
Tuhan lho..

 

OK mengenai Yesus bertanya sampe 3 kali.. menurut saya karena
jawaban Petrus tidak pas... ou of order.. melenceng.. lain yg ditanya
lain yg dijawab.. tdk nyampe sasaran utamanya.

mengenai jenis jenis kasih dapat di klik di kasih
, itu sebabnya mengapa dijawab sampe tiga kali.. oh ya gimanaj\kalau
menurut iah iah my  'ta suheng'?? kok Yesus nanya sampe tiga kali...??

...

terus pertanyaan berikut

Ang, anda benar-benar nekad. Apakah anda mendapat WAHYU baru sehingga
tahu bahwa MEREKA dalam Yohanes 21:15 adalah IKAN-IKAN, bukan
MURID-MURID? Dari mana anda mendapatkan pemahamanan demikian? Dari
membaca Alkitab terjemahan bahasa Inggris, dari membaca buku, mendengar
kotbah, atau anda membacanya di dalam bahasa Yunani?

nah Iah Iah tanya tahu dari mana..

analisa saya.. Petrus dipangil Yesus untuk ikut Dia saat ia jadi
nelayan... begitu ia melihat bahwa Yesus sudah disalib.. 'kalah' dan
mati, harapanbnya hilang.. dan ia kembali mudik lagi dong ngerjain
pekerjaan yg lama.. kalau nda keluarganya makan apa...coba ? coba
renungkan dulu...

nah kok tahu itu ikan dan buikan murid2... lihat saja kata ganti 

So when they had dined, Jesus
saith to Simon Peter, Simon, [son] of Jonas, lovest thou me more than
these? He saith unto him, Yea, Lord; thou knowest that I love thee. He
saith unto him, Feed my lambs. John 21:15

perhatikan kata these ,

nah kalau itu adalah orang bhs nya kan jadi demikian 

So when they had dined, Jesus
saith to Simon Peter, Simon, [son] of Jonas, lovest thou me more than them? He saith unto him, Yea, Lord; thou knowest that I love thee. He
saith unto him, Feed my lambs. John 21:15

kalau tdk salah waktu sekolah dulu saya diajarin buat manusai atau orang objek kata ganti orang ketiga adalah them, dan untuk yang barang atau benda jadi these, those

mudah2an tdk salah maklum dah lama tidak sekolah nih

terus bayangan si Petrus

Ang Che Chen, Roh Kudus, itu Roh, tanpa WUJUD (tidak kelihatan) dan
tanpa RUPA (tidak berbentuk). Parfum memiliki wujud dan bentuk. Wangi
tanpa wujud namun memiliki bentuk, itu sebabnya bisa di deteksi hidung
dan alat deteksi. Apa bila Roh Kudus memiliki pancaran radiasi, maka
itu berarti apa yang diajarkan oleh para penangkap hantu itu benar,
hantu ada pancaran radiasinya. Cerita tentang bayangan Petrus
menyembuhkan orang sakit adalah isapan jempol para pengkotbah alam roh.

nah kata bayangan itu bukan bayangan gelap lho...menurut saya..

itu orang2 dibaringkan di streets (jalan2 raya)...

kalau
itu bayangan gelap kan kasian yg di sebelah Timur.. pasti nda kebagian
itu 'bayangan' Petrus, kalau sore hari kan kasian di bagian barat
karena nda kebagian.. kalau pas Petrus jalan tengah hari kan kasian
semua,... tidak kebagian karena mataj\hari pas tegak lurus di atas
kepala..

kata bayangan diambil dari \bhs Yunani Episkeiazo.. ( to
envelop in a haze of brilliancy) , ini berbicara tentang radiasi
ilahi.. sinar kemuliaan Allah..yang memancar keluar dari tubuh si
Petrus...mirip mirip dgn sapu tangan Paulus gitu lho...

ok kalau menurut iah iah sendiri apa... kasih komentar dong.. kok orang orang bisa sembuh kalo kena bayangan si Petrus??

sementara ini dulu yah...

syalom ang che chen

NB besok ada si Tony Daud ke kota ku ntar kalo sempat aku mau mampir.. mau titip salam nih.. salam kompak selalu ?? hehe

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Minta Daud Tony buat berkunjung ke klewer dan memberikan komen..

Ang Che Chen,

 

Kalau Daud T ketemu dengan kamu, tolong minta beliau untuk memberikan komentar deh, seputar tulisan-tulisan tentang beliau di klewer.

Boleh juga tanya kepada Daud T, kenapa gak pernah memberikan komentar balasan?

Kalau sampai Ang Che Chen, berhasil berbicara dengan Daud T, tolong tulis komentarnya di klewer atau di In Christ yaa.....thanks alot.

Byeee..

(penonton)

 

 

Bila Anda Ketemu Ev. Daud Tony

Ang Che Chen, bila anda bertemu dengan Ev. Daud Tony, tolong sampaikan salam saya padanya. Bilang padanya, "hai hai dari SABDAspace titip salam dan minta anda segera bertobat."

Tolong tanyakan kepadanya, kenapa Allah kehilangan HAK CIPTANYA ketika manusia berdosa? Hanya ayah GOBLOK yang menyerahkan anaknya kepada MUSUH yang membujuknya berbuat jahat. Karena dengan demikian, maka anaknya akan DUAJARI untuk semakin jahat. Bukankah itu artinya Allah juga GOBLOK karena menyerahkan manusia kepada Iblis yang membujuknya melawan Allah? Tujuan Ayah menghukum anaknya yang bersalah adalah supaya anaknya bertobat bukan agar anaknya bertambah JAHAT.

Ketika manusia berdosa, dia BERSALAH kepada Allah. Kenapa Allah harus MENEBUS manusia dari Iblis?

Aku berdosa, namun tidak berani berbuat jahat, mustahil menentang kehendakNya!
Kebaikan dirimu, tak berani kusembunyikan, kejahatan diriku, tak berani kuampuni!

daud tony mendadak hilang...

Syalom iah iah,

tadi pagi saya dengarin dia kotbah rencana waktu mau bubar saya mau sampaikan salam. tapi waktu doa berkat tiba2 dia 'nyelonong' pergi..

waktu selesai saya keluar ruangan dan saya tanya sama para diaken kemana pak Tony mereka tidak tahu... saya tunggu beberapa menit tidak muncul muncul.. akhirnya saya tinggal setelah menunggu sekian lama soalnya aku masih hrs jemput keluarga..

oh ya tony daud bkn ke grj saya, tp ke bethany dan kebaktian di hotel.. jadi pas saya nda tahu kemana perginya..

next time kalo iah iah sempat.. datang saja lgs ketemu orangnya..

 

Salah Satu Kebiasaan Daud Tony

Menurut Ev. Daud Tony, salah satu kebiasaannya memang menghilang ketika orang sedang berdoa. Itu dia lakukan karena tidak menerima pemberitahuan dari Tuhan untuk menyembuhkan orang atau mengusir setan dari orang kesurupan. Dia memilih untuk ngilang ketika orang sedang berdoa daripada diminta untuk membuat mujizat penyembuhan dan mengusir setan dan harus menolaknya.

Ang, saya tidak akan pergi menemui Ev. Daud Tony, karena salah satu teman yang ahli hukum mengatakan, bila melakukan hal demikian, saya bisa dituntut bila dia tidak senang. Walaupun akan menang pada akhirnya di pengadilan, namun itu sangat merepotkan. Belum lagi bila ditengking dalam nama Yesus atau diseret turun.

Aku berdosa, namun tidak berani berbuat jahat, mustahil menentang kehendakNya!
Kebaikan dirimu, tak berani kusembunyikan, kejahatan diriku, tak berani kuampuni!

Petrus Setia, Yesus Menuntut Lebih!

Ang Che Chen, satu hal yang paling utama dari Petrus adalah SETIA.

Menurut saya Petrus taat setengah hati karena ia ragu dan mungkin juga supaya Yesus tdk tersinggung.. kalau dia percaya total.. maka Petrus akan berkata 'beres boss'

Apa yang harus Petrus percayai? Bahwa Yesus lebih jago nangkap ikan dibandingkan dia? Ha ha ha ha … Ang Che Chen, baca lagi ayatnya. Pertus tidak percaya sama sekali. Satu satunya alasan dia melakukannya adalah karena Yesus MENYURUHNYA. Ang Che Chen, coba baca sekali lagi kisah tersebut.

Ia melihat dua perahu di tepi pantai. Nelayan-nelayannya telah turun dan sedang membasuh jalanya. Lukas 5:2

Anda tahu, 2 perahu artinya dua jala? Ketika Yesus menghimbau, dia menghimbau kedua perahu itu untuk menebarkan jalanya masing-masing. Jala bukan karung, yang dapat membuat jala robek bukan karena ikannya terlalu berat, tapi karena terlalu banyak ikan besar yang memberontak berusaha menerobos jala.

Ang Che Chen, seperti yang saya katakan, Pertus bukan orang pengecut, dia seorang petarung. Sekali dia memutuskan untuk bertarung, maka dia akan bertarung, bila perlu bertarung sendirian. Anda mengatakan dia beraninya ramai-ramai? Mereka hanya berdua belas (Yudas datang dengan musuh), berapa kira-kira pasukan yang dikerahkan untuk menangkap Yesus? Satu orang, 2 orang? Apakah ketika menyerang Petrus memberi aba-aba kepada yang lainnya untuk ikut menyerang? Anda pikir Petrus Yakin Yesus akan menang saat itu karena ada Yesus di sampingnya?

Sama seperti anda, saya seorang petarung. Awalnya saya melakukannya karena tidak punya pilihan lain, akhirnya saya menikmatinya sebagai cara untuk unjuk gigi dan unjuk kejagoan. Dari pengalaman saya, orang pengecut hanya menyerang bila dia yakin akan menang. Seorang petarung sejatipun memiliki pemikiran yang sama. Ketika anda ditantang dan diejek ramai-ramai, apakah anda menyerang untuk memperlihatakan betapa GAGAHNYA anda?

Ketika Yesus ditangkap, ada sebelas rasul bersamanya. Ketika dia dihakimi dan disiksa, berapa orang yang menontonnya? Satu orang, namanya Petrus, dan anda sebut dia PENGECUT karena dia menyangkal 3 kali sebagai pengikut Kristus. Coba perhatikan dengan seksama, lokasi-lokasi ketika dia menyangkal. Seorang pengecut, ketika ketahuan identitasnya, akan ngacir, bukan semakin mendekati Yesus. Petrus melakukan sebaliknya.

Anda tahu kenapa Petrus sedih ketika ayam berkokok? Karena dia tahu bahwa dia menyangkal bukan karena tidak setia kepada Yesus namun sedang menyembunyikan diri agar bisa menolong Yesus. Jangan membandingkan Petrus dengan Daniel atau Yusuf atau Sadrakh dan lain-lainnya, situasi dan kondisinya berbeda. Anda pikir bila Petrus berjalan sambil menguhus pedangnya lalu berteriak-teriak memaki maki atau menantang sambil mendekati Yesus, maka itu berarti dia seaorang Jagoan?

Ang Che Chen, kata Agape dan Eros tidak pernah digunakan untuk menyatakan cinta kepada handai taulan. Kata apa yang mungkin digunakan? Storge atau Philia. Apabila demikian, siapa yang biasa menggunakan kata Agape? Kata agape biasa digunakan oleh seorang kekasih ketika merayu KEKASIHNYA. Itu sebabnya Petrus merasa SEDIH ketika Yesus Kristus bertanya kepadanya untuk ketiga kalinya, “Apakah engkau agape padaku?”

Ang Che Chen, saat Yesus mengucapkan hal demikian, Alkitab belum ditulis. Belum ada Theolog yang merasa terganggu dengan kisah tersebut lalu berusaha menolong Kekristenan dengan menulis hal-hal yang indah tentang arti kata AGAPE.

Yesus tahu, petrus mengasihiNya dan Petrus setia. Namun itu tidak cukup! Yesus mau lebih! Apakah engkau MENCINTAIKU seperti seorang kekasih? Itulah pertanyaan Yesus bila diterjemahakan ke dalam bahasa Indonesia. Itulah yang membuat Petrus sedih. Itulah yang membuat Pertus perlu ditanya tiga kali.

 

Aku berdosa, namun tidak berani berbuat jahat, mustahil menentang kehendakNya!
Kebaikan dirimu, tak berani kusembunyikan, kejahatan diriku, tak berani kuampuni!

si petrus lagi..

Iah Iah, 

apa yg saya baca saya cuma tafsirkan bdskan apa yang saya baca tentang the nets and net.dan jala koyak karena tdk mampu menahan beban.. tapi iah iah menganalisa ikanikannya pada nerobos.. maaf kalau ikannya desak desakan gimana  punya 'momentum' untuk menerobos. bhs yunani kuno untuk momentum adalah pasang ancang2... lihat kan kalo orang mau jebolin pintu gerbang bawa kayu log.. terus ancang2.. kalau ikannya lagi pada 'mefet' gimana bisa nerobos kan dikunci kuat sama jalanya.

tapi ntar kuselidiki lagi..

trus iah iah menulis

Ketika Yesus ditangkap, ada sebelas rasul bersamanya. Ketika dia
dihakimi dan disiksa, berapa orang yang menontonnya? Satu orang,
namanya Petrus, dan anda sebut dia PENGECUT karena dia menyangkal 3
kali sebagai pengikut Kristus. Coba perhatikan dengan seksama,
lokasi-lokasi ketika dia menyangkal. Seorang pengecut, ketika ketahuan
identitasnya, akan ngacir, bukan semakin mendekati Yesus. Petrus
melakukan sebaliknya.

Anda tahu kenapa Petrus sedih ketika ayam berkokok? Karena dia tahu
bahwa dia menyangkal bukan karena tidak setia kepada Yesus namun sedang
menyembunyikan diri agar bisa menolong Yesus. Jangan membandingkan
Petrus dengan Daniel atau Yusuf atau Sadrakh dan lain-lainnya, situasi
dan kondisinya berbeda. Anda pikir bila Petrus berjalan sambil menguhus
pedangnya lalu berteriak-teriak memaki maki atau menantang sambil
mendekati Yesus, maka itu berarti dia seaorang Jagoan?

Iah Iah senang sekali berdiskusi dgn anda..ta suheng.

ini saya kutipkan yah..

Mat 26:30-36  Sesudah menyanyikan nyanyian pujian, pergilah Yesus dan murid-murid-Nya ke Bukit Zaitun.  Maka berkatalah Yesus kepada mereka: "Malam ini kamu semua akan tergoncang imanmu karena Aku. Sebab ada tertulis: Aku akan membunuh gembala dan kawanan domba itu akan tercerai-berai. Akan tetapi sesudah Aku bangkit, Aku akan mendahului kamu ke Galilea."   Petrus menjawab-Nya: "Biarpun mereka semua tergoncang imannya karena Engkau, aku sekali-kali tidak." Yesus berkata kepadanya: "Aku berkata kepadamu, sesungguhnya malam ini, sebelum ayam berkokok, engkau telah menyangkal Aku tiga kali."
Kata Petrus kepada-Nya: "Sekalipun aku harus mati bersama-sama Engkau, aku takkan menyangkal Engkau." Semua murid yang lainpun berkata demikian juga.

Yesus mengatakan semua terguncang imannya.. apakah itu juga termasuk Petrus..

ntar baca juga di markus dan lukas

iah iah menulis :

Anda tahu kenapa Petrus sedih ketika ayam berkokok? Karena dia tahu
bahwa dia menyangkal bukan karena tidak setia kepada Yesus namun sedang
menyembunyikan diri agar bisa menolong Yesus. dan bukan karena terguncang imannya kah ??

ni yang saya tangkap petrus sedih krn gagal menyelamatkan Yesus yah..

kalau menurut saya Petrus sedih karena dia malu...atau kah Petrus punya "agenda lain " untuk maksud penyangkalannya??

terus ini saya sharing dikit..

Sama seperti anda, saya seorang petarung. Awalnya saya melakukannya
karena tidak punya pilihan lain, akhirnya saya menikmatinya sebagai
cara untuk unjuk gigi dan unjuk kejagoan. Dari pengalaman saya, orang
pengecut hanya menyerang bila dia yakin akan menang. Seorang petarung
sejatipun memiliki pemikiran yang sama. Ketika anda ditantang dan
diejek ramai-ramai, apakah anda menyerang untuk memperlihatakan betapa
GAGAHNYA anda?

seorang pengecut menyerang jika ia yakin menang.. memang.. tapi kalo diam dan mengalah bukan berarti pengecut kan..hehehedari pada babak belur.. toh 

pernah beberapa kali saya dan teman 2 (saya berlima dan empty hand) dikepung oleh puluhan 'anak2 begundal' yg bersenjatakan pisau dan kayu yang diberi paku.. saya diam dan masuk ke rumah teman untuk nunggu mereka lengah dan melarikan diri...why? dari pada saya cacat fisik permanen atau mati konyol.. memnding sya ngalah.. mbales gampang kok... kalu saya mati muda saat itu rugi boss.. belum kawin lagi..hehehe .sampai detik ini saya masih belum mengembangkan ilmu iron vest. baju besi.. mungkin iah iah sudah nyampe taraf bagi bagi dong tukar ilmu.. kepada sute

ini kira2 saya lho.. waktu Yesus berkata ini Aku, itu orang2 mundur dan rebah... mungkin lho Petrus PDnya bangkit.. gilee ini Boss gue.. jago benar.. (hanya tafsiran) dan Yesus menyerahkan diri untuk ditangkap..tapi Dia pesan yang lain nda ikut2 lho ya

iah iah menulis 

Ang Che Chen, kata Agape dan Eros tidak pernah digunakan untuk
menyatakan cinta kepada handai taulan. Kata apa yang mungkin digunakan?
Storge atau Philia. Apabila demikian, siapa yang biasa menggunakan kata
Agape? Kata agape biasa digunakan oleh seorang kekasih ketika merayu
KEKASIHNYA. Itu sebabnya Petrus merasa SEDIH ketika Yesus Kristus
bertanya kepadanya untuk ketiga kalinya, “Apakah engkau agape padaku?”

Ang Che Chen, saat Yesus mengucapkan hal demikian, Alkitab belum
ditulis. Belum ada Theolog yang merasa terganggu dengan kisah tersebut
lalu berusaha menolong Kekristenan dengan menulis hal-hal yang indah
tentang arti kata AGAPE.

komentar saya.. yang ketiga kali Yesus tidak berkata dengan menggunakan kata Agape.. 

Joh 21:17  Kata Yesus kepadanya untuk ketiga kalinya: "Simon, anak Yohanes, apakah engkau mengasihi Aku (apakah engkau mengasihi Aku dengan kasih Phileo)?" Maka sedih hati Petrus karena Yesus berkata untuk ketiga kalinya: "Apakah engkau mengasihi Aku?" Dan ia berkata kepada-Nya: "Tuhan, Engkau tahu segala sesuatu, Engkau tahu, bahwa aku mengasihi Engkau dengan kasih Phileo." Kata Yesus kepadanya: "Gembalakanlah domba-domba-Ku.   untuk ini 100 buat petrus karena sudah menjawab dengan tepat...

kasih Phileo dijawab/balas dengan kasih Phileo.

thank you Iah iah sudah mau kasih koment dan saran rasanya lama lama bisa jago nih mulai ada yg bimbing berpikir 'kritis'

Saya pernah tahu ttg Matthew Henry yang sering kasih komentar.. coba ntar Iah 2 kalau sempat mulai di buat.. tentu saja kalau waktu luang... yang bagian serius buat iah Iah, ntar yg konyol konyolnya biar saya atau penonton hehehe

buat admin.. kok penebalan, ngasih warna kok nda muncul yah di kolom komentar.. komputer saya yg taouble atau gimana?

ANG CHE CHEN

oh ya mumpung di sini.. komentar mukjizat ntar yah.. 

 

 

tafsiran ang che chen rancu

saudara ang jika anda menuliskan blog ini setelah mendengar pdt anda berkotbah saya rasa anda telah salah mendengar atau pendeta anda telah menafsir semaunya. pra anggapan saudara adalah petrus yg payah, penakut dan plin plan begitu ditonjolkan, walau ia dipilih allah sebagai penginjil besar, penulis alkitab,pendiri jemaat dan panutan hingga skrg. apakah anda pernah melaut? apakah anda seorang nelayan yg hidup dari ikan? jika tidak tentunya petrus lebih tau dari anda soal penangkapan ikan. jika dianggap ia payah/tidak becus krn tidak menangkap semalaman saya percaya krn nelayan tidak selamanya mengalami cuaca dan hasil yg baik, cobalah sekali2 main ke muara karang atau pelelangan ikan di pengandaran.

dlm konteks Luk 5:1-11 ini justru kita berbicara pemilihan dan panggilan petrus dan waktu tuhan, tuhan mengetahui petrus tidak mendapat ikan sehingga ia menyuruh petrus menebarkan jala dlm keadaan manusia biasa tidak bisa. jika petrus dapat ikan banyak hari itu mungkin mat 5 :1-11 tidak ada tetapi Tuhan menunjukkan kasih dan kuasanya pada petrus, tetapi bukan perkara materi saja atau sebatas ikan tapi lebih dari itu ia akan dijadikan penjala manusia yg tentunya bukan proses sekali jadi tapi membutuhkan waktu. dan segala kebodohan petrus yg anda soroti adalah proses petrus dlm pengenalan akan allah krn semua hamba tuhan yg mengalami proses pengenalan akan allah akan terlihat salah,bodoh,bingung,gamang,ragu dsb. dan saya bertanya adakah tokoh alkitab yg tidak ada salah dlm prosesnya?

tetapi mengapa hal2 bodoh tsb dicatat dlm alkitab krn itulah interpretasi yg jujur dr alkitab yg tdk hanya mencatat kegemilangan seseorang, jika saudara ang terus membodohi spt itu anda akan kehabisan waktu untuk menghujat kesalahan2 abraham, yunus,daud,yesaya dll.

 bagi saya seorang yg dipilih tuhan memang bodoh bagi dunia tapi dipilih allah untuk memalukan orang2 dunia yg berhikmat. jadi hrslah seimbang sehingga saya tidak berkata saudara ang petrus memang bodoh dan anda terlihat hebat tapi maukah anda menuliskan kesalahan2/kebodohan anda?

dan dalam konteks ini saudara ang betul2 menyoroti petrus bodoh  luar biasa. yg tentunya anda akan dapat perhatian dr orang lain karena terdengar indah dan kontroversial shg org yg mendengarnya tidak mengantuk he.. tapi ingat jika saudara menyoroti petrus bodoh padahal anda tidak tau dunia nya dan terus mengatakan ia payah, apakah yg dpt ditangkap jemaat selain kebodohan dan radikalisme sempit anda dan pendeta anda terima kasih.

@barudak... rancu gimana yah mengenai Petrus..

Syalom Barudak..

wah sampeyan tdk ngerti.. masa saya mau bodohin orang2 seperti itu..

ini hasil analisa saya pribadi bukan krn kotbah pendeta saya.. mereka mengungkapkan ide2 dalam kotbah dan saya analisa trus saya window dressing biar menarik.. sallah di mana? saya kan cuman ngupas Petrus dari sisi manusianya..

bukan kah saya bilang kalau yang payah saja ada harapan kita juga punya harpan dong di tangan Tuhan...

Petrus adalah salah satu my hero.. dia favorit saya.. ini saya kupas kemanusiaannya kok...
salah nya dimana barudak.. ngomongo... na\biar kita bahas.. kalau menurut Barudak gimana... bagusnya, ayo tukar pikiran...

ngelurusin aja ang

salom ang lam damai dlm tuhan, moga2 gak cepet bosen ama gw ya kita sama2 bljr.

emang enak bicarain tokoh2 alkitab tp maksudku suatu kotbah atau materinya bisa membangun atau meruntuhkan tp yg paling bahaya adalah daerah abu2, gak begitu jelas.

bagi saya mengenai kepayahan petrus jelas ia payah bagi dunia tapi tidak bagi allah. tapi ia bukanlah orang payah spt yg ang gambarkan. dibanding skrg 3000 thn yg lalu petrus ga punya gelar s1, gak kursus komputer, gak punya kredit card dsb tapi ia gak pernah terdengar berkomplot dg yudas utk korup, gak menggunakan uangnya utk selingkuhannya dsb kalau dibilang petrus penakut tapi kok cuma dia yg berjalan diatas air.jadi  dlm jiwa seorang pemberani pun terdapat ketakutan2 kecilnya dan dlm kepintaran seseorang pun terdapat kebodohannya

setelah panjang lebar ang ngejelasin kesimpulan ang adalah:

di sini kita pelajari:

Tuhan tidak pernah menghitung berapa banyak kita jatuh.. tapi Ia selalu menghitung berapa banyak kita bangkit kembali

ini sesuai ayat mana ya? yg saya tau kita manusia keadaannya bukan jatuh tapi alkitab bilang  diluar kristus kita  mati dlm dosa bukan jatuh,sakit atau payah. tetapi jika ia orang dlm kristus mengenai  jatuh,  kita gak bisa menolong diri kita sendiri krn di mazmur 37 dikatakan apabila org benar jatuh tak kan sampai tergeletak sbab tuhan menopang tangannya dan ia menuntun langkah2nya. jadi tuhan bukanlah oknum pasif menunggu kita yg bangkit.

jadi apa yg ang pelajari menurut saya hrs dikoreksi lagi krn bisa mencemarkan yg lain. mengenai kebodohan dan kasih allah, kegagalan dan pertolongan allah.gak papa kan ang jgn tersinggung ya. gbu thx

Sekali Lagi Tentang Petrus

Ang Che Chen, anda pernah mancing? Bila anda pernah mancing, maka anda akan tahu apa itu ikan. Apabila anda pernah mencing di kolam, cobalah untuk mancing di laut, tarikkannya, luar biasa. Mungkin ketika pertama kali menarik anda menduga berhasil memancing ikan sebesar paha, namun ketika ikannya nampak, anda merasa heran karena ikannya hanya sebesar jempol. Anda pernah memotong ikan? Cobalah beli seekor ikan gurame lalu potonglah untuk digoreng, maka anda akan merasakan tenaganya yang luar biasa. Ikan bandeng sangat ditakuti oleh para nelayan ketika memanennya. Tanpa ancang-ancang, terjangan seekor ikan bandeng seberat 1kg didada, bisa membuat orang yang diterjangnya pingsan, sedangkan bila membentur kepala, bisa membuat geger otak.

Anda tahu bentuk jala nelayan penangkap ikan? Bentuknya seperti net bulutangkis atau bola voly. Untuk nelayan modern, panjangnya bisa beberapa kilometer. Jaring itu ditebarkan ke air sementara perahunya melaju, jaring itu akan mengambang seperti net bulutangkis atau net bola voly. Setelah jaring tersebar sempurna, nelayan membiarkannya demikian, beberapa saat kemudian menariknya sementara perahu bergerak mendekati jaring itu. Ikan-ikan yang terjaring adalah ikan-ikan yang berusaha menerobos jaring itu, mereka tersangkut. Semakin panjang jaring, semakin besar peluang mendapatkan ikan, namun itu berarti kekuatan jaring itu harus semakin kuat. Ketika masih di dalam air, ikan yang terjaring walaupun berusaha melepaskan diri namun tidak mengerahkan seluruh kekuatannya. Namun ketika mereka lepas dari air, pada saat itulah secara naluri mereka menggelepar sekuat tenaga. Itulah saat jaring sobek. Ketika membaca kisah Petrus saya tidak tahu jaring seperti apa yang anda bayangkan. Kemungkinan besar anda sedangkan membayangkan jaring tebar yang ujung-ujungnya diberi besi pemberat. Jaring seperti itu biasanya di tebar dengan melemparkannya hingga menyebar. Pemberat di ujung jarign itu akan membuat jaring itu merapat seperti karung.

Ang Che Chen, ada 4 kitab. Tiga kitab menceritakan tentang Petrus yang menebas telinga hamba Imam besar. Bagaimana anda memahaminya? Petrus adalah seorang petarung ulung sehingga tebasannya sangat akurat. Dia ingin menunjukkan kesaktiannya. Ketika dia menebas telinga, yang putus telinga. Atau anda memahami Petrus sebagai seorang nelayan, sehingga tujuannya membelah kepala namun yang kena hanya telinganya saja? Walaupun yang dia bacok hanya hamba seorang imam besar, bukan seorang tentara? Saya memahami Petrus adalah seorang nelayan yang saat itu ketakutan.

Kitab keempat, tidak mencatat kisah pemotongan telinga itu juga tidak mencatat kisah Petrus menangis namun kitab itu menceritakan dengan terperinci bagaimana cara Petrus memasuki halaman rumah Hanas. Petrus ketakutan, namun dia terus maju. Dia tidak menyangkal Yesus namun MEMBUAL kepada orang lain. Sama seperti anda bukan pengecut ketika menghindari para preman itu. Tindakan anda adalah tindakan bijaksana, bukan tindakan pengecut. Tindakan Petrus adalah tindakan yang dianggapnya bijaksana, bukan menyangkal Yesus. Sebab bila dia memang menyangkali Yesus, kenapa harus mempertaruhkan nyawanya untuk mendekati Yesus? Apakah anda menyangka dia mempertaruhkan nyawanya hanya sekedar ingin melihat Yesus digebukin? Petrus menangis, sebab dia menyangka bahwa Yesus menganggap apa yang dilakukannya adalah menyangkali Yesus.

Yesus bertanya kepada Petrus, “apakah engkau Agapao padaku?” Petrus menjawab, “Saya philia padamu!” Kembali Yesus bertanya, “Apakah engkau Agapao padaku?” Petrus kembali menjawab, “Engkau tahu Tuhan, saya philia padamu!” Lalau Yesus bertanya untuk ketiga kalinya, apakah engkau philia padaku?” Petrus merasa sedih karena Yesus bertanya untuk ketiga kalinya, “Apakah engkau Philia padaku?” Petrus menjwab, “Tuhan, Engkau tahu segala sesuatu, Engkau tahu, bahwa aku philia padamu!"

Ang Che Chen, anda menduga saya tidak tahu bahwa ketika bertanya untuk yang ketiga kalinya Yesus menggunakan kata Philia? Anda salah duga. Sudah sejak lama saya sebal dengan para pengkotbah yang menjadikan Petrus sebagai badut. Itu sebabnya saya meneliti kisah tersebut dengan baik.

Dalam komentar sebelumnya saya memberinya judul “Petrus setia, Yesus meminta lebih!” Namun ketika mengutip ayat Alkitab, saya menulis:

Itu sebabnya Petrus merasa SEDIH ketika Yesus Kristus bertanya kepadanya untuk ketiga kalinya, “Apakah engkau agape padaku?”

Ang, terima kasih untuk komentar anda yang lembut! Seharusnya itu bisa menjadi peluang bagi anda untuk menyatakan bahwa saya salah kutip. Ha ha ha ha … Bila saya salah kutip, bukankah Alkitab juga salah tulis? Karena Yesus bertanya dua kali dengan kata agapao dan sekali dengan philia namun menulis bahwa Yesus tiga kali bertanya dengan philia? Salah satu keasykan diskusi bentuk tertulis adalah kita selalu bisa menguji apa yang akan kita katakan dan mencek sumber pustaka kita serta memasang jebakan untuk lawan diskusi kita. Itulah salah satu alasan saya suka diskusi secara tertulis.

Ketika Yesus bertanya, tentang agapao Petrus menjawab dengan Philia. Anda menilai Petrus melenceng, tidak memahami pertanyaan dengan benar sehingga tidak menjawab dengan benar. Atau mengerti pertanyaan dengan benar namun memberikan jawaban salah. Menurut anda seharusnya Petrus hanya menjawab “Ya!” atau “Tidak!” atas pertanyaan Yesus itu? Bukankah ketika menjawab Petrus maksudkan, “Tidak! Namun saya Philia padamu!” Bukankah itu adalah jawaban yang tepat?

Ang, anda lupa, ketika menghadapi pertanyaan Yesus itu, Petrus bukanlah orang yang sama seperti ketika di taman Getsemani. Saat itu Petrus adalah seorang yang sudah menangis dan melihat BOS-nya hidup kembali setelah mati.

Setelah meneliti tentang Petrus, maka saya menyimpulkan, bahwa dibandingkan Yesus Kristus, Petrus adalah seorang pecundang, namun dibandingkan dengan rasul yang lainnya, Petrus adalah yang terhebat.

Ang, agar formatnya tetap bagus, ketika mengopy tulisan, anda harus mengopynya ke notepad dulu baru mengopynya ke ICN. Untuk memberi warna, anda harus memberinya satu paragraf demi satu paragraf. Bila anda memberi warna dua paragraf, maka warnanya nggak akan keluar.

Aku berdosa, namun tidak berani berbuat jahat, mustahil menentang kehendakNya!
Kebaikan dirimu, tak berani kusembunyikan, kejahatan diriku, tak berani kuampuni!

thanks buat penjelasannya iah iah.

iah iah, thanks buat reply,

saya belum pernah mancing jadi 'mungkin' tdkm ngerti banyak soal jala..

yg ada dibenak saya kalau ikan itu dalam kondisi 'desak2an' , bds ilmu fisika, tdk ada momentum untuk menggelepar atau meronta sekuat tenaga..dan juga karena ikan belum belajar tehnik pernafasan untuk membangkitkan qi dalam tubuhnya.. sehingga analisa saya tdk bisa kuat.

kalau dua orang petinju saling berangkulan mereka berusaha saling memukul satu dgn yg lain, pukulan mereka tdk efektif krn 'jarak' momentum tdk terbentuk. demikian juga para atlit taekwondo kalau sudah ditempel jarak dekat saat 'fight' tendangan mereka tdk efektif krn tidak tertolong oleh 'momentum'. tapi kalau jarak nya 'cukup' momentum terbentuk, setiap hook, upper cut, jab dan swing juga tendangan menjadi sangat effektif sekali.. analisa saya lho.. 

maaf jadi ngelantur nih...

saran anda saya tampung iah iah dan komentar masalah menjala dan memancing.. penjelasan yang baik.

buat keberanian dan agenda Petrus saya tampung komentar anda juga.. ntar saya pelajari lagi, dan juga bentuk kata kasih yang dipake oleh Yesus dan petrus ntar saya analisa..

.. kalau saya nda puas ntar juga saya reply commnet baru kok

 

I've got your point Barudak

thanks buat reply ntar aku agak hati hati menulis.

benar Tuhan yang topang tangan kita.. tapi bukan kah kita harus cooperate juga hand in hand dengan Tuhan...biar sempurna gitu lho... inisiatif datang dari Tuhan bagian kita responin dong anugerahNya

2Ch 15:1-2 Azarya bin Oded dihinggapi Roh Allah.
Ia pergi menemui Asa dan berkata kepadanya: "Dengarlah kepadaku, Asa dan seluruh Yehuda dan Benyamin! TUHAN beserta dengan kamu bilamana kamu beserta dengan Dia. Bilamana kamu mencari-Nya, Ia berkenan ditemui olehmu, tetapi bilamana kamu meninggalkan-Nya, kamu akan ditinggalkan-Nya.

oh ya jgn sungkan2 kasih koreksi saya open mind kok,, kalau salah ntar saya ubah yah, GBU

oh yah barudak.. 

dlm konteks Luk 5:1-11 ini justru kita berbicara pemilihan dan
panggilan petrus dan waktu tuhan, tuhan mengetahui petrus tidak
mendapat ikan sehingga ia menyuruh petrus menebarkan jala dlm keadaan
manusia biasa tidak bisa. jika petrus dapat ikan banyak hari itu
mungkin mat 5 :1-11 tidak ada tetapi Tuhan menunjukkan kasih dan
kuasanya pada petrus, tetapi bukan perkara materi saja atau sebatas
ikan tapi lebih dari itu ia akan dijadikan penjala manusia yg tentunya
bukan proses sekali jadi tapi membutuhkan waktu,

komentar saya ..setuju... benar saya yang salah

 

 

ok ang

ok thx its nice sharing with you kita bisa saling pibu ya? padahal gw blm tau pibu paan sih? gak ilmiah bgt pibu. thx gbu

pibu...

Syalom Barudak..

pibu adalah perang tanding atau adu jurus dalam cerita silat Cina versi Kho Ping Hoo, gitu bro...

oh ya yg lalu jgn tersinggung yah, di komentar free will , biasanya aku sm orng nda kenal sering adu ilmu dulu hehehe

kebetulan iah iah juga suka cerita silat makanya kita pake istilah begituan