Belajar Menulis via Internet, di Mana Tempatnya?

Suatu waktu saya pernah mencari situs-situs yang berisi bahan-bahan tentang tulis-menulis Kristen. Alamak, sulit. Karena saya mencari situs yang berbahasa Indonesia. Alhasil baru satu situs yang saya dapat, situs Pelitaku. Situs Pelitaku memang situs khusus untuk wadah para penulis, baik penulis awam maupun mereka yang telah mahir. Tidak ada diskriminasi di sini. Kalau masih awan ya silakan belajar dengan bahan yang ada di situs ini. Anda yang sudah mahir jangan segan untuk kirim bahannya ke sini. Tapi tidak menutup kesempatan buat yang masih belajar untuk ikut partisipasi.

Kalau ingin berdiskusi seputar tulis menulis, juga disediakan forum. Dilengkapi juga dengan milis publikasi e-Penulis. Apa ada situs, forum, milis lainnya yang berkecimpung di dunia pelayanan literatur?
Yang saya tahu ada sebuah milis diskusi penulis Kristen, namanya Komunitas Penjunan. Ini tempat diskusi para penulis dan jurnalis Kristen untuk mengembangkan kemampuan menulis dan menyebarkan kasih melalui berbagai media. Komunitas ini juga disebutkan pada menu Links di situs Pelitaku. Kalau ada yang ingin menambahkan saya kira akan lebih baik lagi.

Sehingga orang Kristen yang rindu untuk mengembangkan kemampuan menulis mendapat bekal lewat internet dan menemukan wadahnya di dunia maya ini. Belajar menulis via Internet, apakah Anda tahu di mana tempatnya?

Kategori: Literatur Kristen

Topic Blog: Misi

Keywords Blog: internet, literatur, penulis, wadah

Comments

Masih Ada yang Lain

Masih ada milis lainnya, kok Mbak. Sebut saja, Forum Pena Agape, forum komunikasi dan diskusi karang-mengarang dunia kekristenan. Ada juga matiasrasulkaj, yang digagas oleh kaum awam, di luar struktur hierarki Paroki Santo Matias Rasul Duri Kosambi Keuskupan Agung Jakarta. Milis lain, seperti ayonulis, milisnya penulis katolik Surabaya. Atau yang masih bener-bener baru seperti penulis_kristen, yang sampai komentar ini ditulis, belum ada aktivitas apa pun. (Yo, yang mYang mirip matiasrasulkaj itu kpasinodegkp, yaitu komunitas penulis bahan pelajaran sekolah minggu Gereja Kristen Pasundan. Yeah, yang berminat, silakan pilih saja, deh. Kata kunci yang kupakai: penulis kristen, penulis katolik, komunitas penulis kristen.

Selain itu, kita juga bisa memanfaatkan bahan-bahan umum lainnya. Sebut saja situs Penulis Lepas dan Kemudian. Kalau doyan puisi, ada Puitika.net dan Oya, kemarin itu aku juga dapet situs keren lainnya .... Mmm, nggak tahu apa sudah ada di halaman wiki atau belum. Yang kumaksud itu blog AEIOU, yang gak cuma ngulas masalah penulisan, tapi pembacaan (maksud gue baca-membaca). Ah, pokoknya banyak deh. Cari aja sendiri.

juga boleh nambah

Thanks untuk tambahan infonya. Semakin melengkapi saja. Saya rasa tidak ada salahnya Anda langsung menambahkan info tersebut di menu Kolaborasi :) Itu kalau Anda tidak keberatan. Meski saya juga terlibat di dunia literatur jujur masih minim pengetahuan. Tapi tidak menyurutkan langkah untuk maju. Blogger lainnya yang ingin nambah info atau malah berbagi pengalaman di dunia literatur seperti yang saya alami, saya undang untuk ikut ngeblog di sini. Ayuukk sok ... atuh!

kita berbeda dalam semua kecuali dalam cinta."

menu kolaborasi?

puji, saya cari-cari menu kolaborasi di situs in-christ.net ini kok gak ada ya?

dimana ya alamatnya?

Belum Nongol

Belum nongol tuh Mbak. Mungkin sebentar lagi bakalan bisa diakses.

tunggu ya ...

Mba Diana, tunggu ya. Kutanya sama adminnya ternyata ada beberapa hal yang membuat menu Kolaborasi belum nangkring di situs In-Christ.net ini. Tapi pasti akan dipasang lho. Bantu doa ya, biar cepet dipasang jadi kan tar isa partisipasi di situ. Sekarang ngulas situs dulu ato ngeblog di sini. Ayo share pengalamanmu di dunia literatur. Ditunggu!

"kita berbeda dalam semua kecuali dalam cinta."

udah ada ...

Tuh menu kolaborasinya dah ada tapi pake namanya Wiki. Ayo-ayo dicoba:)
"kita berbeda dalam semua kecuali dalam cinta."

BelajarMenulis.com

Halo...
Belajar menulis lewat internet? Coba lihat situs http://www.belajarmenulis.com
Kebetulan mereka lagi membuka pendaftaran sekolah menulis online.

Thanks banyak

Thanks infonya Anonymous, eh kok ga daftar aja di sini. Ayo dong jadi penghuni di sini Smile

 

"kita berbeda dalam semua kecuali dalam cinta."

mau nambahin ya... coba deh

mau nambahin ya... coba deh di kelasmenulis.com, asuhannya mbak endah..... di situ asik juga...salam kenal dari penaku

terima kasih

Terima kasih penaku untuk informasinya. Wah jadi tambah banyak info tempat buat belajar nulis di internet. Sip :)
Eh, ayo daftar jadi member di sini, trus ikutan ngeblog, kirim artikel. Oke ditunggu corat-coretmu di sini. Tuhan memberkati.

"kita berbeda dalam semua kecuali dalam cinta."