Yayasan Lembaga SABDA (YLSA)

Dari In-Christ Wiki, Wiki Kristen Indonesia

Langsung ke: navigasi, cari
Logo YLSA

Daftar isi

Visi YLSA

Yayasan Lembaga SABDA (YLSA) adalah organisasi Kristen interdenominasi nir-laba yang bergerak dalam bidang pelayanan media komputer dan internet. Visi pelayanan YLSA lahir dari sebuah pertanyaan, "Apa peran teknologi bagi Kerajaan Tuhan?" Untuk menjawab pertanyaan inilah YLSA hadir dengan visi untuk menjadi "hamba elektronik" bagi Tubuh Kristus -- "e-Servant" to the Body of Christ. Sedangkan misi YLSA adalah untuk menjadi jembatan penghubung; fasilitator, katalisator dan infrastruktur bagi pelayanan media komputer dan internet di Indonesia.

Teknologi Informasi (IT) telah mengubah gaya hidup manusia. Bagaimana kita memanfaatkannya untuk menjadi sarana bagi kemajuan Injil? Sudah saatnya orang Kristen berhenti menjadi penonton, karena masing-masing kita dapat menjadi agen pengubah bagi proses pengembangan pelayanan di Indonesia. Mari kita menangkan Indonesia bagi Kristus dengan Teknologi Informasi (IT)!

Fokus Pelayanan YLSA

Sejak berdirinya tahun 1994 sampai sekarang, YLSA terus mengembangkan pelayanannya secara konsisten melalui 4 fokus bidang pelayanannya.

  • BIBLICAL COMPUTING DAN RESOURCES [BC]
YLSA memanfaatkan kecanggihan teknologi komputer untuk mempelajari Alkitab. Sebagai hasilnya YLSA telah meluncurkan SABDA (Software Alkitab, Biblika Dan Alat-alat), Situs Alkitab dan bahan-bahan referensi biblika online (SABDAweb), proyek multi-interlinier (e- ITL), dan juga cd-cd Alkitab audio MP3 dalam bahasa Indonesia dan Daerah.
  • DIGITAL PUBLISHING DAN ELEKTRONIK LIBRARIES [DP]
YLSA membangun infrastruktur untuk sebuah pusat bahan kekristenan elektronik (e-Libraries) yang disebarluaskan pemakaiannya lewat situs-situs SABDA Katalog, publikasi elektronik SABDA.org, dan CD-CD sumber bahan dari berbagai bidang pelayanan dengan jumlah materi yang sangat banyak, diantaranya: bidang biblika SABDAweb, e-Misi, anak (sekolah minggu) PEPAK, konseling (C3I), leadership (Indo Lead), penulis Kristen (Pelitaku), teologia (Soteri) dan pelayanan penjangkauan (Kekal)(outreach).
  • CHRISTIAN e-COMMUNITIES [XC]
YLSA menfasilitasi dibangunnya komunitas Kristen online yang dapat memberi dampak besar bagi perubahan dan perkembangan pelayanan di Indonesia melalui berbagai bentuk pelayanan interaktif di internet, yaitu milis-milis I-KAN SABDA.org, blog SABDA Space dan forum Kristen Pelitaku], dll.
  • DIGITAL LEARNING DAN TRAINING [DL]
YLSA menyediakan pusat pembelajaran online (Digital Education) bagi masyarakat Kristen Indonesia melalui kursus/kelas PESTA Online (Pendidikan Elektronik Studi Teologia Awam) dan membangun jaringan konsultasi dan pelatihan bersama lembaga-lembaga Kristen lain.

Falsafah Pelayanan YLSA

Dalam melaksanakan pelayanannya ini, Yayasan Lembaga SABDA memiliki FALSAFAH yang diambil dari prinsip Firman Tuhan:

"Freely you have received, freely give."
" Kamu telah memperolehnya dengan cuma-cuma, karena itu berikanlah pula dengan cuma-cuma ." -- (Mat. 10:8b)

Falsafah ini merupakan komitmen YLSA untuk tidak mengkomersiilkan Firman Tuhan atau pelayanan, sehingga apapun yang YLSA berikan kepada masyarakat Kristen adalah GRATIS (tidak memungut biaya apapun). Namun apabila digerakkan Tuhan untuk berpartisipasi YLSA/partisipasi mendukung pelayanan YLSA, maka YLSA dengan senang hati menyambut Anda.

Produk dan Pelayanan YLSA

SABDA© (Software Alkitab, Biblika Dan Alat-alat)
<http://sabda.sabda.org/>

Produk utama pelayanan YLSA adalah software Alkitab yang diberi nama: SABDA© (Online Bible versi bahasa Indonesia) , yaitu sebuah program Alkitab yang memiliki berbagai sarana kemudahan dan yang juga dilengkapi dengan bahan-bahan untuk membantu masyarakat Kristen Indonesia mempelajari Alkitab. SABDA© tercipta sebagai hasil kerjasama antara Yayasan Lembaga SABDA, Online Bible, Lembaga Alkitab Indonesia, dan sejumlah penerbit Kristen Indonesia.

Program SABDA© telah dirancang sedemikian rupa sehingga sangat mudah dioperasikan. Di dalamnya terdapat banyak fasilitas, antara lain: Anda dapat mencari dengan mudah ayat, kata, frasa, dan kombinasi kata dalam Alkitab. Selain terdapat berbagai versi terjemahan Alkitab, SABDA© juga berisi berbagai bahan dan buku biblika, misalnya konkordansi dan sistem pencarian kata/frasa maupun ayat; sistem-sistem catatan ayat dan sistem-sistem topik; ratusan ribu referensi silang; peta; kamus interaktif, dll. Juga terdapat "Rak Buku Elektronik" yang berisi berbagai buku teologia, bahan renungan pribadi, pokok-pokok doa, bahan-bahan PA, dan bahan-bahan bacaan Kristen lainnya.

Divisi dan Staf

Struktur Organisasi Yayasan Lembaga SABDA memiliki dua bagian divisi utama untuk melaksanakan misi yayasan. Dua bagian utama tersebut adalah Bagian PENDUKUNG dan Bagian PELAYANAN. Masing-masing bagian memiliki divisi-divisi sebagai berikut:

BAGIAN PENDUKUNG

  1. Divisi Administrasi Mengatur hal-hal yang berhubungan dengan administrasi YLSA.
  2. Divisi Keuangan Mengatur, mencatat dan mempertanggungjawabkan pemasukan dan pengeluaran uang YLSA.
  3. Divisi HRD Mengatur kebutuhan staf lama dan rekruitmen staf baru, termasuk kebutuhan untuk peningkatan dan pengembangan diri staf.
  4. Divisi Humas Menjadi penghubung antara YLSA dan mereka yang menjadi mitra, partner maupun pengguna produk-produk YLSA.
  5. Divisi Technical Support Melayani kebutuhan teknis internal kantor, terutama dalam menyediakan sarana dan prasarana teknis yang tepat dan efektif.

BAGIAN PELAYANAN

  1. Divisi Software/IT Bentuk pelayanan divisi ini adalah mengembangkan program software Alkitab dan bahan-bahan untuk dipakai bersama program tersebut, membangun Situs-situs Kristen untuk menjadi pusat-pusat informasi kekristen dan juga menerbitkan CD-CD YLSA. Divisi ini memiliki 3 Sub-Divisi, yaitu:
    Staf YLSA
    1. Sub-Divisi SABDA
    2. Sub-Divisi Web
    3. Sub-Divisi CD
  2. Divisi Pendidikan dan Pelatihan Bentuk pelayanan divisi ini adalah dengan mengadakan kegiatan pendidikan online, pelatihan/presentasi/seminar kepada masyarakat Kristen Indonesia untuk meningkatkan ketrampilan mereka dalam menggunakan alat-alat komputer dan internet untuk melayani.
  3. Divisi Literatur Bentuk pelayanan divisi ini adalah menyediakan bahan-bahan Kristen yang bermutu yang berguna bagi pelayanan, mengolahnya serta menerbitkannya melalui media elektronik maupun cetak. Divisi ini memiliki 3 Sub-Divisi, yaitu:
    1. Sub-Divisi Publikasi
    2. Sub-Divisi Perpustakaan
    3. Sub-Divisi Text Processing
  4. Divisi Komunitas Bentuk pelayanan divisi ini adalah mendorong terbentuknya komunitas pengguna software Alkitab dan orang-orang Kristen yang rindu mengembangkan pelayanan elektronik di Indonesia.
  5. Divisi Jaringan Bentuk pelayanan divisi ini adalah membangun jaringan antar gereja/organisasi/yayasan/lembaga Kristen yang bergerak dalam bidang pelayanan yang menggunakan media komputer/internet untuk meningkatkan kebersamaan dalam melakukan pelayanan elektronik demi kemajuan Kerajaan Allah.
  6. Divisi Konsultasi Bentuk pelayanan divisi ini adalah memberikan jasa pelayanan konsultasi teknologi komputer/internet bagi individu atau organisasi Kristen yang ingin meningkatkan pelayanannya dengan menggunakan media komputer/internet agar lebih efektif dan efisien.
  7. Divisi Pelayanan Umum Bentuk pelayanan divisi ini adalah membentuk pelayanan-pelayanan lain yang berguna bagi perkembangan pelayanan di Indonesia.

Referensi

Peralatan pribadi