RAHASIA DAUD MUDA - TOTALLY REVEALED

BathiQoY's picture

Inilah kisah penggojlogan Daud bin Isai, oleh YHWH
David vs Goliath

Daud hanyalah seorang gembala, seorang anak muda kemerah-merahan yang memiliki kemampuan dan skill dewa alias god's skill dalam mengayun ali-ali. Batu yang bulat mampu menancap di kepala Goliath sang raksasa??.. a miracle. Apakah rahasia yang ada pada Daud sehingga mampu melakukan sesuatu yang dianggap oleh bangsanya sendiri.. MUSTAHIL !?

Goliath membuat orang Israel mengalami ketakutan yang luar biasa dan tidak ada seorangpun yang berani menghadapinya kecuali seorang anak muda yang bernama Daud. Pertempuran antara Umat Pilihan dengan bangsa Filistin dapat menjadi gambaran dalam kehidupan kita bahwa hari-hari ini kita juga sedang diperhadapkan dengan peperangan rohani, persoalan persoalan yang besar, sulit dan nampaknya tidak mungkin untuk dapat dikalahkan. Kalau kita membaca ayat-ayat berikutnya, maka Daud dengan pertolongan dan kekuasaan TUHAN dapat mengalahkan Goliath dan menjadi pemenang. Demikian juga dalam hidup kita: YHWH mampu membawa kita kepada kemenangan. Pertanyaannya: Apa yang dilakukan oleh Daud sehingga dapat mengalahkan Goliath ?

Ada persiapan-persiapan yang dilakukan oleh Daud dalam menghadapi Goliath:

~Mengalahkan keragu-raguan ( I Samuel 17:28-33).
Kalau kita membaca ayat tersebut diatas maka ketika Daud pergi melihat pertempuran, kakaknya yang bernama Eliab memerintahkan Daud supaya kembali kepada pekerjaan menggembalakan kambing dan domba, karena Eliab tahu bahwa Daud tidak mampu dan meremehkannya. Kalau kita membaca ayat berikutnya maka kita menemukan bahwa Saul juga meremehkan atau mengabaikan kemampuan Daud dengan memperbandingkannya terhadap Goliath.

Tanpa kita sadari suara-suara yang mendengung dalam pikiran, hati dan pendengaran kita seringkali melemahkan dan membuat kita jadi tawar hati, tetapi Daud dapat mengalahkannya semua keraguan dan ketakutan yang dikatakan oleh Eliab dan Saul. Ini merupakan pelajaran indah bagi diri kita karena ketika sedang menghadapi persoalan, akan muncul suara yang meremehkan, melemahkan dan meragukan. Tetapi sama seperti Daud, kita mampu dan dapat mengalami kemenangan bersama TUHAN Yeshua (Baca Yesaya 41:10).

~Ketekunan menyelesaikan setiap tanggung jawab (I Samuel 17:34-35).

Terlihat dengan jelas dalam pernyataan Daud tentang persoalan-persoalan yang dihadapinya ketika menggembalakan kambing dan domba ada beruang dan singa yang hendak menerkam dombanya, maka Daud tidak diam begitu saja tetapi bertanggung jawab untuk menyelesaikan.

Bila kita menghadapi persoalan dengan penuh tanggung jawab maka hal itu akan membentuk karakter kita, yaitu setiap kali menghadapi masalah yang besar, kita tidak lari atau meninggalkannya tetapi menghadapinya bersama dengan TUHAN Yeshua. Kalau kita menyelesaikannya akan membentuk karakter kita bertanggung jawab juga dalam perkara yang besar. (Baca Lukas 16:10).

~Pengalaman ditolong TUHAN ( I Samuel 17:36-37).

Ayat ini menjelaskan tentang pengalaman-pengalaman Daud dalam kehidupan sehari harinya dengan pertolongan TUHAN. Pengalaman-pengalaman ini membentuk keyakinan dalam diri Daud bahwa TUHAN yang telah menolong dia untuk mengatasi segala pergumulan, maka TUHAN yang sama yang dipercayai akan menolong dirinya dalam menghadapi Goliath.

Daud memiliki keyakinan akan kuasa dan pertolongan TUHAN yang pernah dialami dalam hidupnya; bahwa peperangannya dengan Goliath juga akan menjadikan YHWH turun tangan untuk menyatakan kuasaNYA dan membawanya kepada kemenangan.

Jika kita pernah ditolong TUHAN maka yakinkan dirimu, TUHAN Yeshua yang tidak pernah berubah, maka DIA TUHAN yang sama yang akan menolong kita tepat pada waktunya dan tidak akan terlambat. Jadikan pengalaman itu motivasi dalam diri kita bahwa TUHAN tidak pernah membiarkan sendirian anak-anak yang mengasihi dan berharap kepadaNYA.

~Percayai akan cara TUHAN (I Samuel 17:47-50).

Dalam pembacaan ayat tersebut maka didapati bahwa Daud mengalahkan Goliath dengan batu yang di lesakkan melalui umbannya, tanpa pedang ditangan. Menurut logika manusia seharusnya peperangan dilakukan dengan menghunus pedang ataupun tombak dan lembing tetapi jelas ayat diatas berkata Daud membunuh Goliath dengan batu dan umban.

Cara-cara TUHAN yang terkadang tidak bisa dilogikakan, tetapi bagian kita adalah mengikuti tuntunanNYA dengan sepenuh hati, maka keberhasilan dan kemenangan TUHAN berikan bagi kita.

Goliath merupakan realitas persoalan-persoalan besar yang ada dihadapan kita dalam hidup ini, dan kita harus menghadapi, melewatinya bersama dengan TUHAN Yeshua. Percayalah Tuhan yang menolong Daud untuk memenangkan pertempuran melawan Goliath adalah TUHAN yang sama yang hari ini kita sembah dan percayai yang juga sanggup dan mampu memberi dan membawa kita kepada kemenangan.

Kategori: Konseling Kristen

Topic Blog: Bahan Renungan Alkitab

Keywords Blog: Daud, David, Goliath, Israel, The Secret