Sekali Lagi Tentang Mengambil Tulisan Orang Lain

admin's picture

Tindak penyalinan karya tulis orang lain ternyata masih terulang juga di Komunitas Blogger kita ini. Padahal tempo hari Admin sudah menghimbau agar tindakan ini tidak terulang lagi (klik sini untuk melihatnya). Tidak mengherankan bila sebagian besar punggawa SABDA Space, alias blogger-blogger yang sering nongkrong di sini bergeliat mendemo.

Secara pribadi, Admin berterima kasih untuk segenap inisiatif dari rekan-rekan blogger sekalian. Itu menunjukkan kepedulian kalian terhadap SABDA Space. Selain itu, perlu ditekankan pula bahwa segala respons terhadap postingan ICCP hendaknya disikapi secara dewasa. Perlu diingat pula, para blogger di sini tidak satu pun yang berniat menyudutkan pihak mana pun. Prinsipnya, yang tidak sesuai dengan aturan main harus ditegur.

Kalau sejauh ini Admin banyak berdiam, itu lebih dikarenakan keinginan melihat respons para blogger sekalian. Sama sekali tidak bermaksud memperpanjang polemik. Terbukti memang beragam reaksi yang muncul mencerminkan kepedulian para blogger untuk menjaga kemurnian kreativitas penulisan. Terima kasih untuk kesediaan Anda sekalian.

Menanggapi usulan Daniel tentang amandemen Policy, rasanya belum saatnya. Lagipula, untuk melakukan hal tersebut butuh pertimbangan yang benar-benar matang. Untuk saat ini admin belum bisa memutuskan untuk melakukannya. Bila pun akan dilakukan, tidak akan terwujud dalam waktu dekat.

Lalu, apa yang harus dikerjakan sekarang? Dengan menyesal, Admin harus menurunkan seluruh tulisan yang dikirimkan ICCP. Karena memang tidak sesuai dengan Policy (silakan lihat Teguran dan Sanksi butir ketiga). Sebab tulisan orang lain bukanlah ekspresi pribadi Anda.

Tapi bagi yang memang ingin menikmati tulisan tersebut, silakan klik di GEKARI -- Mahkota Kemuliaan. Admin merekomendasikan alamat tersebut karena dari tiga alamat yang disebutkan Sdr. Hai Hai, alamat itu memuat semua seri "kerudung" tersebut secara lengkap.

Nah, ini kasus kedua. Untuk itu, dihimbau lagi bagi blogger lain, jangan kirim tulisan orang lain deh. Jangan lupa untuk membaca halaman Policy agar tidak tersandung lagi.

Menemukan salinan tulisan orang lain di sini? Silakan hubungi Admin SABDA Space dengan memakai fasilitas Kontak Kami.

Topic Blog: Misi

Keywords Blog: bajakan, copy, tulisan