Cara mengajar Alkitab

     Alkitab bercerita tentang Yesus (Lukas 24:27 berkata:"Lalu Yesus menjelaskan kepada murid-murid-Nya apa yang tertulis tentang Dia dalam seluruh Kitab suci, mulai dari kitab-kitab Musa (hukum taurat) dan segala kitab nabi-nabi), dan Lukas 24:44-45 berkata:" Yesus berkata kepada mereka:"Inilah perkataan-Ku yang telah Kukatakan kepada kamu ketika Aku masih bersama-sama dengan kamu, yakni bahwa harus digenapi semua yang ada tertulis tentang Aku dalam kitab Taurat Musa dan kitab nabi-nabi dan kitab Mazmur. Lalu Ia membuka pikiran mereka sehingga mereka mengerti Kitab Suci."

      Di dalam Alkitab ada cerita tentang Abraham, Musa, Yohanes dan lainnya tetapi Alkitab tidak bercerita mengenai para tokoh tersebut. Alkitab menceritakan Yesus dari kejadian sampai dengan Wahyu.

      Yohanes 5:30-40 berkata:"Kamu menyelidiki Kitab -kitab Suci, sebab kamu menyangka bahwa oleh-Nya kamu mempunyai hidup yang kekal, tetapi walaupun Kitab-Kitab suci itu memberi kesaksian tentang Aku , namun kamu tidak mau datang kepada-Ku untuk memperoleh hidup itu.

    Pada waktu Yesus berkata di pasal tersebut PB belum ada. Kita mengenal Yesus untuk mendapat hidup kekal, baca Alkitab untuk hidup kekal, oleh sebab itu harus datang kepada Yesus supaya dapat hidup kekal.

   Kitab kejadian bercerita tentang Yesus, dalam Yohanes 8:56-58:'Abraham bapa-Mu bersuka cita bahwa ia akan melihat hari-Ku dan ia telah melihatnya dan ia bersuka cita. Maka kata orang Yahudi itu kepada-Nya "Umur-Mu belum sampai 50 tahun dan Engkau telah melihat Abraham?' Kata Yesus kepada mereka sesungguhnya sebelum Abraham jadi Aku telah ada."

     Abraham telah melihat hari-Nya Yesus maka ia bersuka cita. Bagaimana kita tahu Abraham telah melihat harinya Yesus? Karena Allah harus datang kedunia ini melalui keuarga Abraham maka Abraham dijanjikan tahun depan akan punya anak dan Abraham mendapatkannya. Ada anak atau pun tidak bukanlah masalah bagi orang yang sudah berumur 100 tahun tetapi Abraham tahu bahwa dengan mendapatkan anak berarti tandanya Allah sudah datang dalam keluarga Abraham.

    Kitab kejadian becerita Abraham merindukan Yesus. Kejadian bukan cerita Abraham tetapi cerita Abraham merindukan Yesus. Yesus sudah ada sebelum Abraham ada. Seumur hidup Abraham merindukan Yesus, maka dia bersuka cita akan harinya Yesus.

     Kitab Keluaran cerita tentang Musa juga merindukan Yesus, dalam Ibrani 11:24-28.

   Yosua, Mazmur, daud, Yeremia, Hosea, Yehezkiel, Daniel cerita mencari dan merindukan Yesus.

     Bagaimana dengan Kidung agung yang berisi kisah kasih Salomo? Sama juga Salomo rindu Yesus. JIka Yesus hadir dalam hidupnya Salomo akan mengasihi Yesus lebih dari pada istri dan selir-selirnya.

   Injil jelas cerita mengenai Yesus

   Kisah para Rasul cerita berada bersama Yesus.

   Surat-surat cerita harus rindu pada Yesus.

   Mengapa Paulus menderita sengsara? karena merindukan Yesus.

   Alkitab ada cerita mengenai orang kusta, pelacur , janda, pemungut cukai. Sama saja, Allah memperkenalkan diri kepada mereka melalui Yesus.

   Alkitab adalah cerita: Abraham, Yosua, Yeremia, Yesaya, Hagai, Daniel, Yohanes bertemu Yesus.  

   Maka Alkitab itu gampang dimengerti. Baca Alkitab ada yang bertemu Yesus dan ada yang tidak bertemu Yesus. Orang kafir, Yudas, ahli taurat tidak bertemu Yesus.

   Orang yang bertemu Yesus dapat hidup kekal dan yang tidak bertemu Yesus terima kutuk(Kematian kekal).

    Cerita Alkitab adalah merindukan Yesus. Semua fokusnya pada Yesus. Ujung-ujungnya hanya Yesus.

   Seperti sebuah rumah pasti ada pemiliknya. Pemilik Alkitab adalah Yesus. Kita mengajar/menginjil supaya mereka mengenal Yesus. Perintah Yesus di Markus 16:15-20.

    Cara mengajar Alkitab harus kita kenalkan kepada Yesus. contah mengajar Alkitab yang tidak tepat sasaran seperti "Lihat Musa dia orangnya keras, iman nya kuat ayo teladani Musa. Mereka pikir itulah cara mengajar Alkitab tetapi tidak demikian.

     Firaman yang diucapkan Allah itu penting. Apalagi sampai 2x, pasti sangat penting. Allah sudah 2 kali berfirman  di Matius 3:17"Inilah Anak yang Kukasihi kepada-Nyalah Aku berkenan". dan di Matius 17:4-8 berkata:"Kata Petrus kepada Yesus,"Tuhan, betapa bahagianya kami berada di sini. JIka engkau mau biarlah kudirikan disini 3 kemah, satu untuk Engkau, satu untuk Musa dan satu untuk Elia. Dan tiba-tiba dari dalam awan itu terdengar suara "Inilah anak yang Ku kasihi, kepada-Nya lah aku berkenan, Dengarkanlah Dia."

    Murid-murid Yesus berpikir bahwa mereka juga harus mengikuti Musa dan Elia tetapi Allah katakan Dengarkan Yesus. Kita harus mengajar orang untuk kenal kepada Yesus bukan Musa atau Elia atau nabi-nabi yang hebat di jaman PL.

   Jika diberi 10 detik untuk memeberitakan Injil apa yang harus dilakukan? Ceritakan nama Yesus. Alkitab cerita mengenai Yesus. fokusnya Yesus dan jika ditambahkan waktu harus dijelaskan lebih dalam lagi mengenai Yesus.

   Tugas Alkitab adalah menyambungkan kita kepada Yesus.

      Pemilik Alkitab adalah Yesus. Alkitab beda dengan kitab agama lain. Kitab agama lain berisi dogma, teori, filsafat. Alkitab tidak bicara tentang dogma/teori Alkitab tertulis dengan pengalaman orang bagaimana mereka bertemu Allah/Yesus.

   Bagaimana roh najis beteriak-teriak dihadapan Yesus, Pelacur bertemu Yesus.

   Kitab agama lain ditulis dengan sengaja oleh manusia maka diisi dengan dogma, teori, dan filsafat. Ditulis dengan cara masuk akal tetapi Alkitab tidak memiliki dogma, teori atau filsafat. contoh: seorang buta yang menjerit-jerit, Yesus keturunan Daud kasihanilah Aku.

    Bagi orang yang belum kenal Yesus mereka akan menganggap Alkitab adalah buku porno dimana ada menantu tidur dengan anaknya, cerita pembunuhan, onani, mengintip orang mandi, cerita omongan setan/roh najis dan cerita seram-seram yang lain.  Disini ditulis tidak ada teori/filsafatnya.

   Ceritanya tidak ada sambungannya dan pendek-pendek dan jadi satu sehingga menjadi alkitab. 

   Kejadian 1:1 juga cerita pada mulanya Allah menciptakan langit dan bumi. Dari Awal cerita Allah, lalu Allah bekerja melalui Abraham, Musa, Daud dan seterusnya. Alkitab cerita mengenai Allah dan pihak yang bertemu Allah berganti-ganti. Allah kekal dan manusia berganti-ganti. Jika fokus pada manusia celakalah kita!! Yang kita inginkan adalah bertemu Allah dari awal sampai selama-lamanya.

   Pemilik Alkitab adalah Allah. Pekerjaan Allah berlangsung terus, manusia tidak bisa merubahnya, manusia yang lewat dunia ini mentaati Allah/tidak. Jika percaya dapat hidup kekal jika tidak maka binasa. Maka fokus Alkitab adalah Yesus.

      Menjadi anak Allah bukanlah hal yang sulit. Mendapat kuasa dari Allah saat ini kalau kita mengakui Wibawa Firman dari Allah maka dapat kuasa.

     Usir roh-roh najis dalam nama Yesus dan praktekan. Usir roh-roh najis dalam nama Yesus inilah uang kontan dari Allah.

     Jadilah murid-Ku, inilah uang kontan dari Allah.

     Bahasa Roh, inilah uang kontan dari Allah.

     Itulah iman kita. Kalau kita akui demikian maka kita akan dapat kuasa dan kuasa itu universal bukan milik seseorang tetapi semua yang terima nama Yesus dapat kuasa Yohanes 1:12 :"Tetapi semua orang yang menerima Nama-Nya diberi Kuasa, supaya menjadi anak Allah yaitu mereka yang percaya dalam Nama-Nya."

     Jika kita katakan kuasa itu hanya untuk Pendeta atau orang tertentu itulah Mistik/Tahyul.

      Kalau kita sudah akui demikian maka Kuasa sudah menjadi milik kita. Kuasa didapat jika kita mengakui wibawa dari firman Allah.

    Jika orang ragu-ragu terhadap firman Allah maka orang Kristen imannya lebih rendah dari setan/roh najis Yahobus 2:19.

    Alkitab adalah cerita pendek yang masing masing bertemu Allah.

    Pengakuan dari Yohanes : masih banyak perbuatan yang dilakukan Yesus, jika dicatat dunia tidak akan memuat cerita Yesus.(Yohanes 21:25) (Yohanes 20:31)

   Alkitab adalah cerita mengenai Yesus. PB ditulis 40 tahun setelah Yesus naik ke sorga. Murid-murid Yesus melihat waktu Yesus menyembuhkan orang buta, mungkin orang disekitarnya juga ada tetapi mereka mengingat peristiwa yang memberikan dampak.

    Alkitab menyaksikan orang yang memberi dampak pada banyak orang. Cerita pokok yang dimuat dalam Alkitab, cerita pinggiran dibuang. Jadi cerita yang memberikan dampak ditulis/ fakta-fakta yang dimuat di Alkitab.

    

  

Comments

Allah bukan Yesus, Bukan Bapaknya Yesus, Tapi Tuhannya Yesus

Allah bukan Yesus, Bukan Bapaknya Yesus, Tapi Tuhannya Yesus
Karena Tidak ada Tuhan selain Allah Yang Satu.

 

BACA YOHANES 17:3

 "Inilah hidup yang kekal itu, yaitu bahwa "mereka yang mengenal Engkau", "satu - satunya Allah" yang benar, dan mengenal Yesus Kristus yang telah Engkau utus.

 Ayat ini jelas - jelas Yesus mengatakan bahwa Allah adalah satu- satunya Tuhan yang benar dan Yesus mengatakan bahwa dirinya hanyalah seorang yang diutus oleh Tuhannya ( Allah )

Yohanes 5:30 ( yesus tidak punya kuasa )

 "Aku ( yesus, pen ) tidak dapat berbuat apa - apa dari diri-Ku sendiri; Aku menghakimi sesuai dengan apa yang Aku dengar, dan Penghakiman-Ku adil, sebab Aku tidak menuruti Kehenda-Ku sendiri, melainkan kehendak Dia yang mengutus Aku"

 

Tuhan itu memiliki kekuatan yang tidak dimiliki sesuatupun justru Dia memberikan kekuatan-Nya kepada yang Dia kehekndaki, Dialah yang mengatur hidup makhlukNya didunia ( seluruh belahan dunia baik manusia, tumbuh - tumbuhan maupun hewan ) lalu bagaimana jika Yesusitu Tuhan menjaga semua yang ada didunia dan itu belum termasuk di langit.....dan dunia yang lain yang gaib...

 Kalu Yesus dan Allah adalah satu, ketika yesus mau mati dia berteriak - teriak

"Eli, Eli, Lama Sabakhtani " artinya "Allahku, Allahku, mengapa Engkau meninggalkan Aku ?"

 

Kalu Tuhan itu memiliki Kuasa , Dia tidak perlu susah - susah mencari makan saat dia lapar karena Dia yang mencipatkan segala apa yang ada di Langit dan di Bumi.

 

Matius 7 : 21

" Bukan setiap orang yang berseru kepadaKu: Tuhan, Tuhan! akan masuk ke dalam Kerajaan surga, melainkan dia yang melakukan Kehendak Bapa-Ku yang di sorga

 Yohanes 5 : 37

 "  Bapa yang mengutus Aku, Dialah yang bersaksi tentang Aku. Kamu tidak pernah mendengar suara-Nya, rupa-Nya pun tidak pernah kamu lihat"

 

Seperti halnya Musa saat dia berkeinginan untuk melihat Tuhannya ia tidak mampu melihatnya seakan - akan buta matanya....apakah begitu mudahnya manusia melihat sosokTuhanya yang Maha Tinggi ( tidak terjangkau ) tapi Dia dekat dan Dia Maha Mengetahui  dari apa - apa yang diniatkan hambaNya ( manusia ) baik itu perbuatan jahatmaupun baik.

 

 

Katakanlah: "Dia-lah Allah, Yang Maha Esa, 

Allah adalah Tuhan yang bergantung kepada-Nya segala sesuatu.

Dia tiada beranak dan tiada pula diperanakkan,

dan tidak ada seorang pun yang setara dengan Dia".    

 

 

Allah Esa dengan 3 pribadi

          Sobat Anonymus,

   Saya akan bantu menjelaskan Allah, Yesus dan Roh Kudus.

  Kita tahu bahwa tidak ada seorangpun yang pernah dan bisa melihat Allah, Yohanes 1:18 berkata:"Tidak ada seorang pun yang pernah melihat Allah tetapi Allah yang keluar dari pangkuan Allah Dialah Allah yang menyatakannya."

    Yohanes 5:37:"Bapa yang utus Aku dan tidak ada yang bisa lihat rupa-Nya dan dengar suara-Nya."

    Kenapa kita tahu ada 3 pribadi Allah? karena PB sudah ditulis. Bagaimana Kalau kita hidup di zaman Musa, dan kita bukan orang Percaya, apakah kita tahu Allah ada 3 Pribadi? 

      Kita sepakat bahwa Allah itu Esa dan semua manusia menyembah Allah yang berada dengan sendiri-Nya dan dari pada mula-Nya.

     Yang ada dengan sendiri-Nya dan dari pada mula-Nya itu apa? Keluaran 3 :14 Malaikat Yehova katakan itu adalah sebutan untuk yang ada dengan sendiri-Nya.

     Memang bahasa manusia terbatas maka Musa tulis Dengan Huruf YHWH.

    Hukum Taurat disampaikan oleh Malaikat kepada seorang pengantara yaitu Musa Galatia 3:19.

   Mengapa HT tidak disampaikan oleh Allah langsung? mengapa mesti melalui seorang pengantara?

     Allah tidak bisa bekerja tanpa Anak. Anak adalah Keberadaan Ilahi.

   Sebelum Anak datang 2000 tahun yang lalu, siapakah yang bekerja untuk Allah? Karena Allah adalah Roh.

     Yang bertemu dengan Abraham itu siapa? yang bertemu dengan Musa siapa?

      Firman-Nya memang satu dari Allah tetapi melalui tangan siapa firman itu di sampaikan. Di PL yang terima HT yang disampaikan oleh malaikat maka jadi roh hamba karena firman itu dibawa oleh malaikat. Di PB yang terima firman melalui Anak maka jadi roh Anak.

       Cerita Allah ada di Matius 21:33-46;  Markus 12:1-12;  Lukas 20:9-19.

       Allah berada dengan sendiri-Nya dan dari pada mula-Nya. Allah adalah Roh. roh itu bukan bentuk/materi, tidak bisa dilihat dan diraba.

    Allah menciptakan sorga untuk Allah(nama-Nya). Ibrani 1:1:4; Kolose 1:15. Sorga diciptakan oleh Allah untuk diri-Nya, bukan untuk malaikat atau manusia. Allah paling mencintai diri-Nya sendiri.

    Sorga adalah dunia rohani yang diciptakan. Angkasa adalah dunia materi yang diciptakan.

      Anak Allah masuk ke sorga bukan dengan roh tetapi dengan tubuh materi karena sorga adalah dunia rohani yang diciptakan, kalau  Anak Allah masuk ke sorga dengan keberadaan Roh konsekuensi nya apa?

       Sorga dan Angkasa tidak akan pernah ada dan tidak pernah diciptakan   oleh Allah

    Allah ingin menciptakan sorga dan  dan Anak Allah masuk ke sorga bukan dengan keberadaan Roh maka Firman harus keluar dari Pangkuan Bapa.

    Anak Allah masuk ke sorga bukan dengan keberadaan Roh tetapi dengan mengenakan tubuh , maka dari itu Angkasa diciptakan oleh Allah.

      Filipi 2:6:11. Anak Allah lebih rendah dari Allah karena Firman/Anak Allah keluar dari Pangkuan Bapa dan masuk ke dalam dunia materi makanya lebih rendah dari malaikat juga.

     Setelah Firman/Anak Allah keluar dari Pangkuan Bapa dan masuk ke dalam dunia materi maka kita sebut Anak manusia. Dan Anak manusia setelah mati dan dibangkitkan oleh Roh Allah/ Roh Kudus masuk ke sorga dengan tubuh kebangkitan.

       Dan Anak manusia menjadi Allah di sorga. Allah ada di dalam dan di luar sorga dan Allah maha hadir. Allah tetap ada di luar maupun di sorga. tetapi Firman/Anak Allah yang keluar dari Pangkuan Bapa menjadi Anak manusia tidak bisa kembali lagi menjadi roh tetapi masuk ke sorga dengan tubuh Anak Manusia.

     Kenapa???

   Karena Allah itu kekal  maksudnya sekali Allah mengambil keputusan untuk mengambil rupa seorang hamba Allah tidak bisa kembali menjadi Roh dan tidak bisa seenaknya berganti ganti peran.

   Oleh sebab itu Yohanes 17:3 Hidup kekal percaya kepada Allah yang Esa dan Yesus Kristus yang di utus.

     Kalau percaya Allah saja tidak selamat, kalau percaya Yesus saja juga tidak selamat. Tetapi hidup kekal adalah percaya kepada Allah yang Esa dan Yesus Kristus yang diutus.

      Anak Allah/Firman keluar dari Pangkuan Bapa dan masuk ke angkasa dengan tubuh dan mati setelah itu duduk di tahta-Nya. Memang Firman/Anak Allah setelah keluar dari Pangkuan Bapa menjadi Anak Manusia maka Anak Manusia itu tidak disebut Allah tetapi Anak Manusia karena kita menyebut Firman yang keluar dari Pangkuan Bapa dan mengenakan tubuh itu kita sebut Anak Manusia. Karena Anak Manusia itu lebih rendah dari Allah karena ada tubuh sedangkan Allah adalah Roh.

     Oleh sebab itu setelah Firman/Anak Allah keluar dari Pangkuan Bapa tidak disebut lagi Allah tetapi Anak Manusia. Yang mati di salib bukan Allah tetapi Anak Manusia karena kalau kita katakan yang di salib adalah Allah berarti Allah mati , kalau Allah mati berarti angkasa dan sorga lenyap dan kita semua lenyap.

    Allah saja maha hadir, Anak Manusia tidak maha hadir karena kalau Yesus maha hadir nanti ada 2 Allah.

      3 pribadi itu menunjuk kepada tugas. Dan tugas itu dilakukan dengan cara berurutan. Karena Allah adalah Esa.

     Allah itu lebih besar dari langit yang mengatasi segala langit. 3 tingkatan langit 2 Tawarikh 2:5-6

    Langit 1 adalah dimana burung-burung terbang.

    Langit ke 2 adalah bintang-bintang

    langit ke 3 adalah langit ilah-ilah (sorga).

    dan.... Allah berada di luar dari sorga dan di dalam sorga juga. (maha hadir).

    Angkasa itu besar. Dari dinding angkasa ke dinding angkasa yang lain jaraknya 15 Milyard  tahun cahaya. Di dalam angkasa ada 200 juta galaksi dalam 1 galaksi ada 200 milyard bintang. Dari pandangan manusia Angkasa itu besar tetapi dari pandangan Allah angkasa itu seperti sebuah titik yang berada di dalam ruangan sorga.

    Angkasa ada di dalam sorga dan seperti titik kecil.  Sorga ada di dalam Allah.

    Diluar Allah tidak ada ruangan kosong lagi karena kalau ada ruangan kosong walau setitik saja maka akan menjadi Allah. menjadi 2 Allah.

      Dimana-mana yang ada hanya Allah. Oleh sebab itu kita sebut Allah itu Esa.

    Coba saudara ambil kertas A4 dan misalkan kertas itu adalah Allah dan diluar kertas itu tidak ada ruangn lagi (ESA). Allah menciptakan sorga dimana? Apakah di dalam kertas A4 atau di luar kertas A4. Kalau di luar kertas A4 berarti ada ruangan kosong lagi dan itu menjadi 2 Allah oleh sebab itu dengan kata lain Allah harus menciptakan sorga di dalam Allah.

     Lantas Angkasa diciptakan oleh Allah dimana? Di dalam sorga. Angkasa diciptakan oleh Allah seperti sebuah titik didalam sorga.

   Angkasa di dalam sorga, sorga di dalam Allah oleh sebab itu Allah itu Esa , yang ada hanya Allah.

    Jangan kita berpikir Allah itu Esa dengan pikiran Allah itu oknum yang bisa berkeliling, keluar masuk dari roh jiwa kita. Kalau kita katakan demikian Allah itu tidak maha hadir.

     Benar, Yesus tidak memiliki kuasa, karena dari kecil hingga dewasa +/- 30 tahun sebelum dibaptis, Yesus tidak punya kuasa karena Dia hanya seorang anak tukang kayu.

    Tetapi setelah keluar dari air lihat apa yang terjadi Roh kudus yang bekerja melalui para malaikat. Setelah itu Roh Kudus lah yang membantu Yesus untuk menyelesaikan pekerjaan Bapa-Nya

   Yesus dibangkitkan oleh Roh Kudus. Kalau tidak dibangkitkan oleh Roh Kudus berarti Yesus pingsan dan berarti Yesus sedang bermain sandiwara.

     Yang bekerja dan membatu pekerjaan Allah adalah para pelayan yaitu para malaikat. Ibrani 1:14.

     Ingat... Yesus itu Raja, bagaimana mungkin Raja itu kita perintah dan raja itu yang bekerja sendiri.

    Semua pekerjaan Yesus itu dilakukan oleh para malaikat. Yesus tinggal perintah. begitu juga dengan kita. jangan perintah Anak Allah tetapi kita harus perintahkan malaikat yang menjadi pelayan kita. Matius 26:53.

     Seperti Presiden SBY, apakah pekerjaannya dilakukan sendiri? tentu Presiden akan menyuruh semua pembantu-pembantunya. Begitu juga dengan Yesus. 

     Roh Kudus lah yang menyelesaikan pekerjaan Yesus. Roh Kudus adalah Kerajaan Allah yang datang dengan kuasa (malaikat).

    Kerajaan Allah itu siapa rajanya? Yesus. Yesus yang datang dalam Roh adalah Roh Kudus. Roh Kudus itu keluar diantara Bapa dan Anak.

    Kuasa adalah para pelayan yaitu malaikat. Ibrani 1:14

roh roh penyesat

Shalom pak.....sya mau nanya,
soal roh2 penyesat, jika seseorg awalnya cinta
Tuhan, rajin beribadah, dan tekun, serta giat
melayani Tuhan, ia tentu memiliki banyak
malaikat
yg menolongnya, tapi bbrp thn kemudian ia jatuh
dlm dosa, jatuh bangun, bangkit, jatuh lgi, bhkn
mnjdi sering mngalami kejatuhan/pernah
'murtad'/
sangattt merosot/mundur dari Tuhan......tentu
bnyak malaikatnya yg ikut merosot mnjdi roh2
penyesat....misal ada 10 atau lebih roh
penyesat.....bgmn cara/proses agar ia bisa
bangkit
seperti semula.....?
atau pertanyaan lain: misalkan ada seseorg yg
bertobat, tpi ia biasa2 saja mnjlni kehidupan
iman,
tentu malaikat yg menyertai cuma sedikit, jika ia
merosot dan jatuh jatuh bangun bhkan mngkin
murtad, tpi balik lgi....apa roh2 penyesatnya lebih
sedikit di bandingkan yg pertama diatas, yg
awalx
giat dlm Yesus...
terima kasih pak, mohon penjelasannya