Strategi "KEBODOHAN" ala Iblis - MISTERI KEJATUHAN MANUSIA

BathiQoY's picture

Adam and EveTulisan ini akan "menelanjangi" strategi iblis dari permulaan zaman sampai kepada detik ini. Disinilah terdapat fondasi dasar pola permainan kehidupan manusia dalam menjalani hidupnya beserta lika-liku misterinya.

Adam dan Hawa jatuh dalam dosa karena memakan buah terlarang, bisa diperkirakan terdapat ribuan bahkan jutaan tahun terdapat waktu jeda mulai dari mereka ada, sampai akhirnya mereka jatuh karena disesatkan iblis.

Yang membuat mereka jatuh adalah ular, ular adalah binatang yang paling cerdik dari semua binatang yang ada. Ular dipakai iblis untuk menjalankan misinya menyesatkan manusia.

Lucifer dan pengikutnya yakni 1/3 malaikat dibuang ke bumi, jadi mereka berada dibumi. Lalu iblis terus menerus mengamati kedua manusia Taman Eden tersebut, begitu lama dan TELITI iblis mempelajari ciptaan ALLAH yang paling sempurna itu.

EUREKA.. ternyata iblis sadar kalau manusia punya kelemahan.

Iblis (dalam skala probabilitas) sangat mungkin pernah mencoba membujuk Adam untuk makan buah terlarang. Sehingga iblis mengerti kalau Adam TEGAS dalam menolak rayuan iblis, tapi lemah dengan rayuan wanita.
Jelaslah mengapa iblis tidak mengajak Adam melainkan Hawa. Kemudian iblis merayu Hawa, iblis sadar kalau perempuan mudah tergoda dengan keindahan.

~ Strategi Iblis

Bisa jadi; iblis sering ngerumpi bersama Hawa, bahkan iblis bisa dibilang bagai serigala alim berbulu domba. Dari hari ke hari ia mengadakan pendekatan secara hati ke hati (perasaan), melakukan TRUST INVESTMENT.

Karena manusia itu terdiri atas pikiran, perasaan dan kehendak. Kemungkinan besar Hawa sudah sering menolak ajakan iblis untuk memakan buah terlarang. Tapi ada saatnya Hawa tergoda dan lebih condong yakin kepada iblis daripada mandat Tuhan.

TAPI bukan itu saja inti masalahnya.

Sebelumnya Adam dan Hawa bisa dikatakan anak yang penurut sekali, tidak peduli dengan buah dari pohon baik dan jahat. Bahkan tidak mau menoleh atau bermain-main di dekatnya. Tetapi iblis mengajaknya untuk melihat. Aksi pertama Hawa sebelum jatuh: Ikut.

Kemudian iblis memakai taktik pembuktian terbalik. Nah, iblis berkata; "semua buah di taman ini tidak boleh kamu makan bukan ?" Iblis membiarkan dirinya terlihat "bodoh" dihadapan Hawa, sehingga Hawa menjadi terlihat lebih superior.

Dalam hidup ini manusia dimanapun selalu menyukai 3P yakni; Penerimaan,Persetujuan, dan Penghargaan. Dalam hal ini Hawa diberi kesempatan oleh iblis untuk "membantu" iblis menunjukan pengetahuannya.
Jelas Hawa bersemangat. Aku kan pemelihara Taman ini. Mungkin begitu pikir Hawa. Lalu Hawa menjelaskan secara JELAS kenapa ia dan Adam tidak mau makan buah itu.

Lalu iblis yang "bodoh" menjawab dengan MANTAP; "Itu tidak benar; kalian tidak akan mati."Dalam sekejap si iblis ”bodoh“ menjadi sosok penipu yang berkharisma tinggi. Lalu memberikan penjelasan yang membuat Hawa merasa telah ditipu oleh ALLAH.

Begini katanya;"Allah mengatakan itu karena dia tahu jika kalian makan buah itu, pikiran kalian akan terbuka; kalian akan menjadi seperti Allah dan mengetahui apa yang baik dan apa yang jahat."

~Analisa Kasus
Lihat perbedaan cara iblis memberi informasi sesat dibanding TUHAN dalam memberikan informasi larangan pada Adam.

1. ALLAH berkata;"Engkau boleh makan buah-buahan dari semua pohon di taman ini, kecuali dari pohon yang memberi pengetahuan tentang yang baik dan yang jahat. Buahnya tidak boleh engkau makan; jika engkau memakannya, engkau pasti akan mati pada hari itu juga."

***

Mati?? Adam dan Hawa sama sekali tidak mengerti konsep mengenai kematian. Karena disurga tidak berlaku kematian. Mati adalah sesuatu yang misterius bagi mereka. Mereka tidak memakan buah pohon baik dan jahat karena TUHAN MELARANG mereka memakan ataupun menyentuhnya, dan mereka melakukannya atas dasar PATUH SAJA.

2. Nah, lihat apa yang iblis lakukan, iblis melakukan manipulasi pengertian kepada Hawa. Iblis menjelaskan hal yang sudah DIPAHAMI oleh Hawa, karena itu Hawa lebih diyakinkan dengan perkataan iblis, iblis mengajak Hawa menjadi seperti ALLAH, bukankah ini sama seperti kejatuhan lucifer yang hendak MENYAMAI yang Mahatinggi. Terdapat persamaan antara Hawa dan lusifer, mereka sama-sama ingin SEPERTI Allah, dan mereka JATUH.

Jadi iblis meyakinkan Hawa kalau ada perbedaan mendasar yang tidak dimiliki Hawa dan TUHAN, walaupun Hawa tidak tahu apa itu beda jahat-baik. TAPI iblis memberikan SOLUSI, nah terlihat disini iblis terlihat begitu "manis" seakan-akan ia mampu menolong Hawa. Dan Hawa mungkin berpikir APA SALAHNYA jika ia sama seperti Allah, toh bukan hal yang buruk.

Dengan kata lain, setelah mendengar penjelasan sesat iblis dan KONSEKUENSINYA yang dirasa aman, mungkin Hawa menganggap kalau perintah TUHAN tidak logis, dan penjelasan iblislah yang lebih LOGIS.

*Kejadian
3:6. Perempuan itu melihat bahwa pohon itu indah, dan buahnya nampaknya enak untuk dimakan. Dan ia berpikir alangkah baiknya jika dia menjadi arif. Sebab itu ia memetik buah pohon itu, lalu memakannya, dan memberi juga kepada suaminya, dan suaminya pun memakannya.

Kemudian terjadilah praktek hukum kekekalan momentum (hukum fisika), dimana Hawa melihat buah yang baik dan yang jahat itu menarik, indah, dan sedap dimakan, kemudian langsung take action memetik buah tersebut. Kenapa TUHAN bilang jangan makan ataupun sentuh (raba) buah itu, karena ada hukum kekekalan momentum.

Hawa terpesona dengan keindahan dari buah tersebut. Wanita lemah akan pesona keindahan, sama seperti istri Lot yang menoleh ke belakang, demikian juga dengan Delila "matre" yang mengkhianati Simson yang juga JATUH dirayu wanita.

Laki-laki lemah dengan rayuan dan kecantikan wanita, bisa terlihat tanpa basa-basi Adam langsung ikut makan. Tapi mungkin juga Adam berpikir demikian; Hawa memetik(menyentuh) tapi tidak terjadi apa-apa, maka ia yakin kalau memakannya juga tidak terjadi masalah.

Jadi Adam juga tertipu iblis melalui Hawa, atau parahnya lagi juga menganggap TUHAN berbohong, toh buktinya istriku sudah menyentuhnya dan it's FINE. Mungkin begitu pikirnya.

ZZZappp!! dalam sekejap mereka langsung sadar kalau mereka telanjang.

~Human Nature

Lalu kita mulai melihat fase saling mengkambing-hitamkan mulai dari Adam>Hawa>Ular, kemungkinan Hawa membawa buah tersebut pada Adam, sehingga Adam tidak tahu kalau iblis yang membujuk Hawa, maka dari itu mereka tidak sepakat menuduh si ular SAJA.
Tapi si ular tidak bisa mengkambing-hitamkan siapa-siapa lagi. Karena memang semua penyesatan berpusat darinya, ialah sang iblis sebagai penyesat kasta tertinggi semesta. Demikian ayatnya:

*Yoh.
8:44 Iblislah yang menjadi bapamu dan kamu ingin melakukan keinginan-keinginan bapamu. Ia adalah pembunuh manusia sejak semula dan tidak hidup dalam kebenaran, sebab di dalam dia tidak ada kebenaran. Apabila ia berkata dusta, ia berkata atas kehendaknya sendiri, sebab ia adalah pendusta dan bapa segala dusta.

Lihat kata PEMBUNUH manusia, dan bandingkan dengan MATI pada tragedi Taman Eden dalam kitab Kejadian

jadi jelaslah kalau Ular sang penggoda adalah IBLIS.
Tapi Adam dan Hawa sadar kalau mereka SALAH dengan logika mereka, setelah TERBUKTI mereka merasa telanjang dan takut. Inilah naluri manusia untuk coba-coba, naluri PENASARAN.

Iblis melakukan penyesatan, karena iblis melihat ada CELAH yang menjadi kelemahan manusia yaitu dari PIKIRANNYA, dan hal ini berlaku universal baik Pria maupun Wanita.

Adam-Hawa nekad mengandalkan logika mereka sendiri, padahal mereka punya KESEMPATAN minta penjelasan lebih lanjut terlebih DAHULU kepada TUHAN, tapi mereka tidak melakukannya. Karena mereka (mungkin) menganggap Allah lah yang menipu mereka.

iblis begitu licik, begitu culas dan juga lihai.

Kesimpulan
Apa yang terjadi pada Adam dan Hawa masih menjadi suatu representatif dan gambaran kelemahan manusia sepanjang zaman, pikiran mereka membuat mereka buta, nekad, bahkan menyalahkan Tuhan.

Mereka dikendalikan dan dikuasai EGO (Edging God Out) mereka, lihat bagaimana Hawa merasa dirinya sebagai pemelihara Taman tergoda untuk menunjukan kebolehannya pada ular. Hawa ingin dipuji oleh iblis, teman ngerumpinya yang mungkin sering memuji (sehingga iblis menjadi sadar kelemahan Hawa dan memanfaatkannya).Bukankah biasa kita ketahui jika wanita "lemah" di telinga dan pria "lemah" di mata. Hati-hati dengan pikiran anda sendiri, iblis hanyalah sekedar penggoda dan perayu, anda lah yang melakukan EKSEKUSI TOTAL, ingat selalu BUKAN iblis yang memetikan buah itu dan menyuapkannya ke Hawa.

*I.Pet

5:8. Sadarlah dan berjaga-jagalah! Lawanmu, si Iblis, berjalan keliling sama seperti singa yang mengaum-aum dan mencari orang yang dapat ditelannya.

5:9 Lawanlah dia dengan iman yang teguh, sebab kamu tahu, bahwa semua saudaramu di seluruh dunia menanggung penderitaan yang sama.
Jadi hal ini berlaku Universal.

FIRMAN TUHAN adalah senjata paling ampuh menghadapi iblis, jangan berpegang pada pengertianmu sendiri. Yesus sudah memberikan buktinya saat dicobai dipadang gurun. Begitu juga Adam-Hawa, sudah menjadi pelajaran, mereka tersesat karena mengandalkan pemahaman sendiri.
Mereka tidak sabar untuk memberikan TUHAN; RUANG dan WAKTU sehingga dapat menuntun mereka lebih lanjut.

Semoga menjadi berkat.
El Shadday

Kategori: Konseling Kristen

Topic Blog: Kesaksian

Keywords Blog: Adam, dosa, Hawa, Iblis, iman, Logika, Misteri Taman Eden, Ular

Comments

BathiQoY Belajar Alkitab Yang Benar

BathiQoY, tulisan anda ini benar-benar payah! Menyesatkan! Anda harus belajar Alkitab dengan benar sebelum menulis!

Nama saya hai hai, blogger dari pasar Klewer alias SABDAspace. Silahkan unggah tulisan anda ini di sana maka saya akan beritahu anda di mana kesalahan anda! Namun bila anda ingin saya melakukannya di sini, maka akan saya lakukan di sini.

Anda bebas menghayal ketika menulis cerita pendek, namun ketika mengajarkan kebenaran Alkitab, anda harus melakukannya dengan benar, sebab bila tidak, maka firman Allah katakan, anda harus digantungi dengan batu gilingan dan ditenggelamkan ke air.

salam

hai hai

dianpra's picture

Kenapa ngga jadi pengguna?

Halo Pak hai hai,
kenapa tidak mendaftar menjadi pengguna saja sekalian?

BathiQoY's picture

So Welcome to Hai

Saudara hai-hai jika anda memiliki kebenaran, nyatakanlah kawan. Biar semuanya menjadi jelas. dan tidak asal memfitnah.
Saya selalu ingin belajar dan diajar mengenai seni menjalankan kehidupan dan kebenaran firman.

Ayolah kawan mengapa anda tunda lagi??
saya SAMASEKALI tidak tertarik bergabung ke Klewer, silahkan anda main ke butiq sederhana saya ini, mari ngerumpi dengan hangat dalam terang kasih dan kebenaran Kristus. So.. like Dianpra said, Please join us if you would
syallom

-###-

* James 2:26 >For as the body without the spirit is dead, so faith without works is dead also.

Bless in JC ;o)

Umur Adam 930 Tahun

bisa diperkirakan terdapat ribuan bahkan jutaan tahun terdapat waktu jeda mulai dari mereka ada, sampai akhirnya mereka jatuh karena disesatkan iblis.

Jadi Adam mencapai umur sembilan ratus tiga puluh tahun, lalu ia mati. Kejadian 5:5

Anda dapat wahyu baru? sehingga ayat tersebut di atas harus direvisi?

Lalu iblis terus menerus mengamati kedua manusia Taman Eden tersebut, begitu lama dan TELITI iblis mempelajari ciptaan ALLAH yang paling sempurna itu.
EUREKA.. ternyata iblis sadar kalau manusia punya kelemahan. Iblis (dalam skala probabilitas) sangat mungkin pernah mencoba membujuk Adam untuk makan buah terlarang. Sehingga iblis mengerti kalau Adam TEGAS dalam menolak rayuan iblis, tapi lemah dengan rayuan wanita. Jelaslah mengapa iblis tidak mengajak Adam melainkan Hawa. Kemudian iblis merayu Hawa, iblis sadar kalau perempuan mudah tergoda dengan keindahan.

Ini juga wahyu baru? Dari mana anda tahu? Dapat penglihatan, Tuhan berbisik pada anda atau Iblis ngerumpi dengan anda? ATau anda tahu dari EUREKA?

Bisa jadi; iblis sering ngerumpi bersama Hawa, bahkan iblis bisa dibilang bagai serigala alim berbulu domba. Dari hari ke hari ia mengadakan pendekatan secara hati ke hati (perasaan), melakukan TRUST INVESTMENT.

Karena manusia itu terdiri atas pikiran, perasaan dan kehendak. Kemungkinan besar Hawa sudah sering menolak ajakan iblis untuk memakan buah terlarang. Tapi ada saatnya Hawa tergoda dan lebih condong yakin kepada iblis daripada mandat Tuhan.
TAPI bukan itu saja inti masalahnya

Ini juga wahyu baru? Atau ayat mana yang anda tafsirkan? Anda sedang mengajarkan bahwa makan buah pengetahuan tentang yang baik dan yang jahat bukan kali pertama Hawa tergoda? Ho ho ho ...

Mati?? Adam dan Hawa sama sekali tidak mengerti konsep mengenai kematian. Karena disurga tidak berlaku kematian. Mati adalah sesuatu yang misterius bagi mereka. Mereka tidak memakan buah pohon baik dan jahat karena TUHAN MELARANG mereka memakan ataupun menyentuhnya, dan mereka melakukannya atas dasar PATUH SAJA.

Selanjutnya TUHAN Allah membuat taman di Eden, di sebelah timur; disitulah ditempatkan-Nya manusia yang dibentuk-Nya itu. Kejadian 2:8

Ini juga wahyu baru? Ditafsirkan dari ayat mana?

Prinsip pertama melatih anjing adalah: Jangan menghukum anjing untuk perintah yang tidak dipahaminya. Prinsip ini juga berlaku ketika kita mengajar anak-anak, bahkan orang dewasa. Mustahil Allah menghukum bila Adam dan Hawa tidak memahami apa itu MATI. Adam dan hawa hidup di sebuah taman di Eden, bukan di surga.

Mereka dikendalikan dan dikuasai EGO (Edging God Out) mereka, lihat bagaimana Hawa merasa dirinya sebagai pemelihara Taman tergoda untuk menunujukan kebolehannya pada ular. Hawa ingin dipuji oleh iblis, teman ngerumpinya yang mungkin sering memuji (sehingga iblis menjadi sadar kelemahan Hawa dan memanfaatkannya). Bukankah biasa kita ketahui jika wanita "lemah" di telinga dan pria "lemah" di mata.

Ini juga wahyu baru? Ditafsirkan dari ayat mana?

Alkitab adalah Alkitab, ketika membaca Alkitab, anda bebas berimajinasi namun ada batas-batasnya yaitu Alkitab

Aku berdosa, namun tidak berani berbuat jahat, mustahil menentang kehendakNya!
Kebaikan dirimu, tak berani kusembunyikan, kejahatan diriku, tak berani kuampuni!

BathiQoY's picture

maaf jika tulisanku mengganggu iah iah

1000 maaf bagi iah iah, yang begitu suka berdebat, dan gemar menghakimi orang dengan sebutan "sesat" seperti di situs tetangga. 1.Qoy tidak pandai berdebat. Biarkanlah Qoy menjawab satu kali ini saja dan biar netter in-christ menilai sendiri.

2.Qoy dituduh mendapat wahyu baru. Nope bagi ku ini hanya kemungkinan karena banyak kutulis bisa saja dan berdasar skala probabilitas. soal waktu silahkan baca II Pet 3:8.

3.Wahyu baru? Mustahil wahyu baru, karena Adam dan Hawa secaraDEFACTO sudah jatuh dalam dosa 

Wahyu baru? Mustahil sekali lagi, karena memang DEFACTO iblislah sebagai si penggoda manusia

4.semua tulisan saya KONSISTEN karena tidak melangkahi dan memutar balikan fakta yang SUDAH ADA dan nyata.

Tolong anda jangan suka mencemarkan image orang lain dengan kata sesat seperti yang biasa anda gemar sekali lakukan di situs tetangga. Tapi kalau memang tidak bisa ya saya hands up saja! karena memang sukar.

Bagi anda hanya orang mati yang tidak menghakimi, dengan kata lain orang hidup WAJIB menghakimi. maaf, bagiku hanya orang SOMBONG dan Sok tahu saja, yang begitu gemar menghakimi. Karena menghakimi adalah hak ALLAH saja. 5.Silahkan anda sikat habis komentar saya ini.

Dalam tulisan ini Qoy cuma mau menyerukan agar Orang Percaya menundukan diri sepenuhnya dalam terang kebenaran ALKITAB dan Roh Kudus, sehingga tidak tergoda oleh iblis, dan juga agar tidak memberhalakan logika dan pemahamannya, apalagi sampai menghakimi. Semua tulisan blogku hanya bagi kemuliaan BAPA Sorgawi dalam nama Yahshua HaMasiah saja.Amen

akhir kata: Biar netter disini saja yang menilai. Jadi iah iah alias Hai hai dari pasar Klewer silahkan komentar sepuasnya saya mengaku kalah dalam berdebat dengan logika anda yang Rrrrruar biasaa

                                                    -###- 

* James 2:26 >For as the body without the spirit is dead, so faith without works is dead also.

El Shadday

Kebenaran Yang Tidak Konsisten

Saudara BathiQoy yang terhormat, tanpa mengurangi rasa hormat, saya paham sekarang bahwa anda tidak suka menghakimi itu sebabnya anda menulis:

Saudara hai-hai jika anda memiliki kebenaran, nyatakanlah kawan. Biar semuanya menjadi jelas. dan tidak asal memfitnah.

1000 maaf bagi iah iah, yang begitu suka berdebat, dan gemar menghakimi orang dengan sebutan "sesat" seperti di situs tetangga.

Tolong anda jangan suka mencemarkan image orang lain dengan kata sesat seperti yang biasa anda gemar sekali lakukan di situs tetangga.

maaf, bagiku hanya orang SOMBONG dan Sok tahu saja, yang begitu gemar menghakimi.

Kebenaran yang tidak konsisten, bukan kebenaran sejati namun anda benar-benar konsisten! Itu sebabnya anda menulis:

Saya selalu ingin belajar dan diajar mengenai seni menjalankan kehidupan dan kebenaran firman.

Anda memang benar-benar konsisten kawan! Saya suka orang yang konsisten!

soal waktu silahkan baca II Pet 3:8.

Akan tetapi, saudara-saudaraku yang kekasih, yang satu ini tidak boleh kamu lupakan, yaitu, bahwa di hadapan Tuhan satu hari sama seperti seribu tahun dan seribu tahun sama seperti satu hari. 2 Petrus 3:8
 
Jadi Adam mencapai umur sembilan ratus tiga puluh tahun, lalu ia mati. Kejadian 5:5

930 X 365 X 1.000 = 339.450.000 tahun. Luar biasa! Karena harus konsisten maka kita harus menghitung ulang umur para leluhur yang tercatat di dalam Alkitab, termasuk umur Abraham. Abraham hidup 175 tahun, itu berarti umurnya 175 X 365 X 1.000 = 63.875.000 tahun. Ho ho ho ho … Itu berarti Abraham masih gentayangan hingga saat ini atau kita harus merevisi seluruh catatan sejarah dunia?

Dalam tulisan ini Qoy cuma mau menyerukan agar Orang Percaya menundukan diri sepenuhnya dalam terang kebenaran ALKITAB dan Roh Kudus, sehingga tidak tergoda oleh iblis, dan juga agar tidak memberhalakan logika dan pemahamannya, apalagi sampai menghakimi.

Saudara BathiQoy yang terhormat, tanpa mengurangi rasa hormat, tolong, izinkan saya bertanya, dengan apa anda membangun teori KEMUNGKINAN dan SKALA Probalititas itu? Dengan akal atau maaf, anda cuma mau menyerukan agar orang Percaya menundukan diri sepenuhnya dalam terang kebenaran ALKITAB dan Roh Kudus?

akhir kata: Biar netter disini saja yang menilai. Jadi iah iah alias Hai hai dari pasar Klewer silahkan komentar sepuasnya saya mengaku kalah dalam berdebat dengan logika anda yang Rrrrruar biasaa

Berdebat? Saudara BathiQoy yang terhormat, tanpa mengurangi rasa hormat, saya tidak mengajak anda berdebat sama sekali, saya hanya menyatakan:

BathiQoY, tulisan anda ini benar-benar payah! Menyesatkan! Anda harus belajar Alkitab dengan benar sebelum menulis!

Menanggapi tulisan saya itu anda menulis:

Saudara hai-hai jika anda memiliki kebenaran, nyatakanlah kawan. Biar semuanya menjadi jelas. dan tidak asal memfitnah. Saya selalu ingin belajar dan diajar mengenai seni menjalankan kehidupan dan kebenaran firman.

Nah, komentar saya selanjutnya adalah untuk membuktikan bahwa saya tidak asal fitnah dan mengajari anda dengan menunjukkan di mana kesalahan anda. Bukankah itu permintaan anda sendiri? Saya tidak menuduh anda mendapat wahyu baru namun bertanya apakah anda mendapat wahyu baru atau bagaimana cara anda menafsirkan Alkitab?

Saudara BathiQoY, anda yang mengundang saya ke sini, anda yang mempersilahkan saya menyatakan kebenaran, anda yang tidak suka menghakimi, anda yang tidak memberhalakan logika dan anda yang menyerukan agar Orang Percaya menundukan diri sepenuhnya dalam terang kebenaran ALKITAB dan Roh Kudus sehingga tidak tergoda oleh iblis, dan juga agar tidak memberhalakan logika dan pemahamannya, apalagi sampai menghakimi.

Sedangkan saya? Saya hanya seperti apa yang saya nyatakan dibawah ini:  

Aku berdosa, namun tidak berani berbuat jahat, mustahil menentang kehendakNya!
Kebaikan dirimu, tak berani kusembunyikan, kejahatan diriku, tak berani kuampuni!

 

cabe emang pedes

hahahaha, orang emang baru ketauan sifatnya kalo dah dijejelin cabe.
-nis-

BathiQoY's picture

Iah iah semua sudah selesai dan jelas

hmm sudah kuduga, anda mulai asyik menyerang, dan melakukan propaganda publik. Sebenarnya anda tahu kalau anda setuju dengan tulisan saya. Tapi anda fokus pada hal-hal yang tidak penting. saya tahu, sudah cukup komentar pertama saya menjawab semua. Coba dibaca sekali lagi TUJUAN penulisan blog ini.

Banyak jalan menuju Roma, toh tujuannya hanya Roma yang SATU

bagi sodara nis yang (maaf) SKSD soal sifat saya, lebih baik anda berkomentar yang lebih sehat, tapi gak apa lah biar blogku ramai. puas-puasin yo mas.

-###-

* James 2:26 >For as the body without the spirit is dead, so faith without works is dead also.

Syallom_El Shadday

Tetep Dibahas

Jujur, tadinya sempet jengah juga baca komentar bapak-bapak di atas. Tapi setelah memaknai, aku malah dapet berkat. Bukan nyari kesempatan dari "keributan" di atas, tapi bener loh, justru dengan cara seperti ini, pikiranku malah jadi terbuka, bukan saja tentang apa yang dibahas, tapi juga hal-hal lain, contohnya tentang adanya perbedaan dalam memahami sesuatu, tentang karakter orang, dan tentunya masih banyak lagi, terutama kalo perdebatannya mau dilanjutin Wink

Btw, kalo bisa sih, tetep dibahas aja, supaya bisa jadi pembelajaran bersama.

Gusti Mberkahi.

 

dianpra's picture

Sorry iah iah

Benar kata BathiQoY, ngga masalah mau lewat jalan yang mana, yang penting tujuannya satu -- Roma.
Hormati jalan yang dipilih orang lain ....
Jika seandainya jalan yang mereka pilih salah, arahkan mereka untuk memilih jalan yang benar dengan cara yang benar -- yang tidak menghakimi dan mengolok, toh seandainya mereka pilih jalan yang salah, belum tentu ada unsur kesengajaan, jadi ngga perlu menghakimi mereka layaknya kriminal yang belum melalui proses persidangan.
Bener kata lya, pemahaman dan pemikiran orang beda.
Sorry iah iah .... nada bicara dan tulisan Anda mengesankan kalo Anda orang sombong yang merasa diri paling benar ... Cara Anda mengajar (dan kalo ajaran itu memang benar) dan membenarkan kesalahan, ngga akan berhasil.
Uraikan kebenaran yang Anda anggap benar tanpa menghakimi, biar orang lain yang memutuskan mana yang benar. Jujur, saat saya membaca tulisan Anda, kebenaran yang Anda maksud tertutup oleh nada bicara dan tulisan Anda yang penuh kesombongan.

komentar yang lebih sehat [ala cabe]

dibilang sesat dikit aja kebakaran jenggot, apa itu namanya kalo bukan kepedesan? hahahaha, ga menarik ....

kelupaan saking semangat :-)

eh lupa, comment: 'komentar yang lebih sehat [ala cabe]' itu dari si 'nis' ini yah :)

Siapa Menghakimi Siapa?

Saudara Dianpra anda menulis: 

Halo Pak hai hai, kenapa tidak mendaftar menjadi pengguna saja sekalian?

Itu komentar anda atas komentar pertama saya. Seharusnya anda juga membaca komentar BathiQoY atas komentar saya tersebut. Saya kutip di bawah ini:

Saudara hai-hai jika anda memiliki kebenaran, nyatakanlah kawan. Biar semuanya menjadi jelas. dan tidak asal memfitnah.

Siapa yang mulai unjuk RASA? Siapa yang mulai berbicara SOPAN? siapa yang mulai menjadi JAKSA dan HAKIM? Siapa yang mulai menyombongkan diri? Saya hanya membalas ke-SOPANAN dengan sopan pula.

Saudara Dianpra, silahkan baca komentar BathiQoY atas komentar kedua saya. Silahkan hitung, berapa kali dia menuduh saya? Satu-satunya jawaban yang dia berikan dengan referensi adalah II Petrus3:8. Sisanya ...? silahkan baca sekali lagi, betapa tidak menghakiminya dia dan betapa tidak sombongnya dia!

Saya hanya membalas semua sopan santunnya kawan!

Anda menulis:

Sorry iah iah .... nada bicara dan tulisan Anda mengesankan kalo Anda orang sombong yang merasa diri paling benar ... Cara Anda mengajar (dan kalo ajaran itu memang benar) dan membenarkan kesalahan, ngga akan berhasil. 

Uraikan kebenaran yang Anda anggap benar tanpa menghakimi, biar orang lain yang memutuskan mana yang benar. Jujur, saat saya membaca tulisan Anda, kebenaran yang Anda maksud tertutup oleh nada bicara dan tulisan Anda yang penuh kesombongan.

Ha ha ha ha ... Anda benar-benar konsisten dengan ucapan anda! "TANPA MENGHAKIMI!" Ha ha ha ha ... Siapa yang menghakimi siapa mas? Saya menghakimi tulisan, saya memberikan data dan analisa dengan lengkap. Saya menyatakan kesombongan orang lain dengan cara yang mereka gunakan! Lalu tiba-tiba saja kebenaran Alkitab yang dibahas dilupakan digantikan dengan menghakimi iah iah sambil berteriak tidak menghakimi? Menuduh sambil berteriak tidak menuduh?     

Aku berdosa, namun tidak berani berbuat jahat, mustahil menentang kehendakNya!
Kebaikan dirimu, tak berani kusembunyikan, kejahatan diriku, tak berani kuampuni!

dianpra's picture

Penghakimanmu

"BathiQoY, tulisan anda ini benar-benar payah! Menyesatkan! Anda harus belajar Alkitab dengan benar sebelum menulis!"

Itu salah satu penghakiman Anda, pak Hai.

Penghakiman itu adalah salah satu dan yang pertama di postingan ini.

Sudahlah, Anda hanya main kata ... Bisa saja diteruskan, tapi apa gunanya. Toh, pemikiran kita dalam hal ini bertentangan, dan akan selalu seperti itu jika diteruskan. Saya sudah mengutarakan pemikiran saya tentang tulisan Anda, pun Anda.

Mari Kita Bahas Lya

Baik lya, mari kita bahas tulisan itu. Saya janji, selanjutnya hanya akan membahas tulisan itu, tidak pribadi penulisnya dan tidak pula tuduhan tuduhan kepada saya, hanya tulisan itu.

tolong beritahu bila anda tidak suka gaya bahasa saya ya, please?   

Aku berdosa, namun tidak berani berbuat jahat, mustahil menentang kehendakNya!
Kebaikan dirimu, tak berani kusembunyikan, kejahatan diriku, tak berani kuampuni!

Bayanganku

Wah...aku seneng banget kalo mang tulisan di atas akan terus dibahas, terutama kalo tetap dibahas di Situs ini. Tapi, kalo aku boleh ngomong, menurutku, apa ga lebih baik kita sama-sama bersihkan dulu hati kita dari semua praduga hakim-menghakimi seperti di atas?

Tau ga, gara-gara baca komentar kalian, aku tadi sempet membayangkan sesuatu. Kita tuh lagi ada di suatu ruangan dengan kursi-kursi dan meja besar, kayak ruang pertemuan gitu. Aku duduk di tengah-tengah BathiQoy n hai hai yang duduk bersebelahan. Dianpra kayaknya ada di tengah juga, tapi lebih condong sedikit ke BathiQoy. Trus ada nis yang duduk di luar area kita tapi masih ada di ruangan yang sama, tapi lebih suka jadi suporter aja. Trus karna keliatannya suasana dah membuatku kurang sejahtera, tiba-tiba aku teriak, "STOP!".

Hehehehe....mudah-mudahan gambaranku salah. Begini kali ya susahnya di tengah-tengah para bapak yang sedang berdebat Surprised

Alasan aih aih Menegur Dengan Keras

Lya, baiklah saya jelaskan secara panjang lebar kenapa memberi komentar begitu keras atas tulisan BathiQoY. Semoga anda cukup sabar untuk membacanya.

Umat Kristen menganut paham PENCIPTAAN (Creationism), Alkitab mencatat bahwa Allah menciptakan alam semesta dalam 6 hari. Kaum EVOLUSIONISME percaya bahwa langit dan bumi terbentuk dari proses evolusi selama jutaan tahun. Dari kedua ekstrim itu lalu muncul isme-isme baru di kalangan Kristen, berikut ini dua di antaranya:

Theistic Evolution – Evolusi Ketuhanan yang mempercayai Allah sebagai pencipta yang kemudian membiarkan ciptaanNya berevolusi sendiri. Manusia adalah puncak evolusi dari mikro organisme.

Old Earth creationism  - Bumi Tuaisme yang walaupun menolak teori evolusi namun percaya bahwa bumi ini sudah berumur jutaan, bahkan milyaran tahun.

Alkitab mencatat, umur Adam 930 tahun. Apabila ada orang Kristen mengajarkan PERKIRAAN jeda waktu ribuan bahkan jutaan tahun antara Penciptaan hingga manusia jatuh di dalam dosa, maka kita segera tahu bahwa dia tidak percaya Allah menciptakan langit dan bumi dalam 6 hari, apalagi ketika dia mengajukan II Pertus 3:8, 1 hari Allah = 1000 tahun manusia sebagai dasar keyakinannya. Itu bukan kesalahan yang tidak disengaja namun sedang mengajarkan doktrin yang bertentangan dengan ajaran Alkitab.

Apabila 1 hari Allah = 1000 tahun manusia, itu berarti Allah menciptakan dunia selama 6000 tahun dan umur Adam 930 X 365 X 1000 = 339.450.000 tahun. Bagaimana dengan tahun-tahun lain di Alkitab? Walaupun membela diri dengan menyatakan bahwa II Petrus 3:8 hanya berlaku bagi penciptaan alam semesta serta Adam dan Hawa di taman Eden, namun tidak berlaku lagi setelah mereka diusir dari sana, namun itu dengan keyakinan demkian kita terpaksa harus percaya bahwa Allah ada di bawah KUASA WAKTU, walaupun waktu Allah berjalan lebih lambat dibanding waktu manusia yaitu 1 hari berbanding 1000 tahun.
 
Agama Pagan mengajarkan adanya dua makluk ilahi yang bertarung dari kekal hingga kekal yang satu jahat yang satu baik, kedua-duanya saling bertarung memperebutkan manusia. Sebagian orang Kristen menganggap ajaran itu BENAR, mereka lalu menggunakannya untuk memahami Alkitab, maka Allah dan Iblis pun bertarung memperebutkan manusia sejak penciptaan hingga kiamat nanti. Setelah kiamat nanti para pengikut Allah akan tinggal di Surga dengan Allah sebagai Rajanya sedangkan yang ikut setan akan tinggal di NERAKA dengan iblis sebagai rajanya.

Iblis menawarkan kesaktian yang melaluinya manusia bisa hidup berkelimpahan, berkuasa, sehat dan panjang umur. Ilmu untuk kaya namanya pesugihan, ilmu untuk berkuasa namanya pelet, ilmu untuk sehat namanya pengobatan gaib, ilmu untuk pergi kemana saja dalam 3 langkah namanya saipi angin, ilmu untuk bangkit dari kematian namanya rawa rontek (mati, kena tanah, bangkit lagi). Semua ilmu ada, bahkan ilmu untuk mengendalikan hujan, berjalan di atas air, menyelam ke dasar samudera, membunuh musuh dari jarak jauh bahkan mencomot rohnya.

Allah menawarkan kesaktian yang hampir sama sambil kampanye bahwa Dia yang paling berkuasa bahkan menjanjikan kehidupan luar biasa di surga nanti. Walaupun mengajarkan penghukuman di neraka namun nyatanya mereka juga mengajarkan bahwa Iblis adalah raja neraka dan di neraka tidak ada Allah.

Lya, apakah kepercayaan tersebut di atas adalah kepercayaan Kristen yang diajarkan Alkitab?

Adam dan Hawa sama sekali tidak mengerti konsep mengenai kematian. Karena disurga tidak berlaku kematian. Mati adalah sesuatu yang misterius bagi mereka. Mereka tidak memakan buah pohon baik dan jahat karena TUHAN MELARANG mereka memakan ataupun menyentuhnya, dan mereka melakukannya atas dasar PATUH SAJA.

Jadi iblis meyakinkan Hawa kalau ada perbedaan mendasar yang tidak dimiliki Hawa dan TUHAN, walaupun Hawa tidak tahu apa itu beda jahat-baik.

Karena manusia itu terdiri atas pikiran, perasaan dan kehendak. Kemungkinan besar Hawa sudah sering menolak ajakan iblis untuk memakan buah terlarang. Tapi ada saatnya Hawa tergoda dan lebih condong yakin kepada iblis daripada mandat Tuhan. 

Ketiga paragraf tersebut di atas disimpukan dalam satu Teori, namanya TRUST INVESTMENT! Kenapa manusia meninggalkan Allah untuk mengikut Iblis? Karena TRUST INVESTMENT! Iblis lebih jago membujuk! Kenapa Manusia patuh kepada Allah? Karena TRUST INVESTMENT!

Adam dan Hawa tidak tahu apa itu jahat dan apa itu baik bahkan mereka sama sekali tidak tahu apa itu hidup dan apa itu mati. Allah membangun TRUST INVESTMENT dengan cara yang salah, menggunakan hal-hal abstrak yang tidak dipahami oleh manusia sama sekali. Ketika belum bertemu Iblis, Adam dan Hawa patuh kepada Allah hanya atas dasar PATUH SAJA! Karena tidak ada pesaing, karena tidak ada pilihan lain. Ketika Iblis muncul dan membangun TRUST INVESTMENT yang lebih baik, maka TRUST INVESTMENT kepada Allah langsung musnah berantakan, itu sebabnya Adam dan Hawa mengikut Iblis, bukan karena mereka jahat namun karena TRUST INVESTMENT! 

Lya, saya sudah membeberkan pemahaman saya atas tulisan yang saya baca, bila pemahaman saya itu salah, tolong beritahu saya di mana salahnya agar saya dapat membenahi diri.  

Aku berdosa, namun tidak berani berbuat jahat, mustahil menentang kehendakNya!
Kebaikan dirimu, tak berani kusembunyikan, kejahatan diriku, tak berani kuampuni!

Buat Mr/ms/mrs hai hai or whoever whose name hai hai

Smile
BathiQoY, tulisan anda ini benar-benar payah! Menyesatkan! Anda harus belajar Alkitab dengan benar sebelum menulis!
Hai hai.. mbo ya jadi org itu sabar dikit penuh pengertian..
jangan pedas pedas kasih komentar..
itu bukan masalah penting yang bisa mengganggu keselamatan kita, jadi prinsipnya jadi manusia itu kadang kadang harus bisa menjadi manusia yang full of cin cai gitu lho
He..he bercanda saja mudah2an jangan ngambek

Mohon Maaf!

Halo whoever you are, terima kasih nasehatnya. Setelah saya baca ulang memang nampaknya saya terlalu berlebihan dalam memberi komentar, terlalu keras. Hal itu memancing reaksi yang keras pula yang lalu saya komentari lebih keras lagi.

Mohon maaf, kepada BathiQoY, mas dianpra dan lya serta pengguna serta tamu lainnya karena sudah menimbulkan ketidaknyamanan. Saya janji, lain kali akan lebih berhati-hati ketika memberi komentar dan tolong tegur saya bila saya kumat!

Aku berdosa, namun tidak berani berbuat jahat, mustahil menentang kehendakNya!
Kebaikan dirimu, tak berani kusembunyikan, kejahatan diriku, tak berani kuampuni!

BathiQoY's picture

hanya sedikit masalah salah paham saja koq :-)

Ternyata hanya salah paham saja dengan kawanku iah iah

Ok.. aku ingin sedikit komentar saja. Dalam blogku aku menjelaskan agar kita belajar untuk selalu mengedapankan ALLAH dalam setiap keputusan dan tindakan. Sehingga tidak melakukan kesalahan seperti Adam-Hawa.

Yang memang DE FACTO sudah terjadi Tapi bung iah iah malah membahas TRUST INVESTMENT, dan bilang iblis lebih jago. Padahal dari tulisanku tidak pernah bilang begitu loh. Mau iblis lebih jago atau apalah kata iah iah, terserah.

Karena itu penafsiran iah iah sendiri. Ini yang aku tekankan: Yang utama dan terutama dalam segala hal dahulukan Tuhan dalam segala hal. Maka kita tidak akan termakan godaan iblis yang mendatangkan kebinasaan, melainkan setia dan tunduk kepada Allah. Jadi kesalahan dari Adam-Hawa tidak terulang kepada kita keturunannya. tolong sekali lagi kepada iah iah untuk memahami maksud dari tulisan saya. trims bung

                                                    -###- 

* James 2:26 >For as the body without the spirit is dead, so faith without works is dead also.

Syallom_El Shadday

BathiQoY, tulisan Anda Salah?

BathiQoY, menurut saya tulisan anda salah. motivasi anda mungkin benar, namun tulisan anda salah. Dan saya sudah memperlihatkan kesalahannya. bila kesimpulan  saya atas tulisan anda salah, tolong beritahu saya di mana salahnya, atau kalimat mana yang salah saya pahami.

1 . Ada masa jeda ribuan bahkan jutaan tahun sejak penciptaan hingga jatuh dalam dosa, pendapat and itu salah.

2. Adam dan Hawa tidak memahami sepenuhnya perintah Allah dan tidak memahami konsekuensi hukumannya bila melanggar, pendapat anda salah. Adam dan Hawa memahami perintah Allah 100% dan memahami konsekwensinya 100%.

Aku berdosa, namun tidak berani berbuat jahat, mustahil menentang kehendakNya!
Kebaikan dirimu, tak berani kusembunyikan, kejahatan diriku, tak berani kuampuni!

BathiQoY's picture

Iah iah silahkan nyatakan KEBENARAN anda secara MUTLAK

Terima kasih anda sudah lebih tenang

1.Menurutku masalah waktu dari umur bumi masih menjadi misteri, makanya aku masih memperkirakannya. Karena ada zaman-zaman lithikum yang sudah berusia jutaan tahun.  Pada kitab kejadian dikatakan Tuhan menciptakan segala sesuatunya pada hari yang sekian. Apakah anda bisa beri jaminan 100% anti gugat,Tuhan menciptakannya yang  disebut hari 1-7, SAMA dalam standard 24 jam manusia ?? jika bisa; terima kasih

2.Apa anda bisa beri jaminan 100% dari pernyataan anda,kalau Adam dan Hawa memang JAHAT dan sengaja melakukan dosa ?

karena anda menulis: itu sebabnya Adam dan Hawa mengikut Iblis, bukan karena mereka jahat namun karena TRUST INVESTMENT!

Dengan kata lain anda maksudkan kejatuhan Adam-Hawa hanya menunggu waktu saja. Tidak perlu ada peran iblis.

maaf bung iah-iah, apa anda ingin mengajarkan suatu wahyu BARU???

hmm tampaknya fondasi anda memahami tulisan saya salah, dari konsep ini ya: Prinsip pertama melatih anjing adalah: Jangan menghukum anjing untuk perintah yang tidak dipahaminya. Prinsip ini juga berlaku ketika kita mengajar anak-anak, bahkan orang dewasa.

Mengapa anda menyamakan sang Imago Dei (manusia) dengan ANJING ?? darimana ayatnya?? apa anda ingin mengajarkan wahyu BARU??? manusia adalah manusia, anjing adalah anjing. Manusia bukan anjing dan anjing bukan manusia. Mari kita sepakati itu dulu.

hmm iah iah, bukankah anda yang pertama menyebut tulisan saya MENYESATKAN. Kemudian mengumbar-umbar tentang kebenaran Alkitab kepada semua pembaca. Sekarang alangkah bijaksananya kalau anda yang menjelaskan dasar pemahaman dari komentar-komentar anda yang saya pertanyakan sebagai wahyu baru.

Saya yakin banyak netter disini menunggunya. Biar kami lihat Konsistensi anda secara MUTLAK, tidak perlu anda berkoar-koar. Jika anda memiliki kebenaran ABSOLUT, hanya diperlukan satu gonggongan mantap saja bukan ?

                                                    -###- 

* James 2:26 >For as the body without the spirit is dead, so faith without works is dead also.

Syallom_El Shadday

Satu Gonggongan dari iah iah

Alkitab adalah Firman Allah. Alkitab ditulis oleh manusia yang mendapat ilham dari Allah dan ditujukan kepada umat manusia. Itu sebabnya Alkitab ditulis dalam bahasa manusia dan mengikuti tata bahasa manusia, melibatkan sejarah dan kebudayaan manusia. Alkitab mencatat: Allah menciptakan alam semesta dalam enam hari.

“Jadilah petang dan jadilah pagi”

Kalimat itu adalah JAMINAN bagi siapapun yang mempercayai Alkitab adalah Firman Allah, untuk meyakini bahwa Allah menciptakan alam semesta dalam enam hari. Tidak ada petang dan pagi mingguan, tidak ada petang dan pagi bulanan, tidak ada petang dan pagi tahunan apalgi petang dan pagi 1000 tahunan.

Ada Teori, dikatakan TEORI karena itu hanya DUGAAN berdasarkan logika manusia, bila terbukti secara ilmiah, tidak disebut teori lagi namun HUKUM. Teori Evolusi hanya sebuah teori, namun HUKUM Pascal sudah terbukti secara ilmiah, itu sebabnya tidak disebut teori lagi. Ada teori bahwa bumi sudah berusia jutaan bahkan milyaran tahun, namun itu bukan HUKUM, hanya teori karena belum terbukti secara ilmiah. Bagaimana para ilmuwan mengukur umur penemuan-penemuan Arkeologi? Dengan mengukur kandungan karbon di dalam benda-benda atau fosil-fosil tersebut. Berapa lama kandungan Karbon dalam tubuh makluk hidup (tumbuhan, binatang dan manusia) habis terurai? Maksimal 5.000 (lima ribu tahun). Berapa akurat uji karbon menentukan usia fosil makluk hidup? Para ilmuwan masih berdebat tentang hal itu. Dengan apa fosil-fosil yang berusia ratusan ribu bahkan jutaan tahun diukur umurnya? Dengan uji KARBON sedangkan karbon habis terurai maksimal 5000 tahun. Apakah saya memberhalakan akal atau saya percaya Alkitab adalah Firman Allah?

BathiQoY, anda benar 100%, anjing adalah anjing dan manusia adalah manusia. Manusia yang berusaha memanusiakan anjing adalah manusia yang tidak berperi keanjingan. Anda kembali benar 100%, anjing hanya anjing sedangkan manusia adalah sang Imago Dei, gambar dan rupa Allah. Saya katakan, prinsip utama melatih anjing adalah:

Jangan menghukum anjing untuk perintah yang tidak dipahaminya. Prinsip ini juga berlaku ketika kita mengajar anak-anak, bahkan orang dewasa.

Tidak ada satu kalimatpun di dalam komentar saya yang menyamakan manusia dengan anjing. Sungguh mengherankan anda menafsirkan kalimat tersebut di atas berarti saya menyamakan manusia dengan anjing. Saya hanya menjelaskan kepada anda prinsip utama untuk melatih anjing, mengajar anak-anak, bahkan orang dewasa. Maaf kawan, tidak ada firman baru sama sekali apalagi yang menyamakan manusia dengan anjing. Namun, bila anda bertanya, maka saya dengan senang hati menjelaskan kepada anda kenapa prinsip utama melatih anjing adalah “Jangan menghukum anjing untuk perintah yang tidak dipahaminya!” Karena kalimat itu original dari saya, prinsip itu saya ajarkan kepada siapa saja yang memelihara anjing dan ingin melatih anjingnya. Prinsip yang sama juga saya ajarkan kepada siapa saja yang ingin menjadi orang tua dan guru yang baik.

Bukankah anda yang mengajarkan demikian:

Dari hari ke hari ia mengadakan pendekatan secara hati ke hati (perasaan), melakukan TRUST INVESTMENT.

Bukankah anda yang mengajarkan bahwa Adam dan Hawa tidak memahami perintah Allah sama sekali karena mereka tidak tahu apa itu jahat dan baik dan apa itu mati? Bukankah anda yang mengajarkan bahwa mereka patuh hanya sekedar patuh? Patuh sekedar patuh, bukankah itu TRUST INVESTMENT? Anda pula yang mengajarkan bahwa mereka berbuat dosa karena Iblis berhasil membangun TRUST INVESTMENT atas mereka?

BathiQoY, saya menentang ajaran anda karena bertentangan dengan ajaran Alkitab dan saya tidak omong kosong atau main KIRA-KIRA apalagi PROBALITAS. Sekali lagi, maaf, tidak ada wahyu baru sama sekali karena wahyu itu tercatat di dalam Alkitab, berapa ayat yang diperlukan untuk meyakinkan anda? Minimal saya bisa menunjukkan 30 ayat kepada anda. Tidak ada wahyu baru sama sekali, semuanya tercatat di dalam Alkitab.

Tetapi tiap-tiap orang dicobai oleh keinginannya sendiri, karena ia diseret dan dipikat olehnya. Yakobus 1:14

Dan apabila keinginan itu telah dibuahi, ia melahirkan dosa; dan apabila dosa itu sudah matang, ia melahirkan maut. Yakobus 1:15

supaya waktu yang sisa jangan kamu pergunakan menurut keinginan manusia, tetapi menurut kehendak Allah. I Petrus 4:2

Karena keinginan daging adalah maut, tetapi keinginan Roh adalah hidup dan damai sejahtera. Roma 8:6

Sebab keinginan daging adalah perseteruan terhadap Allah, karena ia tidak takluk kepada hukum Allah; hal ini memang tidak mungkin baginya. Roma 8:7

Maksudku ialah: hiduplah oleh Roh, maka kamu tidak akan menuruti keinginan daging. Galatia 5:16

Barangsiapa menjadi milik Kristus Yesus, ia telah menyalibkan daging dengan segala hawa nafsu dan keinginannya. Galatia 5:24

BathiQoY, Kemungkinan besar anda akan menggunakan ayat ini untuk menyerang balik komentar saya.

Iblislah yang menjadi bapamu dan kamu ingin melakukan keinginan-keinginan bapamu. Ia adalah pembunuh manusia sejak semula dan tidak hidup dalam kebenaran, sebab di dalam dia tidak ada kebenaran. Apabila ia berkata dusta, ia berkata atas kehendaknya sendiri, sebab ia adalah pendusta dan bapa segala dusta. Yohanes 8:44

Apa keinginan Iblis? Keinginan Iblis adalah agar manusia MENGIKUTI keinginan dagingnya. Anda pasti akan bertanya dari mana saya mengetahui hal itu, apakah itu wahyu baru? Bila bukan wahyu baru, anda pasti akan menuntut saya untuk memberikan ayat-ayatnya. Benarkah demikian?

Andaikata anda punya seorang anak berumur 4 tahun sedang bermain di halaman rumah, lalu datang seorang lelaki menghampirinya dan menyatakan padanya bahwa papanya tidak punya hand phone, lalu anak anda menyatakan sebaliknya. Lelaki itu lalu menyuruhnya memperlihatkan HP anda kepadanya. Anak anda lalu mengambil HP anda yang terletak di atas mejar lalu menunjukkannya kepada lelaki itu. Lelaki itu lalu menyatakan dia akan pergi bertanya kepada temannnya apakah HP itu asli atau tidak. Dia lalu pergi.

Apakah anda akan menghajar anak anda yang berumur 4 tahun itu habis-habisan, karena dia begitu mudah tertipu? Nah, BathiQoY, itulah yang saya maksudkan dengan prinsip:

Jangan menghukum anjing untuk perintah yang tidak dipahaminya.

Apabila seorang pelatih anjing yang manusia mempraktekkan prinsip demikian pada anjing yang dilatihnya, bukankah orang tua dan guru harus berlaku lebih baik dari pelatih anjing itu? Apabila orang tua dan guru berlaku demikian, bukankah Allah pasti berlaku lebih baik lagi?

Saya mengerti, banyak orang Kristen percaya pada teori  bahwa pada mulanya semua makluk hidup itu abadi, tidak ada kematian di taman Eden. Makluk hidup menjadi fana (bisa mati) setelah manusia jatuh di dalam dosa. Bila tidak keberatan, silahkan mampir di kios hai hai di  SABDAspace untuk membaca tulisan Taman Eden - Misteri Pohon Kehidupan.

BathiQoY, kenapa anda menuduh saya memiliki kebenaran Absolut? Bukankah saya hanya menyampaikan pendapat saya bahwa tulisan anda menyesatkan dan saya sudah menjelaskannya panjang lebar? Bukankah saya juga mengakui bahwa pemahaman saya akan ajaran Alkitab itu bisa salah, oleh karena itu saya menghimbau anda dan yang lainnya untuk menguji tulisan saya dan memberitahu saya bila melihat kesalahan saya? Anda benar, saya hanya bisa menggonggong, semoga gonggongan saya bermanfaat bagi anda.   

Aku berdosa, namun tidak berani berbuat jahat, mustahil menentang kehendakNya!
Kebaikan dirimu, tak berani kusembunyikan, kejahatan diriku, tak berani kuampuni!

BathiQoY's picture

Thank You atas gonggongan iah iah

1.Oke .. thank you soal waktu penciptaan yang memang sebaiknya kita IMANI begitu, karena tiada yang mustahil bagi Allah, sekalipun misalnya ditulis pada jam 1 atau detik 1. Dan memang saya tulis sebagai perkiraan. Ya intinya lebih kepada iman, betul ? karena anda juga belum ada pada waktu itu.

Tapi karena IIPet 3:8 menyatakan tentang 1 hari, bukan 1 jam atau 1 detik  , maka saya juga berasumsi begitu. Kecuali ayat petrus tersebut tidak pernah ada, tentu tidak ada perkiraan lain. Ok.. no problem, yang penting secara De FACTO semuanya adalah ciptaan Allah, sesuai kehendak dan waktuNYA

2.Mengenai iblis yang ingin agar manusia mengikuti keinginan dagingnya. Bukankah justru secara panjang lebar saya jabarkan kelemahan(kedagingan) manusia yang dimanfaatkan iblis. BUKAN iblis yang memetik dan menyuapkan ke Hawa. Justru tulisan saya yang sedarinya menyatakan iblis menggoda selaras dengan keinginan daging manusia!! maaf, menurut saya anda cuma muter-muter dan menyatakan seakan-akan saya yang salah. Padahal anda setuju

lihat tulisan anda: Apa keinginan Iblis? Keinginan Iblis adalah agar manusia MENGIKUTI keinginan dagingnya.

3. iah iah menulis: "BathiQoY, kenapa anda menuduh saya memiliki kebenaran Absolut?" waduh.. anda terlalu sensitif, bukankah anda sendiri yang yakin dengan kebenaran absolut anda sehingga menulis judul post seperti itu(satu gonggongan dari iah iah). Sedangkan saya, saya cuma ingin memastikan saja apa anda memang punya kebenaran absolut, SEHINGGA tidak perlu repot2 menuduh orang lain menyesatkan.

4. Saya tidak terlalu permasalahkan soal mengerti baik-buruk dan keabadian. Yang saya tarik benang merahnya adalah MATI Taman Eden dan PEMBUNUH oleh iblis pada Yoh.8:44

Ok, saya kira semua sudah jelas. Semua orang berhak bersuara dan berpendapat, dan juga berhak memilih. Tulisan saya hanya tulisan saja, tidak ada dogma dan wahyu baru.

Kesimpulannya sama: "hiduplah oleh Roh bukan daging." (Gal. 5 22-24)

                                                    -###- 

* James 2:26 >For as the body without the spirit is dead, so faith without works is dead also.

Syallom_El Shadday

Lya, Silahkan Memilih

BathiQoY menulis:
Ok, saya kira semua sudah jelas. Semua orang berhak bersuara dan berpendapat, dan juga berhak memilih. Tulisan saya hanya tulisan saja, tidak ada dogma dan wahyu baru.

Lya, apakah komentar-komentar saya cukup memberi informasi kepadamu? Begitu juga dengan anda mas Dianpra? Kalimat tersebut di atas menunjukkan bahwa pemilik butik ini sudah menutup sesi tawar menawar. Pilihannya adalah ambil atau tinggalkan.

Lya, sekarang anda bebas memilih seperti pilihan saya:

  1. Allah menciptakan langit dan bumi dalam 6 hari. Kalimat “Jadilah petang dan jadilah pagi” di dalam Kejadian 1: 1-31 adalah jaminan untuk pemahaman demikian.
  2. Umur Adam 930 tahun, karena Alkitab mencatatnya demikian.
  3. Allah tidak terikat oleh waktu, kalimat “di hadapan Tuhan satu hari sama seperti seribu tahun dan seribu tahun sama seperti satu hari” dalam II Petrus 3:8 adalah “ungkapan”  untuk menyatakan bahwa Allah tidak terikat oleh waktu.
  4. Kita harus menggantungkan iman kita pada catatan Alkitab dan tidak boleh menggantungkan iman kita pada teori-teori yang belum terbukti secara ilmiah.

Atau anda memilih seperti BathiQoY:

  1. Allah menciptakan alam semesta dalam 6.000 tahun, karena 1 hari Allah = 1.000 tahun manusia.
  2. Umur Adam 930 X 365 X 1000 = 339.450.000 tahun karena 1 hari Allah = 1000 tahun manusia.
  3. Allah DIKUASAI oleh waktu. WAKTU yang menguasai Allah lebih lambat dibandingkan waktu yang MENGUASAI manusia. Perbandingannya 1 hari : 1000 tahun.
  4. Anda boleh menggantungkan iman (tentang tiga hal tersebut di atas) pada II Petrus 3:8 atau pada klaim-klaim penemuan Arkeologi tentang zaman-zaman lithikum. Atau anda boleh menggantungkan pada keduanya.
  5. Tidak ada masalah bila anda menggantungkan IMAN pada teori-teori yang belum terbukti secara ilmiah, selama anda BERIMAN bahwa teori-teori itu benar.

Anda juga bebas memilih seperti saya:

  1. Adam dan Hawa TAHU bahwa melanggar perintah Allah adalah JAHAT dan mematuhi perintah Allah adalah BAIK.
  2. Adam dan Hawa MENGERTI apa itu MATI dan apa itu HIDUP.
  3. Adam dan Hawa MEMATUHI perintah Allah karena mereka PAHAM akan perintah itu dan MEMILIH untuk PATUH daripada MELANGGAR.
  4. Adam dan Hawa melanggar perintah Allah karena KEINGINAN SENDIRI yang jahat, bukan karena tidak mengerti BAIK dan JAHAT serta HIDUP dan MATI. Keduanya memilih dengan SADAR dan keduanya SADAR dengan konsekuensipelanggarannya.
  5. Iblis adalah PENGGODA yang digunakan oleh Allah untuk MENGUJI manusia. Allah yang menentukan di MANA dan KAPAN UJIAN itu berlangsung serta BAGAIMANA pelaksanaannya.
  6. Allah yang memiliki INISIATIF untuk MENGUJI kesetiaan manusia sedangkan Iblis hanya ALAT (penggoda) yang dipakai Allah.

 Atau anda juga boleh memilih seperti BathiQoY:

  1. Adam dan Hawa TIDAK TAHU bahwa melanggar perintah Allah adalah JAHAT dan mematuhi perintah Allah adalah BAIK.
  2. Adam dan Hawa TIDAK MENGERTI apa itu MATI dan apa itu HIDUP.
  3. Adam dan Hawa MEMATUHI perintah Allah BUKAN karena PAHAM akan perintah itu dan MEMILIH untuk PATUH daripada MELANGGAR namun hanya SEKEDAR patuh karena tidak ada yang memberi mereka PILIHAN.
  4. Adam dan Hawa melanggar perintah Allah BUKAN karena KEINGINAN SENDIRI yang jahat, NAMUN karena tidak mengerti BAIK dan JAHAT serta HIDUP dan MATI. Keduanya TIDAK MEMILIH dengan SADAR namun karena TRUST INVESTMENT dari Iblis.
  5. Iblis BUKAN penggoda yang digunakan oleh Allah untuk MENGUJI manusia. Allah TIDAK menentukan di MANA dan KAPAN UJIAN itu berlangsung serta BAGAIMANA pelaksanaannya. IBLIS adalah musuh Allah yang secara SITEMATIS melakukan TRUST INVESTMENT kepada manusia TANPA diketahui oleh Allah. Iblis menemukan sendiri WAKTU dan CARA untuk MEMANIPULASI manusia untuk mengkhianati Allah.
  6. IBLIS yang memiliki INISIATIF untuk MENGAJAK manusia Mengkhianatai Allah.

Nah, Lya, anda bebas memilih, jadi silahkan memilih sendiri. Saya hanya bisa berdoa agar anda memilih dengan bijaksana. Sebelum memilih baiklah saya ceritakan cara saya melatih anjing untuk patuh. Ketika memberi perintah “Diam” kepada anjing, maka saya ingin dia duduk di tempat dan tetap tinggal duduk hingga saya memberi perintah yang lain. Normalnya dibutuhkan 30 hingga 70 kali PENGULANGAN agar anjing itu mengerti perintah “DIAM” dan diperlukan 30 hingga 70 kali KOREKSI (bila benar dipuji, bila salah dihukum) agar anjing itu paham bahwa “DIAM” berarti dia harus DIAM apapun situasi dan kondisinya. Sebagai pelatih, saya ingin anjing saya patuh 100% kepada saya.

Tingkat tertinggi di dalam latihan kepatuhan adalah dengan menggunakan PENGGODA. Caranya dengan menyuruh seseorang menggoda anjing tersebut agar tidak mematuhi perintah DIAM. Saya yang menentukan WAKTU, TEMPAT dan CARA serta TINGKAT godaan yang harus dilakukan oleh asisten saya. Cara menggodanya misalnya dengan melepaskan seekor kucing di hadapannya, ketika melihat kucing NALURI (KEINGINAN) anjing adalah menerkamnya. Saya tahu naluri anjing, namun saya ingin anjing saya MENYANGKAL nalurinya demi mematuhi saya. Anjing saya punya KEINGINAN, namun dia mengerti arti PERINTAH saya dan PAHAM bila tidak TAAT dia akan DIKOREKSI, bila perlu dia akan DIKOREKSI dengan KERAS. Dia bebas memilih untuk taat atau tidak, namun saya akan membuatnya TAAT 100%. Dia harus menyangkal keinginan dagingnya dan mematuhi saya, tuannya.

Anda menilai saya sewenang-wenang? Saya menyebut diri BERDAULAT, sebab sayalah TUAN dari anjing saya dan saya mau dia taat 100%. Dan anjing adalah anjing dan manusia adalah manusia. Perintah Allah sangat jelas, BERKUASALAH atas Binatang! 

Lya, ada satu fenomena yang sangat unik saya temui ketika melatih barbagai jenis anjing, mulai dari anjing mainan yang aman bagi anak kecil hingga anjing petarung yang dapat membunuh manusia. Anjing adalah binatang yang cerdas, anjing mudah belajar. Suatu hari seekor anjing kampung menggigit orang. Sejak itu dia tahu bahwa cara mengusir orang asing atau orang yang tidak dia senangi atau orang yang mengganggunya adalah dengan menggigitnya. Anjing itu melahirkan anak, anak anjing akan melihat induknya mengigit orang dan mereka langsung mempraktekkan hal itu, langsung gigit! Anak anjing menjadi dewasa dan melahirkan dan anaknya akan melihat induknya menggigit orang dan dia akan menggigit orang. Anda masukkan anjing-anjing lain dan mereka melihat anjing itu menggigit orang dan mereka langsung belajar dan langsung mengigit orang.
 

Aku berdosa, namun tidak berani berbuat jahat, mustahil menentang kehendakNya!
Kebaikan dirimu, tak berani kusembunyikan, kejahatan diriku, tak berani kuampuni!

BathiQoY's picture

Mari kita akhiri DISINI iah iah

iah iah semangat sekali kawan

Mari kita bahas banyaknya salah mengerti anda tentang tulisan saya

Salah mengerti 1

iah -iah wrote:Tidak ada masalah bila anda menggantungkan IMAN pada teori-teori yang belum terbukti secara ilmiah, selama anda BERIMAN bahwa teori-teori itu benar.

Qoy: - Koq jadi nyeleneh gini ?? Kenapa anda jadi menyatakan tulisan saya mengajak beriman pada science dan teorinya, ck ck ck.

Saya nyatakan beriman kepada FIRMAN, tapi Firman tidak selalu harus dipahami secara EXPLISIT. Science dan teknologi harus mendukung firman, bukan sebaliknya, sobat.

iah iah:Allah DIKUASAI oleh waktu. WAKTU yang menguasai Allah lebih lambat dibandingkan waktu yang MENGUASAI manusia. Perbandingannya 1 hari : 1000 tahun.

Qoy - Sejak kapan saya pernah menyatakan Allah dikuasi oleh waktu ?? lagi-lagi anda mulai jahil. ALLAh menguasai seluruh semesta dan waktu Dialah ALFA dan OMEGA.Tapi konsep waktu itu berlaku bagi manusia

Salah mengerti 2

Iah iah :Iblis BUKAN penggoda yang digunakan oleh Allah untuk MENGUJI manusia. Allah TIDAK menentukan di MANA dan KAPAN UJIAN itu berlangsung serta BAGAIMANA pelaksanaannya. IBLIS adalah musuh Allah yang secara SITEMATIS melakukan TRUST INVESTMENT kepada manusia TANPA diketahui oleh Allah. Iblis menemukan sendiri WAKTU dan CARA untuk MEMANIPULASI manusia untuk mengkhianati Allah.

Qoy: MUSTAHIL ALLAH tidak tahu ada iblis sang penggoda, tentu iblis ada karena izin dari Allah. Alasannya apa ? saya tidak tahu

Iblis musuh Allah ??

MUSTAHIL sesuatu yang dibentuk menang melawan yang membentuk. Cukup sekali berfirman saja oleh ALLAH iblis pun langsung lenyap tak berbekas. Pemahaman anda terlalu extreme iah iah Tolong anda pikirkan baik-baik hal ini. Perkataan anda sangat BERBAHAYA.

______

Mengenai baik dan jahat, serta kematian, juga umur Adam.Biar saya jelaskan lebih jauh lagi.

Adam dan Hawa bukan tidak tahu yang baik dan jahat, sobatku iah iah. Tapi mereka di manipulasi seolah-olah tidak tahu mana baik dan jahat oleh iblis, rasa penasaran dan keragu-raguan adalah salah satu nature manusia, dan hal ini sekarang bisa kita lihat dalam dunia marketing, bisnis dan periklanan.

Soal Mati-hidup, pernahkah Adam-Hawa menyaksikan kematian ??

ada ayatnya??

lalu anda menjawab tidak mungkin Allah memberi perintah yang tidak dimengerti, kemudian anda mulai menulis tentang cara melatih anjing yang harus diajar beberapa kali.

Wow, tampaknya anda menyalahkan ALLAH karena tidak bisa melatih dan mengajar dengan lebih BAIK dari pelatih ANJING. 

Soal umur Adam; bukankah Allah pernah bilang, kalau umur manusia hanya akan 120 tahun saja, karena manusia itu daging dan ROH ALLAH tidak selamanya.

Statement ini setelah mereka DIUSIR. sebelum diusir HANYA satu pohon saja yang dilarang bukan?? dari buah pohon kehidupan berarti boleh dimakan tentunya.

Sekali lagi saya tekankan: ADAM dan HAWA secara DE FACTO sudah jatuh dalam dosa. Jadi mari kita tarik PELAJARAN dari situ secara POSITIF. Saya menulis tulisan ini berdasarkan observasi mengenai karakter dan sifat dasar alamiah manusia, yang ternyata dimanfaatkan iblis. Mengenai tragedi Taman Eden, saya tidak tahu mengapa terjadi. Biarlah itu rahasia BAPA Sorgawi saja.

Yang saya coba jabarkan adalah strategi iblis, yang sampai kini masih berkeliaran menggoda manusia untuk menuruti kedagingannya sehingga mengesampingkan Firman( perkataan ALLAH). Bukankah hal ini yang terjadi di Taman Eden.

Saya hanya ingin menjelaskan agar kita belajar lebih jauh lagi untuk SETIA dan BERIMAN tanpa SYARAT dari keraguan ataupun penasaran terhadap FIRMAN. Bisa kita lihat contohnya dari pengalaman Charles Templeton. Bukan berarti tidak belajar firman secara kritis tapi yang utamanya adalah pikiran manusia harus bisa ditundukan oleh Firman, maka itu science for Bible, dan bukan sebaliknya. Bumi itu bulat SETUJU, karena firman dalam kitab Yesaya menyatakannya, dan ini menurutku ABSOLUT (anti gugat).

Nah para netter in-christ sahabatku, silahkan anda lihat dengan jelas apa yang saudara iah iah pahami tentang tulisan saya. Yang dinyatakannya berdasar kesimpulannya SEPIHAK. Ternyata memang banyak perbedaan, hal ini lumrah saja.

kepada iah iah, mari kita akhiri disini.

Senada dengan yang bung dianpra katakan: anda sudah menyatakan apa yang anda tahu dan mau, begitu pula dengan saya. Jadi mari kita sepakati kalau kita tidak sepakat. Saya rasa hal itu cukup fair.

Senang berdiskusi dengan anda iah iah. Tuhan memberkati.

                                                    -###- 

* James 2:26 >For as the body without the spirit is dead, so faith without works is dead also.

Syallom_El Shadday

ada BAHAGIA ada BAHAYA

Saudara BathiQoY, coba hitung, berapa tuduhan anda kepada saya dalam komentar di atas dan berapa tuduhan di komentar-komentar lainnya? Apakah itu kesepakatannya? Saya menyerang tulisan anda dan anda menyerang pribadi saya?

TEORI UMUR ADAM

bisa diperkirakan terdapat ribuan bahkan jutaan tahun terdapat waktu jeda mulai dari mereka ada, sampai akhirnya mereka jatuh karena disesatkan iblis.

Itu tulisan anda, atas dasar apa anda membuat PERKIRAAN (teori) demikian? Ini jawaban-jawaban anda:

  1. Soal waktu silahkan baca II Pet 3:8, di hadapan Tuhan satu hari sama seperti seribu tahun dan seribu tahun sama seperti satu hari.
  2. Menurutku masalah waktu dari umur bumi masih menjadi misteri, makanya aku masih memperkirakannya. Karena ada zaman-zaman lithikum yang sudah berusia jutaan tahun.
  3. Oke .. thank you soal waktu penciptaan yang memang sebaiknya kita IMANI begitu, karena tiada yang mustahil bagi Allah, sekalipun misalnya ditulis pada jam 1 atau detik 1. Dan memang saya tulis sebagai perkiraan. Ya intinya lebih kepada iman, betul ? karena anda juga belum ada pada waktu itu.
  4. Tapi karena IIPet 3:8 menyatakan tentang 1 hari, bukan 1 jam atau 1 detik, maka saya juga berasumsi begitu. Kecuali ayat petrus tersebut tidak pernah ada, tentu tidak ada perkiraan lain. Ok.. no problem, yang penting secara De FACTO semuanya adalah ciptaan Allah, sesuai kehendak dan waktuNYA.
  5. Saya nyatakan beriman kepada FIRMAN, tapi Firman tidak selalu harus dipahami secara EXPLISIT. Science dan teknologi harus mendukung firman, bukan sebaliknya, sobat.

Anda membuat teori umur Adam dan Hawa, berdasarkan teori anda maka umur Adam adalah 930 X 365 X 1000 = 339.450.000 tahun bahkan lebih?

Anda membangun teori itu di atas dasar II Petrus 3:8 dan penemuan-penemuan lithikum. Sience dan teknologi harus mendukung firman. Teori Penemuan lithikum mendukung II Petrus 3:8. Apakah penemuan lithikum adalah Sience dan teknologi? Terbukti secara ILMIAH? Dari mana anda tahu Teori penemuan lithikum benar? Anda mempelajari Teori tersebut dengan benar, mendapat informasi yang benar mengenai teori itu? Anda tahu kelemahan uji karbon yang mendasari teori itu? Kenapa anda menggunakan TEORI yang tidak terbukti secara ilmiah untuk mendukung Iman pada II Petrus 3:8? Bukankah jawaban paling logis adalah karena BERIMAN bahwa Teori penemuan lithikum itu BENAR?

II Petsus 3:8 anda gunakan sebagai dasar untuk menjelaskan sejarah penciptaan. Apakah anda sudah melupakan hal itu? 1 hari Allah = 1000 tahun manusia, apakah anda lupa asumsi anda itu? “Jadilah petang dan jadilah pagi”, itu tercatat di dalam kitab Kejadian 1, anda juga melupakannya? Namun anda tetap bersumsi 1 Hari Allah = 1000 tahun manusia, jadilah petang dan jadilah pari, itu berarti 500 tahun siang dan 500 tahun mala. Apabila anda percaya Allah tidak dikuasai oleh WAKTU, mustahil anda berasumsi bahwa 1 hari Allah = 1000 tahun manusia.

Adakah kesimpulan yang lebih logis lagi yang bisa ditarik dari tulisan-tulisan anda tersebut di atas?

TEORI KEJATUHAN ADAM & HAWA

Mati?? Adam dan Hawa sama sekali tidak mengerti konsep mengenai kematian. Karena disurga tidak berlaku kematian. Mati adalah sesuatu yang misterius bagi mereka. Mereka tidak memakan buah pohon baik dan jahat karena TUHAN MELARANG mereka memakan ataupun menyentuhnya, dan mereka melakukannya atas dasar PATUH SAJA.

Jadi iblis meyakinkan Hawa kalau ada perbedaan mendasar yang tidak dimiliki Hawa dan TUHAN, walaupun Hawa tidak tahu apa itu beda jahat-baik. TAPI iblis memberikan SOLUSI, nah terlihat disini iblis terlihat begitu "manis" seakan-akan ia mampu menolong Hawa. Dan Hawa mungkin berpikir APA SALAHNYA jika ia sama seperti Allah, toh bukan hal yang buruk.

Lucifer dan pengikutnya yakni 1/3 malaikat dibuang ke bumi, jadi mereka berada dibumi. Lalu iblis terus menerus mengamati kedua manusia Taman Eden tersebut, begitu lama dan TELITI iblis mempelajari ciptaan ALLAH yang paling sempurna itu. EUREKA. ternyata iblis sadar kalau manusia punya kelemahan.

Iblis (dalam skala probabilitas) sangat mungkin pernah mencoba membujuk Adam untuk makan buah terlarang. Sehingga iblis mengerti kalau Adam TEGAS dalam menolak rayuan iblis, tapi lemah dengan rayuan wanita.

Bisa jadi; iblis sering ngerumpi bersama Hawa, bahkan iblis bisa dibilang bagai serigala alim berbulu domba. Dari hari ke hari ia mengadakan pendekatan secara hati ke hati (perasaan), melakukan TRUST INVESTMENT.

Karena manusia itu terdiri atas pikiran, perasaan dan kehendak. Kemungkinan besar Hawa sudah sering menolak ajakan iblis untuk memakan buah terlarang. Tapi ada saatnya Hawa tergoda dan lebih condong yakin kepada iblis daripada mandat Tuhan.

Anda mengajarkan TEORI:

  1. Adam dan Hawa sama sekali tidak mengerti konsep mengenai kematian
  2. Hawa tidak tahu apa itu beda jahat-baik
  3. IBLIS yang memiliki INISIATIF untuk MENGAJAK manusia Mengkhianati Allah dan iblis menemukan WAKTU dan CARAnya sendiri

Adakah kesimpulan yang lebih logis lagi yang bisa ditarik dari tulisan-tulisan anda tersebut di atas?

Saudara BathiQoY, saya menyerang TULISAN anda. Saya menyerang TEORI anda! Hanya tulisan anda yang ini yang saya serang, tulisan lainnya tidak. Seharusnya anda tidak perlu kekeh jumekeh membela DIRI apalagi membela IMAN anda karena saya hanya menyerang TULISAN anda, HANYA tulisan ini yang saya serang, tulisan lainnya tidak. Ini Komentar pertama saya. 

“BathiQoY, tulisan anda ini benar-benar payah! Menyesatkan! Anda harus belajar Alkitab dengan benar sebelum menulis!”

Apa yang dikatakan oleh nis benar,

hahahaha, orang emang baru ketauan sifatnya kalo dah dijejelin cabe.

Saudara BathiQoY, silahkan baca tulisan utama anda, lalu baca komentar-komentar anda sendiri. Anda akan menemukan kenyataan bahwa komentar-komentar anda justru menentang tulisan anda sendiri.

Melakukan kesalahan itu hal wajar, salah memahami firman Allah sama wajarnya. Namun, kita harus berlaku seperti Daud, mengakui kesalahan, menanggung akibatnya lalu memperbaiki diri, saya menyebutnya “Mau belajar dan mau diajar. Orang yang mau belajar namun tidak mau diajar itu orang kurang ajar!”

Pertama kali menulis tentang taman Eden saya memberinya judul “7 Langkah Iblis Menggoda Hawa”, kerena merasa tidak puas dengan tulisan itu maka saya terus mempelajari kisah taman Eden. Kemudian saya mengunggah tulisan “Taman Eden – Misteri Pohon Kehidupan” guna memperbaiki kesalahan yang ada di dalam tulisan pertama dan menjelaskan hal baru. Ada orang yang menyatakan tentang adanya keganjilan di dalam kedua tulisan tersebut, maka saya pun terus mempelajari kisah taman Eden. Kemudian saya mengunggah tulisan “Kekasihku Tidak Perawan Lagi - Misteri Lelaki dan Wanita” untuk memperbaiki dan menjelaskan hal baru. Saya kembali menulis tentang taman Eden dengan Judul “Taman Eden – Menghakimi Hawa.” Tulisan itu mengoreksi tulisan-tulisan sebelumnya dan menjelaskan hal baru. Tulisan itu sedang dievaluasi sebelum diunggah ke SABDAspace. Ketika dievaluasi terjadilah diskusi yang sangat seru dan saling adu argumentasi. Melakukan kesalahan itu hal wajar. Ada pepatah yang mengatakan, “Kamu tidak bisa maju karena tidak pernah merasa salah!

Saudara BathiQoY, anda punya kemampuan menulis yang baik. Tulisan-tulisan anda akan mempengaruhi banyak orang. Itu BAHAGIA namun itu juga BAHAYA. Tulisan anda akan menjadi berkat bagi banyak orang, namun bisa juga menyesatkan banyak orang. Marilah kita menulis dengan kesadaran demikian sehingga senantiasa berhati-hati ketika mengunggah tulisan-tulisan, agar BAKAT itu tidak menjadi bumerang sehingga sebuah batu gilingan harus digantungkan ke leher dan kita dibenamkan dan merasa bersyukur karena harusnya dihukum lebih berat lagi.   

Aku berdosa, namun tidak berani berbuat jahat, mustahil menentang kehendakNya!
Kebaikan dirimu, tak berani kusembunyikan, kejahatan diriku, tak berani kuampuni!

BathiQoY's picture

Saya bisa maklum koq

Sudah saya katakan saya tidak pandai berdebat.

Begini loh iah iah. Semua tulisan saya masih konsisten pun dengan komentarnya, masalahnya pemahaman setiap orang berbeda, yang terlihat tentu hanya dari tulisan saya saja bukan ?

Saya tulis yang ini, maksud anda yang itu. Padahal masih ada penjelasan di belakangnya yang tersirat.

Tentu lebih baik serta efisien saya kerucutkan saja tujuannya sehingga semua pembaca bisa melihat gambar besarnya, dan melakukan adaptasi secara positif dan mandiri. yang pasti saya tidak pernah menyangkali hal-hal yang FAKTUAL

Ok.. iah iah selamat menulis dan mengunggah tulisan baru anda di Klewer, semoga menjadi berkat.

                                                    -###- 

* James 2:26 >For as the body without the spirit is dead, so faith without works is dead also.

Syallom_El Shadday