PEREMPUAN DAN POLITIK DALAM BISNIS

PEREMPUAN DAN POLITIK DALAM BISNIS

Panti pijat umumnya dekat dengan kehidupan laki-laki, dan untuk menyenangkan pengunjung yang umumnya laki-laki itu, pengusaha panti pijat pun mempekerjakan perempuan pemijat, asalkan tak ada bisnis maksiat di dalamnya itu sah-sah saja. Tapi, ketika panti pijat kemudian dituding sebagai tempat prostitusi, mengapa perempuan yang justru dipersalahkan, bukan laki-laki atau pengusaha yang rakus harta yang mempekerjakannya?

Klaim perempuan sebagai biang keladi hadirnya bisnis prostitusi terbaca jelas dalam himbauan agar perempuan pemijat di kota Batu, Malang menggembok celananya. Bahkan, Wakil Bupati Malang, Rendra Kresna mengatakan, meski himbauan itu tidak akan diatur dalam peraturan daerah (perda), itu akan diatur di SK Bupati atau peraturan Bupati.

Terindikasi bahwa ada sekelompok orang yang kini memaknai bahwa tubuh perempuan memiliki anasir jahat, karena itu mesti ditertibkan, dan menggembok celana perempuan pemijat dianggap solusi untuk mengenyahkan transaksi seksual dipanti pijat. Tubuh perempuan di diklaim menjadi pintu masuk bisnis esek-esek. Repotnya, klaim tubuh perempuan sebagai pintu gerbang dosa seksual itu kini bermunculan di seantero negeri ini dalam berbagai penampakan yang berbeda, seperti larangan perempuan keluar malam di Tangerang misalnya, demikian juga dalam perda AIDS di Manokwari, Papua dimana lagi-lagi perempuan dianggap salah satu sumber penyebarannya, karena itu perempuan dilarang lalu lalang setelah jam dua belas malam.

Logika apakah sesungguhnya yang mendasari klaim bahwa tubuh perempuan perlu ditertibkan untuk menghindari terjadinya dosa seksual? Laki-laki lahir dari perempuan. Jika kita mengacu pada asal mula manusia yang adalah ciptaan, jelaslah sebagai ciptaan perempuan dan laki-laki memiliki kesederajatan. Dan kesederajatan itu seharusnya menjadi dasar bagi tak absahnya laki-laki memaknai perempuan sekehendak hatinya. Kalau tak ada warta dari Pencipta, maka perempuan memiliki hak untuk menjelaskan siapa dirinya, bukan laki-laki yang menjelaskan tentang perempuan.

Mengacu pada cerita Adam dan Hawa, timbul anggapan, karena Hawa yang lebih dulu jatuh ke dalam dosa sebelum Adam, Hawa di klaim Adam sebagai penyebab keberdosaannya, kemudian klaim Adam itu dijadikan dasar pembenaran bahwa perempuan lah yang membuat laki-laki berdosa, dan karena itu demi menghindari laki-laki berbuat dosa, tubuh perempuan mesti ditertibkan. Tapi, sesungguhnya klaim Adam itu tak absah, demikian juga klaim laki-laki yang mengikuti Adam. Tak ada petunjuk bahwa hukuman yang diterima oleh Adam yang menganggap diri memiliki kesalahan lebih kecil kemudian menerima hukuman yang lebih ringan. Lagi pula, tak ada laki-laki selain Adam yang tidak dilahirkan oleh perempuan, dan laki-laki yang lahir dari perut perempuan sesungguhnya amatlah naïf jika menyebut dirinya lebih suci dari perempuan, apalagi mengklaim perempuan sebagai penggodanya.

Dalam urusan kejahatan, termasuk prostitusi, di sana terlihat laki-laki dan perempuan sama-sama memiliki pilihan, siapa yang memilih melakukan pelanggaran itulah yang dihukum. Secara penafisran terbatas, hukum mata ganti mata adalah tepat, siapa yang berbuat jahat dia layak mendapat balasan yang setimpal, sebaliknya mereka yang tidak bersalah tak layak mendapatkan hukuman. Perempuan pemijat bekerja untuk mencari nafkah, itu tak melanggar hukum, tetapi pemilik panti pijat yang mempekerjakan WTS lah yang salah, apalagi dengan sengaja memberikan iklim yang kondusif bagi laki-laki hidung belang memuaskan nafsu kotornya.

Pemasangan gembok pada celana perempuan pemijat jelas mengindikasikan adanya klaim sepihak bahwa tubuh perempuan menjadi sumber dosa prostitusi, setidaknya itulah yang terjadi di Batu, Malang. Tetapi, tentulah tak ada seorang pun laki-laki yang mencintai ibunya yang melahirkannya tega melihat perempuan yang sama dengan ibunya direndahkan sedemikian rupa.

Politik bisnis bagi yang pernah ke Batu, Malang pasti mengerti, sebagai kota pariwisata, yang terkenal dengan keindahan panorama alamnya dengan udaranya yang sejuk. Kota Batu Malang tak pernah sepi dengan turis domestik maupun manca negara. Turis yang lelah berjalan-jalan menikmati indahnya alam Batu tentu memerlukan tempat beristirahat dan panti pijat. Itulah sebabnya bisnis hotel dan panti pijat tumbuh dengan subur di kota itu.

Sayangnya kemudian panti pijat diidentikkan dengan tempat mesum, ada bisnis maksiat yang terselubung di dalamnya, meski tidak pada semua panti pijat, dan panti pijat pun terancam ditutup. Desakan penutupan itu juga muncul dari Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Malang, Jawa Timur. Berdasarkan hal diatas dapat dipahami, munculnya ide penggebokan celana perempuan pemijat adalah demi meyakinkan khalayak bahwa panti pijat bebas dari praktik prostitusi, karena itu panti pijat tak layak untuk ditutup.

Tampaklah, logika bisnis yang selalu mencari segala macam cara untuk tetap dapat memenuhi pundi-pundi pebisnis dalam hal ini telah memakan korban, yaitu perempuan pemijat. Pelanggaran HAM merendahkan tubuh perempuan, dengan menganggapnya sebagai sumber dosa seksual adalah pelanggaran HAM, karena telah mendiskriminasikan tubuh perempuan. Padahal, perempuan dan laki-laki sesungguhnya memiliki martabat yang sama.

Kita tentu perihatin dengan klaim-klaim yang telah merendahkan perempuan yang kini merebak di tanah air ini. Memang, memberikan makna terhadap sesuatu bukan hal yang gampang, meski punya kuasa itu tidak cukup. Dan usaha memaksakan pandangan yang merendahkan perempuan oleh laki-laki, sebenarnya bukanlah menunjukan superioritas laki-laki, sebaliknya telah merendahkan laki-laki. Karena laki-laki yang telah memperlakukan perempuan dengan tidak sesuai dengan martabatnya, sama saja menghina martabatnya sendiri.

Mudah-mudahan, perempuan yang di negeri ini sering kali diidentikkan dengan mahkluk yang lemah, mendapatkan kembali hak-haknya sesuai dengan martabatnya, dan itu juga mesti menjadi perjuangan laki-laki, karena tak seorang laki-laki pun yang tak pernah menerima jasa perempuan, setidaknya pernah lahir dari rahim seorang perempuan.

Binsar A. Hutabarat

Kategori: Bahan Renungan Alkitab

Keywords Artikel: bisnis, perempuan, politik

Topic Artikel: Renungan dan Artikel

Comments

MoZee_Rui's picture

Jangan salahkan ibu mengandung

Dalampolitik pun sringkali wanita hanya sebagai obyek penggembira,peramai saja. Tanya Kenapa ? Hukum Budaya Kodrat ?Entahlah

Qoheleth~MoZee~^_^

gmn cara printnya??

hmm... gmn ya cara printnya saya ada tugas cm gk taw cara printnnya gmn??

Perempuan Tiang Negeri... Untuk sahabat perempuan.

Kegelisahan saya, "Kenapa harus ada menteri urusan perempuan dan gak ada menteri urusan laki2..", kira2 kenapa ya?.. Perempuan itu sejenis apa sih?.. atau, masuk kategori benda semacam apa, atau spesies sejenis apa ya... (maaf, dengan tanpa tendensi apapun dan dari ketulusan atas keterbatasan saya pertanyaan ini sungguh hadir.., semoga saya mendapat ilmu baru dari perhatian kawan2, salam.)

Perempuan yg dijadikan objek, atau sesungguhnya...
Perempuan yg dengan rela menyediakan dirinya untuk menjadi objek ???
Mari kita jujur...
Kita buka lagi buku panduan hidup kita (Alkitab).
Saya berkaca. Ayo, mari kita berkaca.
Modernisasi, life-style, trademark, dan ukuran2 hedonis lain(untuk hal ini, saya juga masih sering keseret2 lho..), bahkan infiltrasi pola pikir lingkungan terhadap otak kita.
Maaf, bahkan ada juga kasus2 yg sengaja terjadi karena dorongan keluarga dan sikon negara.

 

terus, siapa yg mau disalahkan ? Laki2 ?
Rasanya tidak arif. Bapak saya laki2.
Dan saya pun haus berkawan dengan laki2.

........terlepas dari keberadaan sistem dunia & realitas, setidaknya kaum perempuan bisa lebih memahami hakikat dirinya sebagai manusia dan perannya dalam kehidupan, melalui artikel PEREMPUAN DAN POLITIK DALAM BISNIS.
Indahnya, jika perempuan Indonesia, terkhusus pengikut Kristus; Bisa menjadi contoh/ rule-model atas nilai yg dianut,sikap, tutur-kata & tingkah laku.. Menyitir ungkapan "Baiknya negeri maka baik perempuannya dan sebaliknya..", semoga... untuk kehidupan yang lebih baik.

 

Keterbatasan saya berpikir, gembok bukan jawaban, apalagi dengan cara harus mencari hak dengan mau jadi sama hak dengan laki2. (Gender ditiang listrik maksudnya..) Jelas2, Tuhan sudah menciptakan perempuan dan laki2 dengan keunikan, kelemahan & kelebihannya masing2, tentunya untuk saling melengkapi bukan.. Semoga, semakin hari kita menjadi lebih baik, hingga dijemput pulang.
sukses.
salam dari hamba yang hina & miskin ini. GBU.

Untu Srikandi Nauli

Dsikriminasi lahir dari pengabaian akan keadilan, dan keadilan dalam hal ini menurut pandangan Kristen tidak bisa dipisahkan dari kebenaran Allah. Karena itu setiap aspek hidup mestinya disoroti oleh kebenaran Allah, demikian juga dengan persoalan perempuan. Alkitab telah menguraikan secara jelas, siapakah perempuan itu dihadapan Allah. tapi , nilai-nilai ini sering kali direduksi dengan berbagai alasan, dan semua yang mengerti kebenaran semestinya mempromosikannya sehingga kita dapat mengembalikan nilai-nilai yang telah tereduksi itu pada nilai yang sesungguhnya, dalam hal ini bahasan kita tentang perempuan, dan ini mesti menjadi perjuangan semua orang.

crx

The air jordan 2015 cheap barbour jackets ray ban new balance polo ralph lauren ralph lauren uk rolex watches oakley kate spade outlet Buddhist air max 90 michael kors outlet online nike air max northface burberry christian louboutin michael kors pandora uggs association star wars vans shoes ray ban hermes birkin christian louboutin shoes moncler jackets sale tory burch sale coach outlet store nike store louboutin shoes said eyeglasses frames hollister michael kors nike shoes for women true religion jeans outlet chanel handbags michael kors ray ban outlet longchamp outlet the burberry p90x workout schedule hilfiger outlet easton bats calvin klein underwear mizuno wave longchamp outlet polo ralph lauren outlet online michael kors outlet religion burberry hollisterco longchamp handbags adidas superstar baseball jerseys north face jackets abercrombie.com tommy hilfiger canada burberry outlet online would burberry omega north face canada hollister lululemon australia prada shoes converse outlet michael kors bags bottega veneta accept insanity workout calendar juicy couture outlet coach outlet online coach outlet store online reebok michael kors outlet online northface indoor soccer shoes ralph lauren outlet online charity coach outlet store tory burch sandals rayban bebe dresses beats by dr dre toms shoes outlet air huarache michael kors outlet online true religion outlet events mercurial superfly swarovski raybans.com ralph lauren australia adidas sneakers uggs outlet moncler women jackets nike outlet swarovski that oakley mac cosmetics converse sneakers nike store new balance maccosmetics.com uggs outlet longchamp true religion outlet use gucci handbags abercrombie and fitch tiffany and co jewelry michael kors outlet online new balance canada designer bags bcbg max abercrombie timberland outlet auctioning oakley outlet louis vuitton outlet puma baseball bats knockoff handbags pandora jewellery australia pandora uggs nike to clothing websites chanel outlet toms shoes outlet beats audio oakley sunglasses cheap michael kors outlet burberry adidas hollister canada gather michael kors abercrombie and fitch harrods london prom dresses oakley sunglasses cheap louis vuitton swarovski horloges gucci uk donations, abercrombie and fitch cheap jordan shoes tommy hilfiger ugg boots ray-ban sunglasses gucci swarovski uk jordan release rolex replica but northface thomas sabo polo ralph michael kors outlet online louis vuitton polo ralph pandora bracelet tommy hilfiger online oakley sunglasses cheap the woolrich jackets outlet swarovski canada replica watches supra shoes nike coach handbags factory barbour mens jackets ralph lauren uk juicy couture auctioning louboutin polo ralph lauren outlet nike air max nike air max hermes belt tommy hilfiger outlet stores jordans air max uhren of nike shoes michael kors outlet online sale michael kors canada rolex watches for sale coach bags wedding dresses uk beats by dr dre toms shoes outlet ralph lauren outlet privileged mcm bags tommy hilfiger outlet uggs outlet burberry tiffany and co burberry michael kors outlet online sale instyler ionic styler converse access uggs outlet abercrombie uggs jordans for sale tommy hilfiger online shop coach factory store nike air max 2014 prada shoes for men iphone 6 case to nike roshe prada outlet polo ralph lauren ralph lauren uk nike free hogan gucci outlet coach factory outlet store louis vuitton temples jordan retro 11 ray ban outlet p90x workout nike roshe run kate spade outlet louboutin shoes giuseppe zanotti new balance mcm handbags could glasses online ugg boots hermes birkin nike factory store ferragamo shoes christian louboutin salvatore ferragamo omega watches vans damage gucci outlet basketball shoes free run asics north face outlet store oakley sunglasses cheap kate spade adidas louis vuitton the coach factory longchamp handbags hollister lululemon prada replica watches lululemon michael kors outlet online sale chanel religion's tory burch sandals huarache gucci outlet burberry outlet online wholesale handbags ray ban michael kors outlet online polo ralph lauren outlet michael kors outlet online sale social ugg boots air jordan shoes gucci sale louis vuitton outlet online salomon ugg australia north face adidas timberland outlet image babyliss pro bcbg max azria adidas superstar chanel sunglasses louis vuitton outlet online lululemon canada gucci outlet prada outlet cheap boots of true religion jeans outlet mont blanc ferragamo cheap nfl jerseys nike new balance celine handbags tiffany michael kors being louboutin shoes oakley sunglasses cheap nike nike outlet store pandora ray ban nike running michael kors outlet online air max "tranquil nike roshe christian louboutin michael kors pandora tiffany and co hollister online vans marc jacobs handbags ed hardy and uggs outlet chi flat iron louis vuitton outlet online toms outlet tiffany ralph lauren outlet louis vuitton outlet online north face outlet tory burch sandals solemn".

nike roshe run swarovski crystals louis vuitton bags louis vuitton levis jeans north face outlet nike roshe air max thea nike free run 5.0 adidas online air jordan retro ray bans oakley michael kors handbags clearance air force michael kors oakley sunglasses roshe run straightener lululemon thomas sabo uk nike air max ray ban sunglasses jimmy choo shoes oakley canada nfl jerseys michael kors purses beats by dr dre c