Mazmur:Latar Belakang

Dari In-Christ Wiki, Wiki Kristen Indonesia
(Perbedaan antar revisi)
Langsung ke: navigasi, cari
Baris 14: Baris 14:
Mengenai penulis Mazmur-Mazmur ini, kalimat pembukaan menyebutkan Daud selaku penggubah 73 Mazmur, Asaf 12 seorang Lewi yang berkarunia musik dan nubuat, lih. {{alkitab|1Taw 15:16-19}}; {{alkitab|2Taw 29:30}}), bani Korah 10 keluarga dengan karunia musik, Salomo 2, dan masing-masing satu oleh Heman, Etan, dan Musa. Kecuali Musa, Daud, dan Salomo, semua penggubah lainnya adalah imam atau orang Lewi dengan karunia musik dan tanggung jawab dalam ibadah kudus pada masa pemerintahan Daud. Lima puluh Mazmur tidak diketahui penggubahnya. Acuan-acuan alkitabiah dan sejarah memberi kesan bahwa Daud (bd. {{alkitab|1Taw 15:16-22}}), Hizkia ({{alkitab|Ams 25:1}}; bd. {{alkitab|2Taw 29:25-30}}), dan Ezra (bd. {{alkitab|Neh 10:39}}; {{alkitab|Neh 11:22}}; {{alkitab|Neh 12:27-36,45-47}}) terlibat pada waktu yang berlainan dalam memilih Mazmur-Mazmur untuk dipakai bersama di Yerusalem. Penyusunan kitab ini yang terakhir mungkin dilakukan pada masa Ezra dan Nehemia (450-400 SM).
Mengenai penulis Mazmur-Mazmur ini, kalimat pembukaan menyebutkan Daud selaku penggubah 73 Mazmur, Asaf 12 seorang Lewi yang berkarunia musik dan nubuat, lih. {{alkitab|1Taw 15:16-19}}; {{alkitab|2Taw 29:30}}), bani Korah 10 keluarga dengan karunia musik, Salomo 2, dan masing-masing satu oleh Heman, Etan, dan Musa. Kecuali Musa, Daud, dan Salomo, semua penggubah lainnya adalah imam atau orang Lewi dengan karunia musik dan tanggung jawab dalam ibadah kudus pada masa pemerintahan Daud. Lima puluh Mazmur tidak diketahui penggubahnya. Acuan-acuan alkitabiah dan sejarah memberi kesan bahwa Daud (bd. {{alkitab|1Taw 15:16-22}}), Hizkia ({{alkitab|Ams 25:1}}; bd. {{alkitab|2Taw 29:25-30}}), dan Ezra (bd. {{alkitab|Neh 10:39}}; {{alkitab|Neh 11:22}}; {{alkitab|Neh 12:27-36,45-47}}) terlibat pada waktu yang berlainan dalam memilih Mazmur-Mazmur untuk dipakai bersama di Yerusalem. Penyusunan kitab ini yang terakhir mungkin dilakukan pada masa Ezra dan Nehemia (450-400 SM).
 +
<noinclude>
 +
----
 +
Diambil dari:
 +
*''[http://sejarah.sabda.org/bibliografi/penuntun_hidup_berkelimpahan.htm Alkitab Penuntun Hidup Berkelimpahan]''. Gandum Mas dan Lembaga Alkitab Indonesia. CD SABDA-Topik 08003
 +
**http://sejarah.sabda.org/artikel/pengantar_full_life_mazmur.htm
 +
**http://alkitab.sabda.org/article.php?id=19
[[Kategori:Mazmur|{{PAGENAME}}]]
[[Kategori:Mazmur|{{PAGENAME}}]]

Revisi per 08:57, 1 November 2011

Latar Belakang

Judul Ibrani untuk kitab Mazmur adalah tehillim, yang berarti "puji-pujian"; judul dalam Septuaginta (PL dalam bahasa Yunani, dikerjakan sekitar 200 SM) ialah psalmoi, yang berarti "nyanyian yang diiringi alat musik gesek atau petik".

Musik memainkan peranan penting dalam ibadah Israel (1Taw 15:16-22; bd.Mazm 149:1-150:6); Mazmur-Mazmur menjadi nyanyian pujian Israel. Berbeda dengan sebagian besar syair dan nyanyian di dunia Barat yang ditulis dengan sajak dan irama, syair dan nyanyian PL didasarkan pada kesejajaran pemikiran di mana baris-baris kedua atau yang berikutnya pada hakikatnya menyatakan ulang kesejajaran sinonim, memperlihatkan kontras kesejajaran antitetikal, atau secara progresif melengkapi baris yang pertama kesejajaran sintetik. Ketiga bentuk kesejajaran ini dipakai dalam Mazmur. Mazmur terdini yang diketahui digubah oleh Musa pada abad ke-15 SM (Mazm 90:1-17); sedangkan yang paling akhir adalah dari abad ke-6 sampai ke-5 SM mis. Mazm 137:1-9). Akan tetapi, sebagian besar dari Mazmur ditulis pada abad ke-10 SM semasa zaman keemasan puisi Israel.

Judul-judul atau kalimat pembukaan pada permulaan sebagian besar Mazmur (dalam Alkitab Indonesia menjadi bagian dari Mazmur, sekalipun bukan bagian asli dan terilham dari Mazmur, sudah berusia tua sebelum Septuaginta dan penting. Isi dari kalimat pembukaan itu berbeda-beda, meliputi kategori seperti

  1. nama penulis mis. Mazm 47:1-10, "Dari bani Korah",
  2. bentuk Mazmur mis. Mazm 32:1-11, "nyanyian pengajaran" [bah. Inggris "maskil"] syair hasil renungan atau bertujuan mengajar,
  3. istilah-istilah musik mis. Mazm 4:1-9, "Untuk pemimpin biduan. Dengan permainan kecapi",
  4. catatan liturgis mis. Mazm 45:1-18, "Nyanyian kasih" [versi Inggris NIV -- nyanyian pernikahan], dan
  5. catatan sejarah singkat mis. Mazm 3:1-9, "Mazmur Daud ketika ia lari dari Absalom, anaknya".

Mengenai penulis Mazmur-Mazmur ini, kalimat pembukaan menyebutkan Daud selaku penggubah 73 Mazmur, Asaf 12 seorang Lewi yang berkarunia musik dan nubuat, lih. 1Taw 15:16-19; 2Taw 29:30), bani Korah 10 keluarga dengan karunia musik, Salomo 2, dan masing-masing satu oleh Heman, Etan, dan Musa. Kecuali Musa, Daud, dan Salomo, semua penggubah lainnya adalah imam atau orang Lewi dengan karunia musik dan tanggung jawab dalam ibadah kudus pada masa pemerintahan Daud. Lima puluh Mazmur tidak diketahui penggubahnya. Acuan-acuan alkitabiah dan sejarah memberi kesan bahwa Daud (bd. 1Taw 15:16-22), Hizkia (Ams 25:1; bd. 2Taw 29:25-30), dan Ezra (bd. Neh 10:39; Neh 11:22; Neh 12:27-36,45-47) terlibat pada waktu yang berlainan dalam memilih Mazmur-Mazmur untuk dipakai bersama di Yerusalem. Penyusunan kitab ini yang terakhir mungkin dilakukan pada masa Ezra dan Nehemia (450-400 SM).



Diambil dari:

Peralatan pribadi