Mengenal Malaikat

Mengenal Malaikat
oleh Deny S Pamudji

Dalam pembahasan okultisme (kuasa gelap), kita terlalu memusatkan perhatian pada setan dan kegiatannya. Kita jarang atau hampir tidak pernah membahas tentang malaikat. Padahal keberadaan malaikat dinyatakan hampir 300 kali dalam Alkitab. Tentu ini merupakan suatu indikasi bahwa Allah juga menginginkan kita mengenal malaikat dan kegiatannya. Dengan mempunyai pengetahuan tentang malaikat, kita dapat mengerti bahwa Allah tidak hanya memberikan kita roh penolong (Roh Kudus) tetapi juga melengkapi kita dengan malaikat-Nya agar kita dapat mewujudkan Kerajaan Allah di bumi.

Malaikat merupakan makhluk roh (Ibr 1:7) yang diperkirakan sudah ada sebelum dunia ini dijadikan (Ayb 38:4,7). Adapun rupanya tidak selalu sama yakni dapat memiliki enam sayap (Yes 6:6) ataupun berpakaian putih bercahaya (Mat 28:3). Malaikat dapat juga menampakan dirinya sebagai manusia (Kej 32:1,2) sehingga Yakub dapat bergumul dengannya (Kej 32:25-30) dan seseorang dapat tanpa sengaja menjamu malaikat (Kej 18:1-18; Ibr 13:2).

Sebagai makhluk roh, malaikat tidak terbatasi oleh ruang, massa, dan waktu (Mzm 34:8). Malaikat secara awam sering digambarkan sebagai wanita. Namun dalam Alkitab, malaikat lebih sering dianggap sebagai pria (Kej 32:25-30) daripada wanita (Za 5:9). Malaikat tidak kawin ataupun dikawinkan dan karenanya tidak berkembang biak (Mat 22:30; Mrk 12:25). Malaikat dapat bergerak dengan kecepatan yang luar biasa (Kis 8:26,39-40) dan mempunyai kekuatan supra natural (2 Pet 2:11).

Malaikat secara harfiah berarti pesuruh Allah (Yunani - aggelos; Ibrani - mal’ak) karena memang malaikat merupakan roh yang melayani (Ibr 1:14). Sebagai pesuruh, malaikat sangat patuh akan petunjuk Tuhan. Tetapi walau bagaimanapun besarnya perbuatan malaikat, kita tidak boleh menyembahnya ataupun melakukan kontak dengannya (Rm 1:24,25; Kol 2:18,19; Why 22:8,9).

Iblis sebelumnya juga seorang malaikat yang bernama Lucifer (Bintang Timur - seseorang yang selalu bersinar) yang bertugas menjaga takhta Allah, tetapi dikarenakan kesombongan dan keinginannya untuk menyamai Allah, dia jatuh dalam dosa dan diusir Allah daripada hadirat-Nya (Yes 14:12-17; Yeh 28:12-19). Kemudian Iblis bersumpah mengadakan pembalasan dan salah satu pembalasan itu ialah menjatuhkan Hawa dalam ujian keinginan (Kej 3:1-24)

Adapun kegiatan yang dilakukan malaikat antara lain :
1. Memuji Allah dan kebesaran-Nya - Serafim (Mzm 148:2; Yes 6:1-6; Dan 7:10)
2. Menjaga takhta Allah - Kerubium (Mzm 80:2)
3. Memberi petunjuk, melindungi dan menjaga kesejahteraan umat Israel (Dan 12:1)
4. Memegang kuasa atas empat angin bumi (Why 7:1)
5. Menjaga pohon kehidupan (Kej 3:24)
6. Memberitakan suatu kabar, menghibur, dan menguatkan - Gabriel (Mat 1:18-25; Luk 1:26-38)
7. Melakukan peperangan rohani - Mikhail (Dan 12:1; Yud 9; Why 12:7-12)
8. Memilah orang baik dan jahat pada masa penuaian nanti (Mat 13:39-42, 47-50)
9. Mengawasi perbuatan kita terhadap anak kecil (Mat 18:10)
10. Menjemput roh orang mati (Luk 16:22)
11. Melindungi orang-orang benar (Dan 3:25)
12. Menyanyi memuliakan Tuhan (Why 5:11,12)
13. Melayani Kristus dalam pelayanan-Nya (Mat 4:11)
14. Melayani nabi (1 Raj 19:6-8)
15. Bersuka-cita apabila seseorang bertobat (Luk 15:10)

Sebagai pengikut Kristus, kita harus meyakini bahwa kita selalu dijaga malaikat (Mzm 91:11; Mat 18:10). Hanya dengan menjaga ketulusan hati dan berserah pada-Nya (Ef 5:21,22; Ibr 13:17; 1 Ptr 5:5), malaikat bersedia menjaga kita.
Malaikat tidak sama dengan Roh Kudus karena Roh Kudus diam di dalam tubuh (1 Kor 6:19), sedangkan malaikat ada di luar tubuh . Roh Kudus membimbing kita (Yoh 14:26; Kis 9:31), sedangkan malaikat melayani kita (Ibr 1:14).

Malaikat tidak sama dengan jin karena malaikat menjaga kekudusan (makhluk kudus), sedangkan jin adalah roh najis (Why 18:2, Ef 6:12). Dalam beberapa kasus, Malaikat Tuhan/Allah dianggap sama dengan Allah (Kej 21:17-20; Kel 3:2-6) atau Kristus (Kel 14:19,20, 23:20,21; Hak 2:1-5), tetapi ada juga yang dianggap sama dengan malaikat lainnya (Kis 12:7-11).

Jumlah malaikat tidak dinyatakan secara jelas, tetapi ada disebutkan beribu-ribu laksa (Mzm 68:18; Dan 7:10; Why 5:11). Pada saat Lucifer memberontak, sepertiga daripada malaikat ikut bersertanya (Why 12:4). Malaikat yang memberontak itulah yang kini disebut dengan pemerintah-pemerintah, penguasa-penguasa, penghulu-penghulu dunia yang gelap, dan roh-roh jahat di udara (Ef 6:12).
Meski malaikat memiliki pengetahuan yang melebihi manusia (2 Sam 14:20), tetapi malaikat tetap tidak mengetahui bilamana Kristus akan datang untuk kedua kalinya (Mrk 13:32), suatu hal yang tidak terlalu misterius bagi kita anak-anak terang (1 Tes 5:1-11).


Artikel lainnya dapat dibaca pada http://jakartaberdoa.blogspot.com

Topic Blog: Kesaksian

Keywords Blog: jin, makhluk roh, malaikat, okultisme

Comments

bagus

tulisan Anda bagus, mampir juga di mediaabra.blogspot & fransdonald.blogspot (ada yang baru)

bagus

tulisan Anda bagus, mampir juga di mediaabra.blogspot & fransdonald.blogspot (ada yang baru)

Terima Kasih Uangmakan

Shalom Uangmakan,

Terima kasih atas info Sdr. Saya akan kunjungi link yang Sdr sarankan.

Salam kasih,

Deny

candle's picture

my angels

halo smua...
Saya pernah mendengar bahwa setiap kita juga memiliki malaikat penjaga yang akan selalu menemani kita. Apa itu benar? Nah kalau begitu kenapa kita bisa mendapatkan kecelakaan di jalan? Apakah waktu itu malaikat penjaga kita baru jalan-jalan atau lagi cuti gitu?
Menurut Anda bagaimana dengan opini/perkataan bahwa kita memiliki malaikat penjaga?
Trims untuk pendapat Anda

Malaikat Cuti

Shalom Candle,

Pertanyaanmu sangat luas dan sukar dijawab secara ringkas.  Mungkin ada baiknya kamu kunjungi situs saya.  Karena di situ ada artikel "Problem as God's Tools".  Mungkin itu bisa menjawab mengapa malaikat cuti.

Salam kasih,

Deny S Pamudji

http://jakartaberdoa.blogspot.com

 

Deny S Pamudji, BERTOBATLAH! BERHENTI MEMBUAL!

Deny S Pamudji Mengajarkan:
Sebagai makhluk roh, malaikat tidak terbatasi oleh ruang, massa, dan waktu (Mzm 34:8). Malaikat secara awam sering digambarkan sebagai wanita. Namun dalam Alkitab, alaikat lebih sering dianggap sebagai pria (Kej 32:25-30) daripada wanita (Za 5:9). Malaikat tidak kawin ataupun dikawinkan dan karenanya tidak berkembang biak (Mat 22:30; Mrk 12:25). Malaikat dapat bergerak dengan kecepatan yang luar biasa (Kis 8:26,39-40) dan mempunyai kekuatan supra natural (2 Pet 2:11).

Handai taulan sekalian, silahkan baca kembali tulisan Deny S Pamudji tersebut di atas dengan teliti dan hati-hati. Deny S Pamudji MEMBUAL karena TULISAN tersebut di atas MENYESATKAN. Apakah anda menganggap komentar saya MENGADA-ADA? Apakah anda menyangka saya orang SIRIK yang selalu mencari-cari kesalahan orang lain tanpa alasan? Apakah saya orang tanpa kasih yang berprilaku seenak jidatnya dan mau menang sendiri? TIDAK! Deny S Pamudji MEMANG PEMBUAL yang kekeh jumekeh ingin MENYESATKAN. Itu sebabnya dia tidak MERASA perlu untuk mempertanggungjawabkan tulisannya di depan banyak saksi dengan Alkitab sebagai STANDARD kebenaran. LIHATLAH caranya MENYESATKAN:

Sebagai makhluk roh, malaikat tidak terbatasi oleh ruang, massa, dan waktu (Mzm 34:8).

Malaikat TUHAN berkemah di sekeliling orang-orang yang takut akan Dia, lalu meluputkan mereka. Mazmur 34:8

Apakah Mazmur 34:8 MENGAJARKAN bahwa malaikat tidak dibatasi RUANG dan WAKTU? TIDAK! Itu BUALAN Deny S Pamudji untuk MENYESATKAN anda! Tolong, JANGAN mau ditipu!

Anda tahu apa arti tidak dibatasi ruang? Tidak dibatasi ruang berarti ADA di mana-mana. Anda tahu apa arti tidak dibatasi waktu? Tidak dibatasi waktu artinya ADA di kapanpun, dari kekal sampai kekal. Tidak dibatasi ruang dan waktu berarti MAHAADA dan MAHATAHU. Hanya Allah yang TIDAK dibatasi RUANG dan WAKTU, karena ruang dan waktu adalah CIPTAAN Allah dan CIPTAAN mustahil MEMBATASI penciptanya.

Alkitab mengajarkan bahwa MALAIKAT dibatasi RUANG dan WAKTU!

Pemimpin kerajaan orang Persia berdiri dua puluh satu hari lamanya menentang aku; tetapi kemudian Mikhael, salah seorang dari pemimpin-pemimpin terkemuka, datang menolong aku, dan aku meninggalkan dia di sana berhadapan dengan raja-raja orang Persia. Daniel 10:13

Berapa hari malaikat itu tertahan oleh pemimpin kerajaan orang Persia? DUA PULUH SATU HARI adalah bukti bahwa malaikat itu TERIKAT oleh WAKTU. Apa yang dilakukan oleh malaikat itu ketika Mikhael menggantikannya? Dia meninggalkan Mikhael di sana. DI SANA adalah BUKTI bahwa malaikat itu TERIKAT oleh RUANG.

Malaikat secara awam sering digambarkan sebagai wanita. Namun dalam Alkitab, malaikat lebih sering dianggap sebagai pria (Kej 32:25-30) daripada wanita (Za 5:9).

Ketika orang itu melihat, bahwa ia tidak dapat mengalahkannya, ia memukul sendi pangkal paha Yakub, sehingga sendi pangkal paha itu terpelecok, ketika ia bergulat dengan orang itu. Kejadian 32:25

Lalu kata orang itu: "Biarkanlah aku pergi, karena fajar telah menyingsing." Sahut Yakub: "Aku tidak akan membiarkan engkau pergi, jika engkau tidak memberkati aku." Kejadian 32:26

Bertanyalah orang itu kepadanya: "Siapakah namamu?" Sahutnya: "Yakub." Kejadian 32:27

Lalu kata orang itu: "Namamu tidak akan disebutkan lagi Yakub, tetapi Israel, sebab engkau telah bergumul melawan Allah dan manusia, dan engkau menang." Kejadian 32:28

Bertanyalah Yakub: "Katakanlah juga namamu." Tetapi sahutnya: "Mengapa engkau menanyakan namaku?" Lalu diberkatinyalah Yakub di situ. Kejadian 32:29

Yakub menamai tempat itu Pniel, sebab katanya: "Aku telah melihat Allah berhadapan muka, tetapi nyawaku tertolong!" Kejadian 32:30

Handai taulan, siapakah yang BERGUMUL dengan YAKUB saat itu? Dia adalah Allah dan MANUSIA. Siapa yang dilihat oleh Yakub? Yakub melihat Allah berhdapan MUKA.

Deny S Pamudji, anda pikir KAMI benar-benar GOBLOK sehingga mudah anda TIPU untuk MENGHUJAT Allah sebagai malaikat?

Malaikat tidak kawin ataupun dikawinkan dan karenanya tidak berkembang biak (Mat 22:30; Mrk 12:25).

Dari empat kalimat, hanya kalimat ini yang didukung oleh ayat yang akurat.

Malaikat dapat bergerak dengan kecepatan yang luar biasa (Kis 8:26,39-40) dan mempunyai kekuatan supra natural (2 Pet 2:11).

Kemudian berkatalah seorang malaikat Tuhan kepada Filipus, katanya: "Bangunlah dan berangkatlah ke sebelah selatan, menurut jalan yang turun dari Yerusalem ke Gaza." Jalan itu jalan yang sunyi. Kisah Para Rasul 8:26

Dan setelah mereka keluar dari air, Roh Tuhan tiba-tiba melarikan Filipus dan sida-sida itu tidak melihatnya lagi. Ia meneruskan perjalanannya dengan sukacita. Tetapi ternyata Filipus ada di Asdod. Ia berjalan melalui daerah itu dan memberitakan Injil di semua kota sampai ia tiba di Kaisarea. Kisah Para Rasul 8:39-40

Handai taulan, silahkan baca ayat pendukung yang digunakan oleh Deny S Pamudji dengan teliti dan hati-hati. Siapakah yang MELARIKAN Filipus? Roh Tuhan, di dalam bahsa Yunani disebut pneuma kyrios. Bukankah Deny S Pamudji menganggap kita, para pembaca tulisannya benar-benar GOBLOK sehingga MUDAH termakan BUALANNYA dan TERSESAT hingga MENGHUJAT Roh Tuhan (Roh Kudus) sebagai malaikat?

maka nyata, bahwa Tuhan tahu menyelamatkan orang-orang saleh dari pencobaan dan tahu menyimpan orang-orang jahat untuk disiksa pada hari penghakiman, 2 Petrus 2:9

terutama mereka yang menuruti hawa nafsunya karena ingin mencemarkan diri dan yang menghina pemerintahan Allah. Mereka begitu berani dan angkuh, sehingga tidak segan-segan menghujat kemuliaan, 2 Petrus 2:10

padahal malaikat-malaikat sendiri, yang sekalipun lebih kuat dan lebih berkuasa dari pada mereka, tidak memakai kata-kata hujat, kalau malaikat-malaikat menuntut hukuman atas mereka di hadapan Allah. 2 Petrus 2:11

Handai taulan, silahkan membaca kembali ayat pendukung yang digunakan oleh Deny S Pamudji untuk mendukung kalimatnya dengan TELITI. Apakah 2 Petrus 2:11 mengajarkan bahwa Malaikat memiliki kekuatan SUPRANATURAL? TIDAK! Ayat tersebut hanya menyatakan bahwa MALAIKAT lebih KUAT dan BERKUASA dibandingkan dengan orang-orang yang menuruti hawa nafsunya karena ingin mencemarkan diri dan menghina pemerintahan Allah sehingga tidak segan-segan menghujat kemuliaan Allah.

Handai taulan, bukankah KITA sudah MEMBUKTIKAN bahwa kita lebih KUAT dan BERKUASA dibandingkan Deny S Pamudji yang yang menuruti hawa nafsunya karena ingin mencemarkan diri dan menghina pemerintahan Allah sehingga tidak segan-segan menghujat kemuliaan Allah sebagai malaikat? Apakah karena lebih kuat dan berkuasa dibandingkan Deny S Pamudji berarti kita memiliki kekuatan SUPRANATURAL? Tidak? Itu hanya berarti kita lebih KUAT dan BERKUASA dibandingkan dia.

Deny S Pamudji, BERTOBATLAH! BERHENTI MEMBUAL dan JANGAN MENYESATKAN! Bila anda TERUS MEMBUAL, saya akan MEMOHON kepada Allah untuk MENGHAJAR anda!

Aku berdosa, namun tidak berani berbuat jahat, mustahil menentang kehendakNya!
Kebaikan dirimu, tak berani kusembunyikan, kejahatan diriku, tak berani kuampuni!