Buah Roh

Galatia 5: 22-23 menyebutkan bagian-bagian dari Buah Roh. Kalau kita berbuah Roh, maka sesama kita akan melihat gambaran Kristus di dalam hidup kita (Roma 8: 29) sehingga mereka tertarik untuk datang kepada Juruselamat. Kehendak Tuhan adalah supaya kita mencapai kedewasaan penuh didalam Kristus (Efesus 4: 13). Pertumbuhan ini terjadi karena penyucian dari Roh Kudus.

Buah Roh adalah pengharapan Allah di dalam kehidupan kita, seperti tertulis di Matius 13 tentang perumpamaan seorang penabur. Benih yang jatuh di tanah yang baik akan berbuah lebat. Begitulah seharusnya kita juga harus berbuah, ketika Firman Tuhan mulai bekerja di dalam hidup kita dengan kekuatan dari Roh Kudus.

Kita dapat mengelompokkan bagian-bagian dari Buah Roh dari Galatia 5: 22-23 menjadi 3 kelompok.

Kelompok 1: Kasih, sukacita dan damai sejahtera

Kasih
Yohanes 13: 35 berkata: “Dengan demikian semua orang akan tahu, bahwa kamu adalah murid-murid-Ku, yaitu jikalau kamu saling mengasihi” (lihat juga Roma 13: 8). Apapun yang kita lakukan untuk memberikan kesaksian tentang Tuhan Yesus, tanpa kasih semua itu tidak ada artinya. Baca juga perikop tentang kasih di 1 Korintus 13.

Sukacita
Sukacita yang Roh Kudus berikan di hidup kita mengangkat kita dari segala keadaan. Sukacita ini tetap kita rasakan walaupun kita berada dalam kesulitan. Jaman sekarang di dunia ini tidak ada sukacita dan penuh dengan kegelapan, ilusi dan ketakutan. Alkitab mengajarkan kepada kita bahwa sukacita dari Roh Kudus tidak tergantung dari keadaan.

Damai sejahtera
Damai sejahtera di dalam Kristus adalah kedamaian yang mendalam dan kekal yang hanya Tuhan Yesus dapat berikan di dalam hati, seperti tertulis di Yohanes 14: 27 – ”Damai sejahtera Kutinggalkan bagimu. Damai sejahtera-Ku Kuberikan kepadamu, dan apa yang Kuberikan tidak seperti yang diberikan oleh dunia kepadamu.” Ini adalah damai sejahtera yang berasal dari Roh Kudus semata.

Kelompok 2: Kesabaran, kemurahan dan kebaikan

Kesabaran
Kata ’kesabaran’ di ayat ini dalam bahasa Yunani menggambarkan ketegaran biarpun di-provokasi. Ini tidak dapat dipisahkan dari kesabaran jika kita diperlakukan tidak benar tanpa menjadi marah atau ingin balas dendam. Kesabaran adalah pengampunan, belas kasih, dan pengertian atas kesalahan orang lain.

Kemurahan
Kemurahan atau kelembutan adalah bagian kedua dari Buah Roh yang mengarah keluar. Kata ’kemurahan’ di ayat ini dalam bahasa Yunani berarti kemurahan yang mendalam di dalam karakter kita. Kata ini dipakai beberapa kali di Alkitab dan mengarah ke Trinitas (Mazmur 18: 36, 2 Korintus 10: 1 dan Galatia 5: 23). 2 Timotius 2: 24 berkata bahwa pelayan-pelayan Tuhan tidak boleh berselisih tetapi harus ramah terhadap semua orang.

Kebaikan
Diambil dari bahasa Yunani yang menunjuk ke sifat seseorang yang diatur oleh kebaikan dan yang selalu berusaha untuk berbuat baik (Efesus 5: 9). Dari hati yang baik selalu mengalir kebaikan keluar.

Kelompok 3: Kesetiaan, kelemahlembutan dan penguasaan diri

Kesetiaan
Karakter ini sangat dipuji di dalam Alkitab. Kesetiaan dalam hal-hal kecil adalah ujian karakter yang paling dapat dipercaya, seperti yang Bapa sebutkan didalam perumpamaan talenta: ”Engkau telah setia dalam perkara kecil, aku akan memberikan kepadamu tanggung jawab dalam perkara yang besar” (Matius 25: 21).

Kelemahlembutan
Yesus berkata: ”Berbahagialah orang yang lemah lembut, karena mereka akan memiliki bumi” (Matius 5: 5). Kelemahlembutan adalah memberi perhatian kepada sesama dan selalu peka terhadap hak-hak sesama. Bagaimanakah kita dapat mempraktekkannya? Yesus berkata di Matius 11: 29 bahwa kita hendaknya bersikap ”lemah lembut dan rendah hati”.

Penguasaan diri
Diambil dari bahasa Yunani yang berarti: kuat, berkuasa. Semua pemikiran yang mementingkan daging dari pengertian adalah tidak baik (Roma 8:5). Baca juga 1 Korintus 9: 25-27.

Kelompok yang pertama terutama menggambarkan hubungan vertikal kita dengan Tuhan. Kelompok kedua dapat dilihat sebagai hubungan kita dengan sesama. Kelompok ketiga menggambarkan relasi kita dengan diri kita sendiri, tentang sikap dan perbuatan dari batin kita.

Kategori: Alkitab

Topic Blog: Teologi dan Alkitab

Keywords Blog: Buah Roh

Comments

dianpra's picture

Baru tahu kalau Buah Roh ada kelompoknya

Salam kenal Mas Bule ....
Aku baru tahu nih malahan kalau buah roh itu ada kelompok-kelompoknya .... dan masuk akal juga ya pengelompokannya ....
Thx untuk penjelasannya ....

dari mana pengelompokan itu?

shallom mas bule...

pengelompokan ini baru kali ini aku dengar dan ini cukup memberi pikiran baru deh.. aku mau tanya dari mana pengelompokan itu berasal? Jika dari buku, buku apa? atau dari Tuhan sendiri?

Terima kasih n JBU

Pengelompokan Buah Roh

Hi Hilda,

Tahun ini kami (Kelompok Tumbuh Bersama) menjelaskan "Statement of Faith" di gereja kami (Gereja Kristen Indonesia Nederland). Kami pakai buku:

  • Aan Zijn Voeten (di kakiNya - dari Dr. pdt Van Kooten - di Belanda dia penting di Gereja Protestan).
  • Hidup Baru (Maasbach.com - gereja injili)
  • Heidelberger Catechismus (dari Reformasi)
  • www.GotQuestions.org (Situs Reformasi)
  • Alkitab (of course!!! paling penting)
  • AllaoutGod.com
  • ChristianAnswer.net
  • AnswersInGenesis.org (situs tengang creation vs evolution)

Kami dapat pengelompokan buah Roh dari Maasbach.com (dia penginjil).

Kelompok yang pertama terutama menggambarkan hubungan vertikal kita dengan Tuhan. Kelompok kedua dapat dilihat sebagai hubungan kita dengan sesama. Kelompok ketiga menggambarkan relasi kita dengan diri kita sendiri, tentang sikap dan perbuatan dari batin kita.

Itu hanya gambar ya (Alkitab nggak menyembut ini)...

penginjil Maasbach menjelaskan buah Roh lewat 3 grup. Kalau kita percaya Tuhan kita harus punya buah Roh. Sering kita baca buah-buah Roh kayak kita bisa pilih buah yang mana. Tapi Alktiab jelas...buah Roh (satu buah dari Roh).
Muda-mudahan itu lebih jelas buat Hilda. Dalam bhs Indonesia masih susah untukku.

Semoga Tuhan Memberkati

Mas Bule alias Peter

okey thanks

ehmm...

mungkin sedikit menjawab tetapi ini juga hal yang baru seh buat aku ... kalau menurutku seh ... kita sebagai anak Tuhan harus memiliki ketujuh buah roh yang ada yaitu semua yang telah mas bule sebutkan itu. nah soal buah yang mana saya kira, semua perlu kita miliki...

nah aku sendiri bingungnya dari mana pembagian itu dan bagian mana dari Alkitab yang mendukung pengelompokkan itu?
jadi penasaran neh.. :)

mohon dijelaskan lagi jika bisa mas bule... atau peter...

thx..

Coba lagi: menjelaskan

Hi Hilda,

Di Alkitab nggak disebutkan pengelompokkan buah Roh. Pengelompokkan dari penginjil Maasbach. Kami setujuh dengan pengelompokkan itu...karena itu lebih jelas... Buah berfokus ke Tuha, berfokus ke orang lain dan berfokus diri kita sendiri. Baik pengelompokkan maupun nggak pengelompokkan...penting aja: kita sebagai anak Tuhan harus memiliki kesimbilan buach Roh. Di Alkitab nggak tertulis bahwa ada 3 grup buah Roh. Itu interpretasi penginjul Maasbach.

GBU Mas Bule