GEREJA TOP TEN INDONESIA (Pendahuluan)

PENDAHULUAN

 
Dalam buku GEREJA TOP TEN di INDONESIA ini, penulis memaparkan 10 gereja paling dikenal di Indonesia. Dalam daftar ini ada gereja: GPdI (Gereja Pantekosta di Indonesia), HKBP (Huria Kristen Batak Protestan), GBI (Gereja Bethel Indonesia), GKKK (Gereja Kristen Kalam Kudus), Gereja Bethany Indonesia, GKY (Gereja Kristus Yesus), GRII (Gereja Reformed Injili Indonesia), GKI (Gereka Kristen Indonesia), Gereja Kristus dan GBIS (Gereja Bethel Injil Sepenuh).

Tentu Pembaca sekalian pada bertanya atas dasar apa penulis memasukkan 10 gereja tersebut dalam kategori Gereja Top Ten Indonesia? Penulis mendasarinya berdasarkan faktor-faktor: Sejarah berdirinya, Perkembangan dan pengaruhnya bagi gereja atau umat Tuhan di Indonesia, kepopuleran nama gereja, aliran dan pengajaran gereja, jumlah jemaat, strategi mengembangkan jemaat, banyaknya gereja cabang bahkan ada yang di luar negeri, dan lain-lain. Harus diakui dalam menentukan Gereja Top Ten ini, tidak semua faktor di atas akan berlaku bagi setiap gereja yang disebutkan. Penulis juga tidak bermaksud menentukan peringkat 1,2, 3 dan seterusnya, meskipun daftar di atas sudah diurutkan menurut pendapat dan pertimbangan penulis sendiri. Jadi peringkatnya bersadarkan pendapat penulis.

Dalam daftar ini, jika kita lihat, ada 4 Gereja aliran Pentakosta/Karismatik (Bethany, GPdI, GBI, dan GBIS), Gereja Injili/Reformed/Protestan  atau Gereja Mainstream atau arus utama, ada 6 (GKKK, Gereja Kristus, GKY, GRII, HKBP, dan GKI) dalam daftar Gereja Top Ten. Dalam buku ini, penulis tidak berusaha menghakimi pengajaran (doktrin) masing-masing gereja.

Tentunya lewat buku ini, penulis berharap bahwa gereja-gereja di Indonesia dapat belajar dari 10 gereja di atas dalam mengembangkan gereja atau pun sekedar mengetahui dan mengenal sejarah dan perkembangan 10 Gereja Top Ten di atas.  Selamat membaca, Tuhan Yesus memberkati.

Urutan tidak menentukan Peringkat:

 

1.           

GEREJA PANTEKOSTA di INDONESIA (GPdI)

2.           

HURIA KRISTEN BATAK PROTESTAN (HKBP)

3.           

GEREJA BETHEL INDONESIA (GBI)

4.           

GEREJA KRISTEN KALAM KUDUS (GKKK)

5.           

GEREJA BETHANY INDONESIA

6.           

GEREJA KRISTUS YESUS (GKY)

7.           

GEREJA REFORMED INJILI INDONESIA (GRII)

8.           

GEREJA KRISTEN INDONESIA (GKI)

9.           

GEREJA KRISTUS

10.      

GEREJA BETHEL INJIL SEPENUH (GBIS)

 

Kategori: Profil

Topic Blog: Yayasan

Keywords Blog: gereja

Comments

Tulisan nggak bermutu!

Tulisan nggak bermutu! Dalam Yesus tidak ada Top10-Top10an...:-)

???

APA TUHAN BERKATA DEMIKIAN ????