Dukun Santet Penghilang "BuRuNG"

BathiQoY's picture

Beberapa hari yang lalu saya membaca dalam sebuah surat kabar mengenai dukun santet pengilang dan penciut alat kelamin, mengenai kisah yang menurut saya menarik secara kultural dan spiritual, demikian sedikit cuplikan ceritanya :

Kinshasa – Polisi di Kongo terpaksa mengamankan 13 orang yang nyaris menjadi korban amuk massa. Pasalnya, mereka dicurigai menggunakan ilmu santet untuk mencuri atau menghilangkan alat kelamin laki-laki. Kemampuan mereka tersebut sudah menjadi “kabar burung” yang membuat resah penduduk di ibu kota Kongo, Kinshasa. Rumor tersebut menyebar luas di Kinshasa sejak pekan lalu, bahkan sudah jadi bahan pembicaraan di sejumlah stasiun radio. Para pendengar, khususnya laki-laki, diwanti-wanti untuk waspada bila melihat orang yang mengenakan beberapa cincin emas di angkutan umum. Orang yang berciri-ciri seperti itulah yang diyakini sebagai dukun penghilang alat kelamin. Beberapa orang mengaku kehilangan alat kelamin – atau ada yang bentuknya mengecil – setelah disentuh oleh si dukun. Merasa keresahan di kalangan penduduk sudah di luar akal sehat, polisi setempat akhirnya mengambil tindakan. Polisi tidak saja menangkap orang yang dicurigai sebagai tukang santet, namun juga mereka yang mengaku menjadi korban. Kepala Polisi Kinshasa, Jean-Dieudonne Oleko, Selasa (22/4) lalu, menilai bahwa isu tersebut sengaja diembuskan untuk memeras. Dibantu pengakuan orang yang mengaku menjadi korban, si dukun dengan tipu dayanya berupaya memeras sasarannya dengan berjanji mengembalikan alat kelaminnya ke bentuk semula bila diberi uang.“Kalau korban masih yakin p****nya tidak hilang, si dukun akan berdalih kepada korban bahwa alat kelaminnya telah mengecil atau yang bersangkutan telah menjadi impoten.

Seperti yang biasa kita ketahui kalau negara2 di benua Afrika, begitu kental dengan nuansa mistis dan perdukunannya (emang Indonesia nggak he..he..)yang menarik dibahas dalam kasus ini adalah tingkat pendidikan dan science yang menjadi concern issue. Budaya dari nenek moyang yang mengajarkan hal-hal mistis secara turun-temurun, SUGESTI yang kuat tertanam dalam pikiran manusia.

Bisa anda bayangkan apa yang terjadi jika issue ini ada ada ditengah-tengah bangsa barat. Yang secara budaya bertolak dari fundamental sience yang kuat, mungkin mereka akan berexperimen, dan semakin gencar menjual produk2 yang dianggap bisa menjadi solusi dari penciutan dan penghilngan dari salah satu onderdil manusia tersebut. Pernah ingat virus influenza God Bless U yang melanda Eropa, menurut saya kasus itu masih jauh lebih relevan dengan kasus "burung menghilang" di Kongo ini.

Biasa kita saksikan kalau niche market di Indonesia yang paling menjual alias profitable adalah hal-hal yang bernuansa mistis dan horor, dan fenomena ini menjangkau semua kalangan. mulai dari ABG sampai orang dewasa. "Habis asyik sih", "habis seru sih", tanggapan umum tentang film-film di Bioskop Indonesia.Sungguh prihatin menyaksikannya.

Biasa juga di Radio dan TV swasta kita, banyak dibahas mengenai ramal-meramal, bahkan bisa berlangganan lewat SMS. Nah handai tolan sekalian, perspektif Kristen berkata apa mengenai hal-hal mistikal ini, Apakah ini perbuatan iblis ?, jika begitu maka iblis akan dikambinghitamkan oleh manusia, persis seperti Hawa menyalahkan ular. Atau yang salah adalah manusia sendiri yang dengan begitu bodohnya mau "diperkosa" oleh hal-hal mistikal tersebut. Coba kita banting stir menuju Firman.

I Yohanes:
4:4. Kamu berasal dari Allah, anak-anakku, dan kamu telah mengalahkan nabi-nabi palsu itu; sebab Roh yang ada di dalam kamu, lebih besar dari pada roh yang ada di dalam dunia.

Terjemahan bebas: Kita (Orang Percaya) berasal dari Bapa(Yoh:1:12-13), dan kita telah menaklukan perbuatan2 nabi palsu dan mujizatnya(perbuatan iblis), sebab Roh Kudus ada dalam kita mengatasi segala roh yang ada di dunia.

Jadi Sobat, lupakan saja berita diatas. it's Unqualified for usCool

Kategori: Konseling Kristen

Comments

dianpra's picture

Lawannya Mak Erot

Wah, tu dukun-dukun keliatannya musuhnya Mak Erot ya ...
"Penghilang burung" apa?! mana ada hal-hal mistis yang bisa ngilangin salah satu bagian dari makhluk ciptaan Tuhan yang paling mulia.
Aku setuju sama kamu Bathiqoy, thx buat tulisannya.

BathiQoY's picture

Dukun lagi laris!!

Iya tuh bung dian. Dukun Lagi laris sekarang, coba deh jadi dukun, ketik REG diandukun kirim ke 666, bakal bayak orderan loh hahaha

                                                    -###- 

* James 2:26 >For as the body without the spirit is dead, so faith without works is dead also.

Bless in JC ;o)

dianpra's picture

Bathiqoy, Orderan What?!

Yang ada ntar kalo aku jadi dukun malah digrebeg massa, massa yang pro dukun dan kontra dukun. Yang kontra dukun jelaslah grebeg karna apa ... nah yang pro dukun pada nggrebeg cos jampi-jampiku ngga manjur ..... resiko besar men .... wuakaka

BathiQoY's picture

Orderan dari artis dangdut dan elit Politik loh

hahaha dianpra, kita emang sama sekali gak bakat jadi dukun. Tapi ada dukun berkedok Krsiten juga ya. Dukun itu dulunya kuncung ya di China. Dukun dulu ada untuk bantu perang dan ngegertak musuh

                                                    -###- 

* James 2:26 >For as the body without the spirit is dead, so faith without works is dead also.

Bless in JC ;o)

dianpra's picture

Kuncung?!

Wah kalo soal kuncung malah ga tahu tuh Bathiqoy .....

Iyo jaman dulu dukun ada buat nakutin musuh, kaya yang di film Scorpion King itu kalo ngga salah, yang maen The Rock, tapi di situ dukunnya cakep banget men .....Tongue out

BathiQoY's picture

naksir nih ye

Yapidupap, kalau di kisah King Arthur pasti ada si Mbah Merlin, di Indo lebih banyak lagi. ada kang dedy, kang bodo, mbok loren, mbah permadi.

                                                    -###- 

* James 2:26 >For as the body without the spirit is dead, so faith without works is dead also.

Bless in JC ;o)

tapi bagus gak ada dukun mc tu??

boleh guna dukun tu untuk hukuman org yg perogol..jadi tak jadi nak rogol anak dar org...ada tahu mcm mana nak jumpa dukun yu..silalah email saya kat mirza828@yahoo.com

Visiting a belled locality?

Visiting a belled locality? Why yield a accident by uk Replica watches cutting the original.Why go in for a replica Cartier watch if you can get a absolute one. They say that the Cartier replica watch is cheaper that the absolute one. A lot of of them accede in accord that the Cartier replica watches about as continued as the absolute one. They point out that the Cartier replica watch keeps able time too. Is this the capital acumen why they buy Cartier replica watch? All replica Cartier watches are just a replica watch and even the replica Cartier is annihilation but addition replica watch. Rolex replica watches will advice you to advance your force at the affair and at the aforementioned time ensure that you will not feel the compression if you are mugged and your Rolex replica watches are robbed. There are some admiral who will not achieve for annihilation abroad than the best. They adulation to abrasion one absolute watch for the appointment and addition for the party. Analysis out the advanced ambit of Rolex replica watches. They do not bulk the apple and a lot of humans can calmly allow added than one. If you so want, you can accept added than a dozen of them Cartier Replica watches and yet do not feel the pinch. Some humans are accounted to accept added than a dozen models of these Rolex replica watches with them.

As far as the Replica watches looks and finishing is concerned, these watches accord their absolute namesake a run for their money and as far as advancement time is concerned, you can be blow assured that your Rolex replica watches will never abort you.