Strategi berdialog dengan Ateis

Dari In-Christ Wiki, Wiki Kristen Indonesia
(Perbedaan antar revisi)
Langsung ke: navigasi, cari
k
k
 
Baris 5: Baris 5:
'''1. "Tidak ada Tuhan"'''
'''1. "Tidak ada Tuhan"'''
-
Beberapa ateis secara mentah-mentah menyatakan bahwa tidak ada Tuhan, dan semua ateis, per definisi, mempercayai demikian. Namun, pernyataan ini secara logis tidak dapat dipertahankan. Seseorang harus mahatahu dan mahahadir untuk dapat mengatakan dari "kolam" pengetahuannya sendiri bahwa tidak ada Tuhan. Hanya seseorang yang mampu berada di semua tempat pada saat yang sama - dengan pengetahuan yang sempurna dari semua yang ada di alam semesta - dapat membuat pernyataan seperti itu berdasarkan fakta. Dengan kata lain, seseorang harus menjadi Tuhan untuk mengatakan tidak ada Tuhan. Seseorang yang bukan Tuhan tidak mungkin dapat yakin 100% bahwa Tuhan itu tidak ada.
+
Beberapa ateis secara mentah-mentah menyatakan bahwa tidak ada Tuhan, dan semua ateis, per definisi, mempercayai demikian. Namun, pernyataan ini secara logis tidak dapat dipertahankan. Seseorang harus mahatahu dan mahahadir untuk dapat mengatakan dari "kolam" pengetahuannya (''pool of knowledge'') sendiri bahwa tidak ada Tuhan. Hanya seseorang yang mampu berada di semua tempat pada saat yang sama - dengan pengetahuan yang sempurna dari semua yang ada di alam semesta - dapat membuat pernyataan seperti itu berdasarkan fakta. Dengan kata lain, seseorang harus menjadi Tuhan untuk mengatakan tidak ada Tuhan. Seseorang yang bukan Tuhan tidak mungkin dapat yakin 100% bahwa Tuhan itu tidak ada.
Bagian ini dapat lebih ditekankan dengan menanyakan ateis apakah ia pernah mengunjungi Perpustakaan Kongres di Washington DC. Jelaskan bahwa perpustakaan saat ini berisi lebih dari 70 juta item (buku, majalah, jurnal, dll). Tunjukkan juga bahwa ratusan ribu dari semua ini ditulis oleh para sarjana dan para ahli di berbagai bidang akademik. Kemudian tanyakan pertanyaan berikut: "Berapa persentase pengetahuan kolektif tercatat dalam buku-buku yang ada di perpustakaan ini yang akan Anda katakan berada di dalam kolam pengetahuan dan pengalaman Anda sendiri?" Ateis kemungkinan akan menjawab, "Saya tidak tahu. Saya kira hanya sepersekian persen.." Anda kemudian dapat bertanya: "Apakah Anda pikir, merupakan kemungkinan logis bahwa Allah bisa saja berada di 99,9 persen yang berada di luar kolam pengetahuan dan pengalaman Anda?" Bahkan jika Ateis menolak untuk mengakui kemungkinan itu, Anda telah menyatakan maksud Anda dan dia mengetahuinya.
Bagian ini dapat lebih ditekankan dengan menanyakan ateis apakah ia pernah mengunjungi Perpustakaan Kongres di Washington DC. Jelaskan bahwa perpustakaan saat ini berisi lebih dari 70 juta item (buku, majalah, jurnal, dll). Tunjukkan juga bahwa ratusan ribu dari semua ini ditulis oleh para sarjana dan para ahli di berbagai bidang akademik. Kemudian tanyakan pertanyaan berikut: "Berapa persentase pengetahuan kolektif tercatat dalam buku-buku yang ada di perpustakaan ini yang akan Anda katakan berada di dalam kolam pengetahuan dan pengalaman Anda sendiri?" Ateis kemungkinan akan menjawab, "Saya tidak tahu. Saya kira hanya sepersekian persen.." Anda kemudian dapat bertanya: "Apakah Anda pikir, merupakan kemungkinan logis bahwa Allah bisa saja berada di 99,9 persen yang berada di luar kolam pengetahuan dan pengalaman Anda?" Bahkan jika Ateis menolak untuk mengakui kemungkinan itu, Anda telah menyatakan maksud Anda dan dia mengetahuinya.

Revisi terkini pada 08:08, 23 Desember 2010

Tidak ada yang lahir ateis. Orang-orang memilih untuk menjadi ateis sama halnya mereka memilih untuk menjadi orang Kristen. Dan tidak peduli betapa kerasnya orang-orang mencoba untuk menyangkalnya, ateisme merupakan sebuah sistem kepercayaan. Hal ini membutuhkan iman bahwa Allah tidak ada.

Ketika berdialog dengan ateis, akan sangat membantu untuk menunjukkan masalah logis yang melekat dalam sistem kepercayaan mereka. Jika Anda berhasil menunjukkan ateis hasil alamiah dari beberapa klaim utama dan argumennya, Anda berada dalam posisi yang jauh lebih baik untuk berbagi Injil dengan dia. Mari kita pertimbangkan dua contoh yang utama di sini.

1. "Tidak ada Tuhan"

Beberapa ateis secara mentah-mentah menyatakan bahwa tidak ada Tuhan, dan semua ateis, per definisi, mempercayai demikian. Namun, pernyataan ini secara logis tidak dapat dipertahankan. Seseorang harus mahatahu dan mahahadir untuk dapat mengatakan dari "kolam" pengetahuannya (pool of knowledge) sendiri bahwa tidak ada Tuhan. Hanya seseorang yang mampu berada di semua tempat pada saat yang sama - dengan pengetahuan yang sempurna dari semua yang ada di alam semesta - dapat membuat pernyataan seperti itu berdasarkan fakta. Dengan kata lain, seseorang harus menjadi Tuhan untuk mengatakan tidak ada Tuhan. Seseorang yang bukan Tuhan tidak mungkin dapat yakin 100% bahwa Tuhan itu tidak ada.

Bagian ini dapat lebih ditekankan dengan menanyakan ateis apakah ia pernah mengunjungi Perpustakaan Kongres di Washington DC. Jelaskan bahwa perpustakaan saat ini berisi lebih dari 70 juta item (buku, majalah, jurnal, dll). Tunjukkan juga bahwa ratusan ribu dari semua ini ditulis oleh para sarjana dan para ahli di berbagai bidang akademik. Kemudian tanyakan pertanyaan berikut: "Berapa persentase pengetahuan kolektif tercatat dalam buku-buku yang ada di perpustakaan ini yang akan Anda katakan berada di dalam kolam pengetahuan dan pengalaman Anda sendiri?" Ateis kemungkinan akan menjawab, "Saya tidak tahu. Saya kira hanya sepersekian persen.." Anda kemudian dapat bertanya: "Apakah Anda pikir, merupakan kemungkinan logis bahwa Allah bisa saja berada di 99,9 persen yang berada di luar kolam pengetahuan dan pengalaman Anda?" Bahkan jika Ateis menolak untuk mengakui kemungkinan itu, Anda telah menyatakan maksud Anda dan dia mengetahuinya.

2. "Saya tidak percaya pada Tuhan karena ada begitu banyak kejahatan di dunia"

Banyak ateis berpikir bahwa masalah kejahatan membuktikan bahwa Allah tidak ada. Mereka sering mengatakan sesuatu seperti: "Aku tahu bahwa tidak ada Tuhan karena jika Dia ada, Dia tidak akan membiarkan Hitler membunuh enam juta orang Yahudi."

Pendekatan yang baik untuk sebuah argumen seperti ini adalah mengatakan sesuatu untuk efek ini: "Karena Anda membesarkan masalah ini, beban terletak pada Anda untuk membuktikan kejahatan benar-benar ada di dunia ini. Jadi, saya bertanya: dengan kriteria apakah Anda menghakimi beberapa hal itu sebagai kejahatan atau bukan kejahatan? Dengan proses apa Anda membedakan jahat dari yang baik?" ateis mungkin menghindar dan berkata: "Aku hanya tahu bahwa beberapa hal itu jahat. Itu jelas.." Jangan menerima jawaban mengelak seperti itu. Bersikeraslah menanyakan kepadanya, bagaimana dia tahu bahwa itu merupakan kejahatan. Ia harus dipaksa untuk menghadapi dasar ketidak logisan dari sistem keyakinannya.

Setelah dia berjuang beberapa saat, arahkan pada dia bahwa tidak mungkin untuk membedakan jahat dari yang baik kecuali hanya satu, memiliki titik referensi tak terbatas yang benar-benar baik. Kalau tidak, maka sama seperti perahu di laut di malam gelap tanpa kompas (yakni, tidak akan ada cara untuk membedakan utara dari selatan tanpa titik referensi absolut dari jarum kompas).

Titik referensi yang tak terbatas untuk membedakan baik dari yang jahat hanya dapat ditemukan dalam pribadi Allah, karena Allah sendiri sajalah yang dapat dikatakan "benar-benar baik." Jika Tuhan tidak ada, maka tidak ada moral absolut yang dengan mana seseorang memiliki hak untuk menghakimi sesuatu (atau seseorang) sebagai sesuatu yang jahat. Lebih khusus lagi, jika tidak ada Allah, tidak ada dasar utama untuk menilai kejahatan Hitler. Dilihat dari sudut ini, realitas kejahatan sebenarnya membutuhkan keberadaan Tuhan, bukan malah membuktikan sebaliknya.

Pada titik ini, ateis dapat meningkatkan keberatan bahwa jika Allah memang ada, lalu mengapa Dia tidak mengatasi masalah kejahatan di dunia. Anda dapat melucuti keberatan ini dengan menunjukkan bahwa Allah menangani masalah kejahatan, tetapi dengan cara yang progresif. Asumsi palsu dari ateis pada bagian tersebut adalah bahwa satu-satunya pilihan Allah adalah untuk menangani kejahatan sekaligus dalam satu tindakan. Tuhan, bagaimanapun, sedang menangani masalah kejahatan melalui sepanjang sejarah umat manusia. Suatu hari di masa depan, Kristus akan kembali, melucuti kekuatan kedurjanaan, dan mengumpulkan semua laki-laki dan wanita untuk bertanggung jawab untuk hal-hal yang mereka lakukan selama waktu mereka di bumi. Keadilan akhirnya akan menang. Mereka yang masuk ke dalam kekekalan tanpa beriman kepada Kristus untuk keselamatan akan mengerti bagaimana Allah telah secara efektif menangani masalah kejahatan.

Jika ateis merespon bahwa tidak perlu menggunakan sepanjang sejarah manusia bagi Tuhan yang mahakuasa untuk mengatasi masalah kejahatan, Anda mungkin menanggapi dengan mengatakan: "Ok. Mari kita melakukannya dengan cara Anda.. Hipotesis berbicara, katakanlah pada saat ini, Allah menyatakan bahwa semua kejahatan di dunia sekarang akan hilang begitu saja. Setiap manusia di planet ini, akan lenyap terlupakan. Apakah solusi ini akan lebih baik bagi Anda?"

Ateis mungkin berpendapat bahwa solusi yang lebih baik tentu harus tersedia. Dia bahkan mungkin menyarankan bahwa Tuhan bisa menciptakan manusia sedemikian rupa sehingga manusia tidak akan berdosa, sehingga menghindari kejahatan sama sekali. Ide ini dapat diatasi dengan menunjukkan bahwa skenario seperti itu akan berarti bahwa manusia tidak lagi manusia. Dia tidak lagi memiliki kapasitas untuk membuat pilihan. Skenario ini akan mengharuskan Allah menciptakan robot yang bertindak hanya sesuai yang diprogramkan.

Jika ateis tetap ngotot dan mengatakan harus ada solusi yang lebih baik untuk masalah kejahatan, sarankan sebuah pengujian sederhana. Beri dia sekitar lima menit untuk merumuskan solusi terhadap masalah kejahatan yang (1) tidak menghancurkan kebebasan manusia, atau (2) menyebabkan Allah melanggar sifat-Nya (misalnya, atribut kekudusan-Nya yang mutlak, keadilan, dan belas kasih) dengan berbagai cara. Setelah lima menit, tanyakan padanya apa dia sudah berhasil. Jangan berekspektasi terlalu banyak jawaban.

Tujuan Anda, tentu saja, tidak hanya untuk meruntuhkan sistem kepercayaan ateis itu. Setelah menunjukkan beberapa kemustahilan logis dari klaimnya, berbagilah dengan dia beberapa bukti logis untuk penebusan di dalam Yesus Kristus, dan manfaat tak terbatas yang menyertai. Mungkin melalui kesaksian dan doa Anda, keyakinannya pada ateisme akan dibalik dengan iman yang baru didapatkan dalam Kristus.

(Sebuah artikel dari kolom Tips Kesaksian dari Jurnal Penelitian Kekristenan, Winter/Spring 1989, hal. 7)

Diterjemahkan dari

Peralatan pribadi