yohanna's blog

yohanna's picture

Harga sebuah Kemerdekaan

Tahun ini Indonesia kembali memperingati perayaan ulangtahunnya yang ke-63, tepatnya pada tanggal 17 Agustus 2008 kemarin. Memang blog ini agak terlambat jika ingin dikatakan sebagai blog untuk menyambut tujuhbelasan, toh 17 Agustusnya sudah lewat. Blog ini hanya sebuah renungan singkat yang terlintas ketika saya membuat sebuah tulisan untuk situs lain.  ... selengkapnya »

yohanna's picture

Tulisan yang Menjadi Berkat

Saya menjanjikan sebuah tulisan pada seorang teman setelah kopi darat yang saya ikuti baru-baru ini. Sebenarnya ada sebuah topik yang sudah menari-nari di benak saya, tapi saya belum tahu bagaimana menulisnya. Sebuah draft sudah saya buat dan berkali-kali saya hapus, saya merasa belum menemukan "tali" yang tepat untuk menyambung pikiran antar paragraf.  ... selengkapnya »

yohanna's picture

Blog Gereja Kenapa Tidak?

Ide ini terlintas ketika saya sedang browsing mencari bahan di internet. Berputar-putar dari satu situs ke situs lain, dari satu blog ke blog lain saya menyadari satu hal, saya tidak menemukan sebuah blog gereja. Memang banyak blog-blog Kristen yang ada di internet, tapi biasanya mereka dimiliki oleh individu-individu pribadi dan tidak mengangkat tentang gereja tempat mereka beribadah.  ... selengkapnya »

yohanna's picture

Memenangkan Suami

Ketika ikut seminar konseling bertema "Memenangkan Suami/Istri Tanpa Perkataan" yang terbayang adalah bagaimana menjadi seorang istri superhero, seorang istri yang ga kalah sama suami, istri yang menangan. Tapi ternyata apa yang saya dapatkan beda dari yang saya bayangkan.

Sepanjang acara saya lebih banyak tertohok alias tersindir oleh apa yang dikatakan pembicara. Maklum kalau pas ada khotbah di gereja, saya lebih banyak nyikut lengannya dan berbisik "Tuh kan, dengerin tuh" daripada mengaplikasikannya pada diri sendiri.  ... selengkapnya »

yohanna's picture

Pelajaran dari Sebuah Seminar

Seminar kepemimpinan? Baru pertama kali ini aku ikut. Waktu ditawari sama teman sekantor pun ogah-ogahan mau berangkat. Masalahnya sederhana saja sih, aku tidak tahu apa yang akan kudapatkan nanti, bahkan aku sama sekali tidak memiliki gambaran apapun tentang kepemimpinan.

   ... selengkapnya »

yohanna's picture

Pojok Tulis, Tempat Lahirnya Mimpi

Siang ini aku membuka-buka sebuah buku tentang bagaimana menjadi seorang penulis, judulnya "Daripada Bete Nulis Aja" karangan Caryn Mirriam-Goldberg, Ph.D yang diterbitkan oleh Kaifa For Teens. Dari hasil buka-buka tersebut ada sebuah topik bahasan yang menurutku cukup menarik, tentang tempat menulis.  ... selengkapnya »

yohanna's picture

Content Creator yang Berani Tampil Beda

Di dunia yang serba digital seperti sekarang ini, sudah bukan hal yang aneh kalau kita menhabiskan waktu di depan internet melompat-lompat dari satu situs ke situs lain. Mulai dari nyari bahan buat kuliah, sekedar have fun, sampe nyari-nyari kenalan. Pernah ga ngitung berapa lama waktu yang kita gunakan buat nongkrong di depan komputer? satu jam? dua jam? tiga jam? atau jangan-jangan seharian sampe lupa makan sama mandi?  ... selengkapnya »

yohanna's picture

Belajar Untuk Menang dengan Cara Allah

Natal tahun ini kuhabiskan dengan tumpukan buku yang sudah siap menanti untuk dibaca. Memang tidak banyak sekali, namun cukup untuk membuatku menghabiskan hari di kamar sampai mama berteriak memanggilku turun untuk makan.  ... selengkapnya »

yohanna's picture

TOP TEN SITUS LANGKA

Waktu membaca blog tentang kelangkaan situs kepemimpinan dan sekolah minggu yang ditulis beberapa waktu lalu. Aku jadi teringat pengalamanku sendiri ketika menjelajahi jagad maya untuk mencari bahan. Kebetulan di kantor salah satu tugasku adalah untuk mencari situs-situs sebagai bahan ulasan.  ... selengkapnya »

yohanna's picture

Bagaimana Sebaiknya Situs Gereja?

Pasti rekan-rekan pernah jalan-jalan ke situs gereja kan? masak belum pernah Smile kalau belum , silakan mengetik kata "gereja" di google, kemudian dalam hitungan detik akan keluar puluhan mungkin ratusan alamat situs yang bisa dikunjungi. Tapi jangan kaget kalau ternyata hanya akan ada beberapa situs yang benar-benar "hidup" setelah kita klik . Sebenarnya ada apa sih dengan dunia internet gereja kita?  ... selengkapnya »

Syndicate content