Indonesia: Krisis Pemimpin Kristen

dianpra's picture

Apa yang kubilang di blog ku sebelumnya yang berjudul Situs Kepemimpinan Kristen: Situs Langka -- "... menurutku, sekarang ini tu keliatannya kita mengalami krisis kepemimpinan Kristen loh. Ngga banyak orang Kristen Indonesia yang bisa dijadiin teladan." -- ada alasannya. Aku ngga sembarangan bikin statement seperti itu, namun bisa juga pengamatanku tu salah.
Apa yang aku katakan itu berdasar apa yang aku lihat di sekitarku, terutama di tempat kerjaku. Aku lihat ngga banyak orang-orang Kristen Indonesia yang dijadikan teladan di buku-buku kepemimpinan Kristen karya anak bangsa. Contoh, teladan, atau ilustrasi yang digunain buku-buku itu untuk memperjelas teorinya tu kebanyakan adalah orang-orang bule (nnga cuma bule sih tapi). Nah, apa bener ngga banyak atau bahkan ngga ada orang Kristen Indonesia yang bisa dijadikan panutan dalam hal kepemimpinan. Ngga peduli ngga ada atau ada tapi cuma sedikit, aku rasa kita sekarang ini bener-bener ngalamim krisis kepemimpinan Kristen di negara kita tercinta ini.
Aku ngga tahu sebabnya apa. Bisa saja para penulis buku teori kepemimpinan Kristen itu malas atau ogah gunain pemimpin-pemimpin Kristen Indonesia sebagai penguat teori mereka karena berbagai hal. Misalnya, pemimpin Kristen Indonesia tidak memiliki greget dalam kepemimpinan (ini cuma pemikiran gue saja) atau mungkin pemimpin Kristen Indonesi dirasa belum cukup pantes dijadikan sebuah panutan. Ah ... aku ngga tau deh, mungkin ada banyak alasan lain di luar pemikiranku yang sangat sederhana itu. Yang jelas, sekali lagi menurutku, kita ini ngalamin krisis kepemimpinan Kristen Indonesia.