Orang Yang Mengasihi Yesus

dianpra's picture
roofDulu, seperti biasa aku ke gereja untuk kebaktian. Nah, yang ngga biasa, yang khotbah minggu itu pendeta tamu. Yang luar biasa, si pendeta itu, bilang di awal khotbah kalau dia bakal bilang khotbahin sesuatu yang dia jamin jemaat belum pernah denger sebelumnya. Katanya dia pernah khotbahin itu di depan lima puluh pendeta, salah satunya pendeta yang udah melayani Tuhan selama lima puluh tahun. Katanya, pendeta yang udah makan banyak asam garam itu pun belum pernah denger khotbahnya. Aku akan coba sharingkan khotbah itu. Gini nih khotbahnya.

Dia ambil dari Markus 2 (Orang Lumpuh Disembuhkan). Dia bagi khotbahnya jadi dua bagian. Bagian pertama adalah khotbah tentang orang lumpuh yang disembuhkan oleh TUHAN setelah empat orang datang mengantarnya. Saking banyaknya orang yang dengerin Yesus saat khotbah di sebuah rumah, empat orang itu ngga bisa bawa orang lumpuh itu kepada Tuhan, sampai akhirnya empat orang itu buka atap rumah dan orang lumpuh itu bisa dibawa kepada Tuhan, dan akhirnya sembuh.

Nah, khotbah yang bagian dua lah yang dia sebut-sebut sebagai khotbah yang dia jamin belum pernah jemaat denger.

"Tetapi mereka tidak dapat membawanya kepada-Nya karena orang banyak itu, lalu mereka membuka atap yang di atas-Nya; sesudah terbuka mereka menurunkan tilam, tempat orang lumpuh itu terbaring."

Di situ jelas dikatakan bahwa atap rumah itu terbuka. Nah, pertanyaannya adalah siapa yang menutup atap itu. Sebenernya ada beberapa kemungkinan jawaban. Mari dibahas satu per satu.

1. Yang punya rumah.

Di Alkitab ngga dikatakan bahwa yang punya rumah lah yang nutup atap. Ngga pernah dikatakan di Alkitab: "Setelah kerumunan orang itu pergi, maka pergilah si empunya rumah menutup atap rumahnya sendiri." Ngga ada kalimat seperti itu. Kesimpulannya, bisa saja yang nutup atap rumah itu yang punya rumah, tapi itu pun ngga jelas.

2. Orang Lumpuh yang disembuhkan.

Kayaknya ini ngga mungkin, meski ada kemungkinan juga. Mari berlogika. Orang yang lumpuh itu ngga akan sempet betulin atap setelah dia bisa jalan. Dia bakalan langsung lari jingkrak-jingkrak pulang ke kampungnya en woro-woro kalo dia udah bisa jalan.

3. Empat orang yang buka Atap.

Nah ini keliatannya lebih ngga mungkin lagi. Mari berlogika lagi. Bisa saja tu empat orang dianggap pahlawan karena udah inisiatif buka atap en bawa orang lumpuh yang akhirnya bisa jalan. Akhirnya, mereka disanjung-sanjung sama banyak orang. Kalo dulu ada reporter, pastilah mereka bakal diwawancarai trus masuk infotainment .... Lupa deh mereka nutup atap yang udah mreka buka.

4. Tuhan Yesus sendiri

Nah ini mungkin, tapi coba deh bayangin. Yesus ambil tangga, naik tangga, trus betulin atap sendiri. Mungkin Dia niat, tapi kalau betulin atap sendiri, kayaknya ngga deh.

5. Orang yang mengasihi Yesus.

Nah, ini adalah jawaban yang pasti. Yang nutup atap itu ya pastilah orang yang mengasihi Yesus. Mungkin waktu itu Yesus niat mau betulin tu atap sendiri, tapi pasti orang yang mengasihi Yesus menghampiri Yesus dan bilang, "Dah ... ngga usah repot-repot Guru, biar saya saja yang betulin tu atap. Dah Guru istirahat aja dulu, nyemil-nyemil atau minum-minum dulu. Nah, karena orang-orang inilah yang membuat Yesus tidak mungkin menutup atapnya sendiri.

Orang yang mengasihi Yesus pasti akan melakukan sesuatu bagi pekerjaan Tuhan, ngga peduli apa yang dia lakuin itu di dalam ataupun di luar tanggung jawabnya.

Kategori: Bahan Renungan Alkitab

Topic Blog: Kesaksian

Keywords Blog: atap, khotbah, orang lumpuh

Comments

Rumah yahudi

Ha.ha.ha
Benar. khotbah yg baru saya dengar. coba klik google dan cari rumah yahudi. pertanyaannya: apa perlu ditutup?
diskusinya: apa menutup atap yg jadi perhatian penulis injil? ha.ha.ha
tapi bagus juga berpikir tentang yg tidak biasa dipikir oleh orang kebanyakan. extraordinary thinking.

The Rolex is the exceptional

The Rolex is the exceptional bandage of wrist watches is acclaimed for the hublot replica agitating arete it have, and this is attainable with an adamant amount which makes it in the aforementioned way adorable as well. If we say that a Rolex is chichi representation aback it is actually is. With the amount affection which is absolute high, every accepting is on the clue that is from area to replica watches access a Rolex watch. Online purchasing is no best a botheration to buy those cher absolute Rolex. Smart client is accustomed with what they crave and websites that advance replica watches do not action what they are in seek of. The Internet has at the present developed into an according befalling of trading that the http://www.rolexreplicauk.co.uk well-designed substitutes blow actually on the consumer. Whether you are acquainted of it or not, Tag Heuer watches accept afresh become anxiously associated with the sports world. Although just afresh acceptable apparent, Tag Heuer has been the omega replica official alarm for the Formula 1 Apple Championship aback 1969. All over the apple you will see sports stars antic Tag Heuer replica watches while participating. Some of the a lot of notable sports stars today cover Jeff Gordon and Golf brilliant Tiger Woods. It is the accent that Tag Heuer puts in accurateness in time that intrigues so abounding sports stars and organizations to put their assurance in the company. Added places that accept acclimated Tag Heuer watches for aloft antic contest cover timekeeping for the rolex replica Olympics aback the 1920's and the FIS Ski Apple Cup aback 1992.