Blog Gereja Kenapa Tidak?

yohanna's picture

Ide ini terlintas ketika saya sedang browsing mencari bahan di internet. Berputar-putar dari satu situs ke situs lain, dari satu blog ke blog lain saya menyadari satu hal, saya tidak menemukan sebuah blog gereja. Memang banyak blog-blog Kristen yang ada di internet, tapi biasanya mereka dimiliki oleh individu-individu pribadi dan tidak mengangkat tentang gereja tempat mereka beribadah.

Sebaliknya, situs-situs gereja banyak sekali saya temukan di internet. Sayang sekali situs gereja yang menarik baik itu dinilai dari segi tampilan, isi dan navigasinya bisa dihitung dengan jari. Entah masalah apa yang dihadapi oleh mereka sehingga situsnya memiliki kesan tidak terawat.

Terlepas dari itu semua kenapa tidak membuat blog gereja saja? Blog gereja adalah sebuah blog yang berisi kegiatan, aktifitas, dan bahan tertulis (misalnya warta jemaat) dari gereja yang bersangkutan. Kenapa saya memiliki gagasan seperti ini? Inilah alasan kenapa terlintas ide tentang blog gereja di kepala saya.

  1. Murah

    Tidak dapat dipungkiri blog merupakan media tersambung yang termurah saat ini. Kenapa tidak? banyak situs yang menyediakan jasa layanan blog secara gratis, sebut saja wordpress, multiply , dan masih banyak lagi situs lainnya. Kita tidak perlu repot-repot membeli domain, dan membayar tenaga profesional untuk membuatkan sebuah situs.

  2. Mudah

    Membuat blog jauh lebih mudah daripada membuat situs, kita tidka memerlukan kemampuan html dan pemrograman hanya untuk membuat sebuah halaman. Kita hanya perlu mendaftarkan diri dan mengirimkan bahan-bahan hanya dengan sekali klik. Tidak hanya tulisan, kita juga dapat mempercantik blog kita dengan gambar, file musik, dan fle video.

  3. Banyak Desain

    Selain mudah, blog juga memungkinkan kita mendesain halaman tanpa mengalami kesulitan. Tidak dipungkiri beberapa blog menyediakan banyak template yang bisa dipilih kemudian dipasang dalam blog gereja kita. Jika kita bosan maka kita tinggal menggantinya dengan template lain yang lebih menarik. Yang terpenting sekali lagi adalah template yang disediakan gratis.

  4. Banyaknya Fasilitas

    Fasilitas yang bisa dipasang dalam sebuah blog kini semakin banyak dan beragam. Fasilitas-fasilitas itu juga mudah dipasang dalam blog, misalnya shoutbox, counter, kalender, jam, dan statistik. Anda bisa mendapatkan fasilitas-fasilitas tersebut melalui situs yang menyediakannya, ada yang berbayar namun banyak pula yang gratis. Jika Anda kesulitan menemukannya, maka Anda dapat memanfaatkan search engine untuk membantu.

Dengan kemudahan-kemudahan yang ditawarkan maka mainten atau pemeliharaan blog gereja akan lebih mudah dilakukan. Admin bisa mengundang jemaat lain untuk ikut serta dalam memelihara blog gereja. Mereka bisa mengirimkan tulisan, renungan dan artikel, sehingga secara tidak langsung akan membuat lalu lintas dalam blog gereja menjadi ramai. Pada akhirnya nanti akan menaikkan rangking blog gereja di dalam search engine, selain banyaknya bahan yang dimiliki.

Jadi tunggu apalagi? tidak ada alasan lagi bagi untuk menunda pembuatan blog gereja Anda sekarang.

Topic Blog: TI/Internet

Keywords Blog: blog, gereja

Comments

dianpra's picture

kebanyakan ....

kebanyakan situs gereja yang aku temukan hanya sebatas semacam profil elektronik gereja; tidak menyediakan bahan-bahan Kristen yang dapat dinikmati oleh pengunjung, kalaupun ada hanya sedikit jumlahnya. Atau mungkin memang hanya sebagai profil elektronik saja fungsinya?

yohanna's picture

itulah....

iks... itulah sedih banget yah rasanya
banyak situs gereja yang tidak diberdayakan dan hanya menjadi sebuah
profil elektronik saja.

Itulah sebabnya saya menyarankan untuk memakai blog saja, selain
mudah maintenancenya, dari segi template dan fasilitas yang ditawarkan
pun tidak kalah dengan situs profesional.

ada blog gereja

ada satu blog gereja yang masih dalam perkembangan...
di www.tambourinegbikajogja.wordpress.com, lalu linknya dengan departemen musik dan pujian gereja tersebut, ini masih dalam perkembangan karena masih terus dikembangkan dengan info-info tentang gereja walau belum ada artikel yang termuat karena artikel atau SENTUHAN KASIH yang adalah warta jemaat setiap minggu masih dalam bentuk penerbitan setiap minggu dan dibagikan di saat ibadah...
dan mengenai situsnya, walau isi dan tampilannya belum seperti blog yang lain yang digolongkan sebagai situs yang lengkap, tetap bagus jika kita tahu bahwa sudah ada yang membuat blog gereja...
bagus nih usulnya...tentang blog gereja..

yohanna's picture

promosiin ke sini aj

wah bagus banget tuh, kenapa ga dipromosiin aj ke LINKS. Klo pengunjungnya banyakkan kita bisa tambah semangat yang mainten :) karena bisa jdi berkat buat orang lain ya ga?

Blog Kumpulan kesaksian

Blog Kumpulan kesaksian orang-orang yang pernah dibawa oleh Tuhan Yesus ke Surga dan Neraka di anakterang.blogspot.com

Perjalanan ke Neraka dan Surga?

Setiap pengalaman yang dialami oleh orang Kristen wajib duji, dihakimi dan dinilai berdasarkan Firman Tuhan, meskipun yang dia alami begitu melampaui akal...Apalagi kesaksiannya diajarkan di dalam gereja dan jemaat....
Apakah kita lebih suka mendengar dan membaca hal-hal yang begitu? Perjalanan ke neraka dan surga? Sehingga semuanya memalingkan kita dari kebenaran Firman? Ingatlah, orang lebih suka mendengar dongeng2 ( II Tim 4:4) dan cerita pengalaman yang "wah" merupakan orang yang perlu belajar Firman baik2...Apalagi yang menceritakannya...Jangan hanya membual tak karuan yang hanya berdasarkan mimpi di siang bolong....
Rasul Paulus pernah menyatakan seseoarng yang dibawa ke Firdaus...II Korintus 12:4 ia tiba-tiba diangkat ke Firdaus dan ia mendengar kata-kata yang tak terkatakan, yang tidak boleh diucapkan manusia.
Bandingkan pengalaman Rasul Paulus dengan org banyak yang bercerita sama....Rasul Paulus tidak pernah menjadikan sebagai suatu pengalaman "wah", justru dia mengkontraskan dengan penderitaan yang ia alami....Pelajarilah baik2 apa beda kesaksian Paulus dengan kesaksian Yesaya Pariadji, Daud Tony, Roberts Liardon, Choo Thomas dsb...
Saya rasa mereka sudah bisa menulis kitab suci sendiri tentang perjalanan ke surga dan neraka...Karena begitu komplit ceritanya dan begitu detailnya......
Apakah kalau anda mau tamasya ke surga, bisa pergi begitu saja? Atau anda mau jalan2 ke neraka, langsung bisa pergi? Apakah orang yang sudah pernah kesana lebih rohani? Atau hanya sekedar mencari sensasi? Suruh saja Yesaya Pariadji membuka Tour and Travel Surga Neraka.....
Atau, tidak tahukah orang kristen, NERAKA sekarang masih kosong? Lho? Kok?
Sola Christos....

yohanna's picture

miss communication

ko kagak nyambung ma topiknya sih????? jauh banget deh......hubungannya apa ma blog gereja? apa ak yang kurang Alkitabiah yah sampe ga ngeh?